Jenis Dan Macam – Macam Dongkrak Mobil, Khusus Sopir Harus Punya

Jenis Dan Macam – Macam Dongkrak Mobil, Khusus Sopir Harus Punya – Mobil sebagai alat transportasi yang dapat membawa anda sekalian beserta keluarga dan orang-orang terdekat anda untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain. Pada bagian belakang maupun pada bengkel-bengkel selalu dapat ditemukan alat berupa dongkrak. Jenis dan macam-macam dongkrak pun juga ada banyak. Pembahasan kali ini kita akan mengenal beragam jenis dan macam dari dongkrak ini. Terutama untuk sopir, perlu paham jenis-jenisnya.

 

Jenis Dan Macam – Macam Dongkrak Mobil, Khusus Sopir Harus Punya – Fungsi Dari Dongkrak Mobil

  • Mengganti Ban : Dongkrak mobil digunakan untuk mengangkat mobil agar ban dapat dilepas atau dipasang dengan aman. Dengan dongkrak, anda dapat mengangkat mobil sehingga dapat melepaskan atau memasang ban dengan mudah dan aman.
  • Memperbaiki Rem : Ketika anda perlu melakukan perbaikan pada sistem rem mobil, seperti mengganti rem cakram atau mengganti kampas rem, dongkrak mobil diperlukan untuk mengangkat mobil sehingga roda dapat dilepas dan komponen rem dapat diakses dengan mudah.
  • Memperbaiki Sistem Knalpot: Jika ada masalah pada sistem knalpot mobil, seperti bocor atau kerusakan pada pipa knalpot, dongkrak mobil digunakan untuk mengangkat mobil agar anda dapat memeriksa, memperbaiki, atau mengganti komponen knalpot dengan lebih mudah.
  • Memeriksa dan Mengganti Oli : Dongkrak mobil juga berguna saat memeriksa dan mengganti oli mesin. Dengan mengangkat mobil menggunakan dongkrak, anda dapat mengakses dan membuka penutup bak oli dengan lebih mudah, sehingga anda dapat memeriksa tingkat oli pada mobil atau menggantinya dengan yang baru.
  • Pembersihan dan Pengecatan : Ketika anda ingin membersihkan atau mengecat bagian bawah mobil, dongkrak mobil dapat digunakan untuk mengangkat mobil dan memberikan akses yang lebih mudah ke area yang sulit dijangkau.

Jenis Dan Macam Dongkrak Mobil Yang Perlu Sopir Punya

Bagi sopir maupun anda yang memiliki mobil, perlu punya dongkrak mobil untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengecek kendaraan anda. Berikut ini beberapa jenis dan macam dongkrak mobil yang dapat digunakan kapan saja untuk menahan beban mobil, yaitu :

Dongkrak Botol (Bottle Jack)

Dongkrak botol adalah jenis dongkrak hidrolik yang umum digunakan untuk mengangkat mobil. Bentuknya seperti botol dengan bagian bawah yang lebar untuk memberikan stabilitas yang baik. Dongkrak botol umumnya memiliki kapasitas angkat yang cukup besar dan sering digunakan pada kendaraan berat.

Dongkrak Sisi (Scissor Jack)

Dongkrak sisi atau scissor jack adalah jenis dongkrak yang sering disertakan sebagai peralatan standar dalam mobil. Dongkrak satu ini memiliki desain lipatan yang terlihat seperti gunting saat terbuka. Dongkrak sisi cukup kompak dan mudah digunakan untuk mengangkat mobil dalam keadaan darurat, seperti mengganti ban bocor.

Dongkrak Hidrolik (Hydraulic Jack)

Dongkrak hidrolik menggunakan prinsip hidrolik untuk mengangkat beban. Dongkrak hidrolik memiliki tangki minyak, pompa hidrolik, dan silinder yang berisi oli hidrolik. Ketika pompa dioperasikan, oli dipindahkan ke dalam silinder dan mengangkat beban. Dongkrak hidrolik umumnya kuat, stabil, dan mampu mengangkat mobil dengan mudah.

Dongkrak Baki (Floor Jack)

Dongkrak baki adalah jenis dongkrak yang digunakan secara profesional di bengkel atau garasi. Dongkrak baki memiliki desain yang lebih besar dan kuat dibandingkan dengan dongkrak sisi. Dongkrak baki dilengkapi dengan roda untuk memudahkan pergerakan dan umumnya dapat mengangkat mobil dengan tinggi yang lebih tinggi.

