9 Penyebab Septic Tank Meledak yang Harus Dihindari

penyebab septic tank meledak

Penyebab Septic Tank meledak Septic Tank atau Tangki Septik menjadi bagian penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik rumah. Fungsinya sebagai bagian sanitasi bangunan untuk menampung limbah atau kotoran dari WC (Water Closet).

Jika salah satu penghuni hunian melakukan kesalahan, tentu akan berakibat fatal bagi seluruh hunian. Untuk itu, perlu pengetahuan penyebab Septic Tank meledak guna berjaga-jaga.

Penyebab Septic Tank Meledak

Penggunaan septic tank bertujuan untuk menghindari pencemaran lingkungan dan menjaga lingkungan tetap aman, dikutip dari buku Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat Prodi D3 Sanitasi Poltekkes Tanjungpinang (2021). Adapun penjelasan penyebab terjadinya ledakan ialah sebagai berikut:

1. Adanya Penumpukan Gas secara Berlebihanpenyebab septic tank meledak

Dalam septic tank, terdapat proses anaerobik yang menggunakan mikroba alami. Dalam prosesnya, tidak boleh adanya oksigen karena bakteri dapat hidup, oleh sebab itu keberadaannya harus dalam kedalaman tertentu. Kemudian, mikroba akan menguraikan tinja dan menghasilkan gas Metana dan Hidrogen Sulfida.

Apabila gas-gas yang mengurai tidak mempunyai saluran yang cukup sesuai dengan kapasitas yang ada, maka tekanan di dalam septic tank bisa terus meningkat secara signifikan.

Jika tekanan tersebut berlangsung lama dan tidak terlepas dengan cukup baik, maka dapat menyebabkan septic tank meledak.

2. Penggunaan Bahan Kimia Kurang Tepat

penyebab septic tank meledak

Beberapa pemilik rumah mungkin telah mencoba langkah untuk membersihkan septic tank menggunakan bahan kimia yang tidak tepat atau kandungan yang kuat. Sehingga penggunaan bahan kimia yang berlebihan dapat mengakibatkan terganggunya keseimbangan bakteri yang terdapat pada septic tank. 

Hal ini bisa berakibat produksi gas metana dan hidrogen sulfida meningkat drastis dan risiko meledaknya septic tank.

3. Adanya Penyumbatan pada Saluran Keluar

Adanya Penyumbatan pada Saluran Keluar

Saluran Septic Tank yang mengalami penyumbatan dapat berakibat fatal. Contohnya, terdapat tumpukan limbah yang tidak dapat terurai atau benda yang tidak seharusnya berada pada saluran septic tank seperti sampah plastik, pembalut, dan tisu toilet berlebih. Hal ini dapat berakibat terjadinya tekanan gas yang meningkat.

Tekanan yang tinggi inilah menjadi pemicu septic tank akan meledak jika tidak ada saluran keluar yang sesuai.

4. Adanya Kebakaran yang Sangat Dekat dengan Septic Tank

Adanya Kebakaran yang Sangat Dekat dengan Septic Tank

Kebakaran akan menghasilkan suhu yang panas di sekitarnya. Suhu yang tinggi dapat memicu tekanan dalam tangki semakin meningkat.

Hal ini biasa terjadi jika seseorang menyalakan api di sekitar septic tank, atau menyulut rokok hingga percikan api terkena ke dalam. Gas yang telah terurai pada proses anaerobik menghasilkan gas CH4 yang bersifat mudah terbakar. Sehingga perlu menghindari percikan api di sekitarnya.

5. Kesalahan Desain dan Instalasi

Jika perancangan septic tank yang diinstal ke dalam rumah tidak benar, contohnya material yang digunakan tidak sesuai, maka dapat meningkatkan risiko saptic tank meledak.

Untuk menghindari kesalahan desain dan instalasi sebaiknya gunakan produk septic tank yang aman dan dirancang oleh ahlinya seperti di Septic Tank Grand yang telah bersertifikat halal.

