Tips Mencegah Penyumbatan Septic Tank

Tips Mencegah Penyumbatan Septic Tank

Sudah kita ketahui bahwa terdapat berbagai penyebab Septic Tank meledak yang telah dibahas sebelumnya, dengan tujuan untuk mewanti-wanti agar tidak melakukan tindakan yang menjadi sebab Septic Tank meledak tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengetahui tips mencegah penyumbatan Septic Tank yang menjadi salah satu sebab terjadinya masalah pada Septic Tank.

Lantas, bagaimana cara mencegah penyumbatan Septic Tank? Scroll-down hingga tuntas yaa!

Cara Mencegah Penyumbatan Septic Tank

Cara Mencegah Penyumbatan Septic Tank

Bebagai cara dapat Anda gunakan untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada Septic Tank.

1. Menjadwalkan Pemeliharaan Rutin

Dengan melakukan pemeliharaan secara rutin bisa memeriksa dan memastikan seluruh elemen penting seperti saluran masuk, saluran keluar, atau elemen lainnya yang bisa menjadi sebab penyumbatan pada Septic Tank.

Langkah terbaik dengan menjadwalkan pemeriksaan secara rutin dengan tenaga profesional yang telah berpengalaman menangani pemeriksaan pemeliharaan Septic tank.

Adapun jadwal pemeliharaan dapat dilakukan dalam kurun waktu setidaknya 1-2 tahun sekali.

Tidak hanya bisa mencegah penyumbatan pada Septic Tank, dengan melakukan pemeriksaan secara rutin juga bisa mendeteksi berbagai masalah lain yang mungkin tidak kita ketahui, yang kemungkinan bisa memakan biaya yang lebih besar.

Artikel terkait :  Kenali 6 Ciri-Ciri Septic Tank yang Baik Agar Tidak Salah Pilih

2. Ketahui Larangan Membuang pada Saluran Pembuangan

Anda bisa mencari tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menyiram / membuang air ke saluran pembuangan. Sehingga Anda bisa mencegah penyumbatan pada Septic Tank dengan mewaspadai kepada diri untuk tidak melakukan tindakan terlarang.

Adapun larangan yang tidak boleh dibuang ke saluran pembuangan adalah sebagai berikut ini:

  • Membuang barang-barang yang salah atau tidak dapat terurai dengan air seperti:
    • Produk sanitasi,
    • Puntung rokok,
    • Sarung tangan lateks,
    • Ampas kopi, dan
    • Kotoran kucing.
  • Membuang sisa makanan dan rambut ke saluran Septic Tank.

Hal-hal tersebut bisa berakibat fatal dan menimbulkan masalah dan tentunya bisa menghabiskan dana Anda.

Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan lubang sumbat dan jeruji pancuran pada wastafel dan pancuran untuk mencegah zat-zat yang telah disebutkan di atas agar tidak masuk ke dalam saluran pembuangan Septic Tank.

Minyak juga bisa menjadi sebab terjadinya penyumbatan pada saluran pembuangan ketika mencuci di wastafel.

Sebab lemak yang ada pada kandungan bahan tersebut akan membentuk gumpalan padat saat sudah dingin terlalu lama dan bisa menyumbat sistem drainase.

Oleh sebab itu, alat-alat rumah tangga yang Anda gunakan harus dibersihkan hingga bersih tanpa sisa sebelum mencucinya di wastafel yang langsung terhubung dengan saluran pembuangan.

Dengan begitu, saluran pembuangan tidak akan terjadi masalah penyumbatan.

Anda juga perlu mengetahui bahwa bahan kimia juga tidak boleh dibuang ke saluran pembuangan karena dapat mengganggu bakteri pengurai pada Septic Tank. Artinya, padatan akan sulit terurai jika mengganggu bakteri pengurai Septic Tank tersebut.