Dongkrak Udara (Air Jack)

Dongkrak udara menggunakan tekanan udara sebagai sumber kekuatan untuk mengangkat beban. Dongkrak udara biasanya digunakan dalam situasi khusus, seperti balapan atau kendaraan off-road, di mana pengangkatan dan penurunan diperlukan dengan cepat. Dongkrak udara memerlukan kompresor udara untuk mengisi udara dan memiliki kapasitas angkat yang tinggi.

Dongkrak Tangga (Stair Jack)

Dongkrak tangga dirancang khusus untuk mengangkat barang-barang berat melintasi tangga atau tanjakan. Mereka memiliki roda yang dapat bergerak secara independen dan mekanisme khusus untuk menstabilkan beban saat melintasi tangga. Dongkrak tangga biasanya digunakan dalam industri pengiriman dan konstruksi.

Dongkrak Roda (Wheel Jack)

Dongkrak roda, juga dikenal sebagai dongkrak mobil portabel, adalah jenis dongkrak yang dirancang khusus untuk mengganti ban. Wheel Jack umumnya ringan dan mudah dibawa serta disimpan di dalam mobil. Dongkrak roda dipasang di bawah kendaraan dekat roda yang ingin diganti, dan kemudian dinaikkan dengan tuas atau kunci yang terhubung dengannya.

Dongkrak Hidrolik Portabel (Portable Hydraulic Jack)

Dongkrak hidrolik portabel adalah jenis dongkrak yang dapat dengan mudah dibawa ke berbagai lokasi. Dongkrak hidrolik portabel dilengkapi dengan pegangan yang dapat dilipat dan roda untuk memudahkan mobilitas. Dongkrak hidrolik portabel sering digunakan dalam situasi darurat atau untuk perbaikan mobil di lokasi yang sulit dijangkau.

Dongkrak Botol Buaya

Dongkrak botol buaya adalah salah satu jenis dongkrak yang digunakan untuk mengangkat bagian mobil yang membutuhkan perbaikan atau penggantian ban. Dongkrak ini memiliki bentuk yang mirip dengan botol, dengan bagian bawah yang lebar dan bagian atas yang menonjol ke atas seperti leher botol.

Dongkrak Kereta Api (Railroad Jack)

Dongkrak kereta api adalah jenis dongkrak yang dirancang khusus untuk mengangkat dan memperbaiki kereta api. Mereka memiliki kapasitas angkat yang besar dan dilengkapi dengan fitur keselamatan tambahan, seperti kunci pengaman untuk mencegah penurunan yang tidak diinginkan saat bekerja di bawah kereta api.

Peralatan Keamanan Yang Perlu Ada Di Mobil

Selain mengenal jenis dongkrak untuk kebutuhan pengecekan mobil anda, baik bagi sopir maupun bagi pengguna mobil pribadi perlu ada beberapa peralatan keamanan agar dapat memberikan proteksi bagi anda maupun mobil anda. Peralatan keamanan yang perlu ada selain dongkrak mobil yaitu APAR, kotak P3K, Ban Cadangan, Kabel Jumper, Tool Kit, Buku Panduan Manual, serta Segitiga Pengaman. Pada truk dan kendaraan besar, biasanya tersedia traffic cone untuk digunakan sebagai penanda kendaraan tersebut.

Penanda Lalu Lintas Untuk Mobil

Traffic cone bisa digunakan untuk penanda pada mobil anda. Ketika sewaktu-waktu ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil mogok atau perlu perbaikan, sedangkan anda sedang berada di jalan, maka anda perlu memberi penanda berupa traffic cone untuk pengguna jalan lain agar dapat meminimalisir kecelakaan. Traffic cone dari GRAND yaitu cone lalu lintas dengan warna terang mencolok yang tidak mudah pudar sehingga memberi penglihatan yang jelas pada pengguna jalan lain.

Terakhir

Penanda lalu lintas berupa cone dari GRAND memiliki ketahanan yang tinggi terhadap suhu tinggi maupun cuaca ekstrim. Cone lalu lintas dari GRAND ini memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk dipindahkan atau ditempatkan pada titik-titik yang memerlukan pemasangan traffic cone GRAND ini. Selain perlu memahami jenis dongkrak untuk mobil, penting juga menggunakan traffic cone GRAND sebagai penanda lalu lintas bagi kendaraan anda. Itu saja penjelasan mengenai jenis dan macam dongkrak mobil. Semoga menjadi referensi dan memberi manfaat baru untuk anda. Terima kasih sudah menyimak artikel kali ini.

Artikel terkait :  Alat Rumah Tangga yang Menggunakan Motor Listrik