6. Menggunakan Produk Septic Tank yang Tidak Kokoh dan Kuat

Pastikan Anda memilih produk septic tank dengan material yang kuat untuk menahan segala tekanan pada tanah di sekitar tempat septic tank berada. Contohnya ialah Septic Tank Grand yang memiliki material kuat untuk menampung limbah.

Anda dapat berkonsultasi pada ahlinya untuk mendapatkan produk yang sesuai seperti septic tank beton atau biotank dari fiberglass.

7. Tidak Ada Pemeliharaan yang Rutin

Tidak Ada Pemeliharaan yang Rutin

Kurangnya pemeliharaan terhadap septic tank dapat berakibat fatal lho! Seperti ledakan. Oleh karena itu, pemilik harus melakukan pemeliharaan secara berkala untuk menguras limbah yang terdapat pada saluran tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi limbah yang menumpuk.

Pastikan untuk menyerahkan pemeliharaan pada profesionalnya. Dalam proses penyedotan limbah terdapat prosedur yang harus diperhatikan seperti di bawah ini:

  • Tidak boleh adanya percikan api seperti merokok di sekitar tempat septic tank.
  • Menguras dengan bersih agar tidak cepat menumpuk.

8. Kurangnya Ventilasi dan Sifon

Kebutuhan akan ventilasi dan sifon penting untuk dilakukan setiap orang ketika akan membangun sebuah septic tank. Namun, terkadang diabaikan oleh sebagian orang. Biasanya dilakukan oleh orang yang bermodal minim.

Padahal ventilasi dan sifon dapat menjaga kondisi septic tank agar tidak akan meledak suatu hari nanti. Ventilasi tersebut, biasanya memiliki bentuk seperti lubang yang tersambung antara satu dengan lainnya dari atas ke bawah. Gunanya untuk mengeluarkan gas metana dan hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh proses pembusukan limbah pada saluran tersebut.

Sementara sifon, dibutuhkan yang cukup sebagai pipa penyalur. Gas yang dihasilkan rentan akan tertahan dan menimbun dalam jumlah yang banyak dalam septic tank jika tidak ada ventilasi dan sifon.

Apa akibatnya jika dibiarkan saja? Tekanan dalam septic tank akan membesar hingga meledak jika tidak diperbaiki. Hal ini juga dapat disebabkan oleh gas yang dihasilkan mencari jalannya sendiri untuk keluar apabila tidak ada saluran pipa yang sesuai.

9. Terdapat Kerusakan pada Saluran Septic Tank

Apabila Anda telah melakukan pemeliharaan terhadap septic tank, atau membuang limbah secara rutin, tetapi terjadi ledakan, kemungkinan saluran rusak akibat tidak adanya pemeriksaan.

Pemeriksaan saluran dapat berfungsi untuk menghindari penumpukan limbah atau limbah yang tidak mengalir sewajarnya. Akibatnya akan menjadi masalah dan terjadi ledakan.

Septic Tank Kualitas Terbaik

Kini saatnya menggunakan Septic Tank kualitas terbaik untuk keluarga tercinta Anda.

Mengapa memilih Septic Tank Grand?

  • Menggunakan Filtrasi Multi Stage sistem filtrasi berkali-kali sehingga menghasilkan endapan lumpur yang sedikit.
  • Menggunakan bahan baku HDPE 100% sehingga tidak mudah rusak.
  • Didesain kuat terhadap tekanan & pergerakan tanah.
  • Dual Faced Bioball, Anti Nempel, Minim Buntu. Patent Bioball: S00202005922.
  • Memiliki Kekuatan Terhadap Tekanan & Pergerakan Tanah, Anti Retak & Anti Korosi.

Konsultasi dan pemesanan langsung order melalui tombol di bawah yaa!

Penutup

Terdapat berbagai penyebab septic tank meledak yang perlu Anda hindari, salah satunya ialah menggunakan produk yang tidak kokoh atau kuat. Sehingga pentingnya untuk menggunakan produk yang kuat dan berkualitas untuk menghindari kerusakan pada produk. Anda dapat menggunakan produk septic tank dari Tedmond Groups.