Adapun bahan kimia tersebut di antaranya yaitu:

  • Bensin,
  • Pengencer cat, dan
  • Pernis.
Artikel terkait :  Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan menggunakan Bakteri Pengurai pada Septic Tank

3. Tidak Menggunakan Air dalam Jumlah Besar Sekaligus

Septic Tank biasa tidak mempunyai kapasitas untuk menampung aliran air yang secara bersamaan dalam jumlah yang besar.

Aliran air yang masuk dalam jumlah besar sekaligus bisa menyebabkan saluran pembuangan akan tergennag air dan bisa memperlambat penyerapan limbah, yang bisa mengakibatkan penyumbatan pada Septic Tank.

4. Tidak Menanam Pohon di Dekat Septic Tank

Tips mencegah agar tidak terjadi penyumbatan pada Septic Tank yang terakhir adalah dengan tidak menanam pohon di dekat Septic Tank. Mengapa demikian? Karena akar pohon yang memiliki kemampuan untuk tumbuh di bawah atau di sekitar Septic Tank bisa saja mengganggu dan menyebabkan penyumbatan dan meluap.

Oleh karena kita sebagai manusia tidak bisa mengontrol arah akar pada pohon yang ada di bawah tanah, sebaiknya hindari melakukan hal ini.

Artikel terkait :  Ampuh! Cara Menghilangkan Bau Septic Tank yang Menguap Terbaru

5. Menggunakan Filter Septic Tank

Apabila Septic Tank Anda belum memiliki filter Septic Tank, alangkah baiknya Anda tambahkan filter. Atau Anda juga bisa menggunakan Septic Tank yang sudah ada filternya, seperti di Septic Tank Grand.

Pemasangan filter Septic Tank bisa membantu menangkap elemen-elemen padat sebelum mereka mencapai Septic Tank dan mencegah penyumbatan.

6. Lakukan Pemantauan Rutin

Pemantauan rutin bertujuan untuk mengatasi masalah dan bisa mengambil tindakan preventif apabila adanya tanda-tanda masalah pada Septic Tank.

Hal ini bisa menjadi langkah efektif untuk mengetahui kondisi Septic Tank Anda.

Septic Tank Grand Dilengkapi Dual Faced Bioball

Sale!

Septic Tank/Bio Tank

Grand Septic Tank 500 L

Rp2.542.000

Septic Tank/Bio Tank

Grand Septic Tank 1000 L

Jika Anda telah menggunakan Septic Tank biasa, saatnya Anda beralih ke Septic Tank Grand yang sudah dilengkapi dengan sistem filtrasi menggunakan dual faced bioball sehingga hasil yang dikeluarkan bisa dibuang ke saluran pembuangan.

Mengapa memilih Septic Tank Grand?

  • Menggunakan Filtrasi Multi Stage sistem filtrasi sehingga endapan yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan Septic Tank biasa.
  • Menggunakan bahan baku HDPE 100% yang terbukti terbaik dikelasnya.
  • Khusus untuk Septic Tank sehingga kuat dan tahan terhadap pergerakan tanah.
  • Dual Faced Bioball dan minim buntu. Nomor Patent Bioball: S00202005922.

Pemesanan dan konsultasi Septic Tank kualitas terbaik bisa langsung menghubungi Whatsapp Official 081398889581. Menariknya lagi, Anda bisa pesan secara ecer maupun grosir, dengan gratis ongkos kirim di wilayah Jawa. Tunggu apalagi? Jangan sampai terlewatkan, Yuk klik tombol di bawah untuk konsultasi lebih lanjut.

Penutup

Itulah 6 cara mencegah penyumbatan Septic Tank yang perlu Anda terapkan agar tidak ada lagi masalah penyumbatan pada Septic Tank. Anda bisa menggunakan Septic Tank berkualitas dengan sistem filtrasi yang lebih jernih dibandingkan dengan Septic Tank lainnya. Sehingga Septic Tank Anda akan bertahan lama dan awet.