Solusi Atasi Septic Tank WC Mampet Dengan Tuntas

Solusi Atasi WC Mampet
 Saat toilet mampet kenyamanan satu rumah akan terganggu. Yang utama tentu bau tidak sedap yang bisa mencemari lingkungan dan tetangga juga terganggu. Jangan panik berikut tips solusi atasi septic tank WC mampet dengan tuntas.
Mungkin telah banyak di internet tips mengatasi wc mampet atau buntu. Semakin banyak referensi, wawasan semakin bertambah. Semoga tips dan solusi yang kami bagikan menjadi solusi permanen jangka panjang, mengatasi wc mampet.
Untuk mengatasi septic tank mampet tentu harus diketahui akar masalah penyebabnya terlebih dahulu. WC mampet tidak mesti karena septic tank penuh. Sehingga tidak perlu panggil jasa sedot WC terdekat.

Penyebab Toilet Mampet

Ada beberapa hal yang menyebabkan Toilet atau WC mampet. Jangan buru-buru panggil sedot tinja, barang kali masalahnya mudah diatasi tanpa keluarkan biaya

Toilet Tersumbat

Kalau mampetnya WC karena adanya sumbatan, mengatasinya cukup mudah. Ambil atau bersihkan sumbatan, dijamin toilet akan lancar kembali.
Benda apa saja yang sering menyumbat toilet atau WC?
  • Pembalut
  • Kain
  • Mainan
  • Sampah Plastik
  • Dan lain-lain.
Perlu pemahaman bersama pentingnya menjaga kebersihan toilet. Serta tidak memasukkan benda apapun ke dalam kloset, kecuali benda yang semestinya.

Ventilasi Tertutup

Setiap septic tank pasti terdapat ventilasi udara. Bila tidak ada rongga udara dapat menyebabkan WC mampet, karena dorongan air dari kloset akan kembali/memantul.
Paling berbahaya apabila ventilasi tertutup adalah septic tank dapat meledak, gas yang di dalam tidak dalam keluar sehingga tekanan semakin besar.

Air Septic Tank Penuh

Hal ini sering terjadi pada saat musim hujan. Air dalam septic tank penuh, tidak dapat terbuang keluar. Atau saat terjadi banjir, air septic tank naik hingga kloset.
Kejadian seperti ini tentu bisa diantisipasi. Dengan desain pembangunan toilet dengan benar. Silahkan baca : Cara pemasangan Bio Septic tank agar WC tidak mudah penuh.

Limbah Septic tank Penuh

Ukuran septic tank yang tidak ideal dengan penghuni rumah menyebabkan wc cepat penuh. Termasuk salah dalam memilih septic tank. Gunakan bio septic tank Grand yang bekerja mengurai limbah dengan cepat dan endapan yang sedikit.

Artikel terkait :  Katalog Terbaru Bio Tank Grand 2023 Solusi WC Anti Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Cepat

Solusi dalam menyelesaikan WC mampet harus berdasarkan penyebabnya. Perlu penanganan yang berbeda setiap mengatasi WC mampet, tidak harus semuanya dengan panggil sedot WC. Karena bisa dilakukan sendiri dengan cukup mudah tanpa keluar biaya sedot WC.

 Solusi Toilet Mampet

WC mampet paling sering karena ada sumbatan. Cara sederhana periksa leher kloset, apakah ada benda asing?
Apabila tidak ditemukan benda asing dalam leher kloset, gunakan pompa sedot wc manual (plunger). Cara menggunakannya cukup praktis, tekan dan tarik secara berulang sekuat mungkin (seperi pompa tangan). Sampai hilang sumbatannya, dan toilet kembali lancar kembali.
Cara lain yang lebih simpel tanpa bongkar septic tank adalah dengan ramuan soda kue dan cuka. campuran soda kue dan cuka menghasilkan reaksi kimi yang dapat membersihkan sumbatan dan melarutkan ke dalam septic tank.

Penanganan WC Mampet Karena Ventilasi Tertutup.

Harus menjadi perhatian apakah ventilasi (angin-angin : dalam bahasa jawa). Apabila ditemukan ventilasi tertututp sampah atau benda asing, segera hilangkan. Tunggu beberapa saat agar, udara dalam septic tank keluar, sehingga WC tidak mampet lagi.
Apabila lubang ventilasi tidak ditemukan karena  lupa atau memang sejak awal tidak ada. Maka, harus dibuatkan ventilasi, dengan menggunakan pipa 1/2 inch atau pipa listrik.

Solusi WC Mampet Karena Air Septic Tank Penuh

Bila air septic tank penuh karena banjir, tentu tunggu sampai surut. Akan kembali normal dengan surutnya air banjir.
Apabila kolam resapan yang penuh, cek saluran pembuangan. Upayakan kolam resapan airnya dapat surut. Sehingga toilet kembali lancar kembali.

Mengatasi Limbah Penuh

WC mampet karena limbah penuh, tidak ada cara lain kecuali dengan sedot WC.  Untuk mencegahnya tentu harus memilih bio septic tank yang bekerja dengan baik
sistem pengurai limbah yang baik dapat mengurangi resiko WC mampet atau penuh hingga 70%.  Selain dengan sedot wc yang dapat dilakukan adalah dengan memberi bakteri pengurai.  Limbah akan terurai dengan cepat, menghilangkan bau tanpa sedot WC.

Solusi  Permanen Septic Tank Anti Penuh

Cara mengatasi WC mampet di atas adalah cara yang spontan dan penanganan darurat, yang bersifat sementara. Perlu solusi permanen agar septic tank tidak mudah penuh.
Ada 2 jenis septic tank yaitu Septic tank konvensional (pengurai alami) dan Bio tank ( Pengurai plus).  Agar WC tidak mudah penuh lebih baik menggunakan bio tank. Ini merupakan solusi permanen jangka panjang agar septic tank tidak mudah penuh.
Bagaimana cara kerja bio tank yang membuat WC anti penuh?
Septic tank modern bio tank memiliki 3 tahapan penguraian limbah domestik. Sehingga limbah cepat terurai, endapan akhir lebih sedikit. Berikut sistem kerja bio tank
1. Filtrasi
 Limbah padat pertama masuk ke dalam septic tank tercampur dengan air. Tahap awal adalah pemisahan antara limbah pada dan cair.
2. Bioball Crusher
 Tahapan kedua adalah menghancurkan atau mengurai dengan bioball crusher yang telah disertai  bio mikro organisme. Mengurai limbah padat lebih cepat
3. Penguraian
Tahapan terakhir adalah penguraian dengan mikro organisme yang akan cepat mengurai limbah. Karena limbah sudah terurai dengan bio ball, sehingga kerja bakteri pengurai lebih mudah.

Grand Bio Septic Tank Anti Buntu

Bio septic Tank Grand Solusi WC Mampet
Untuk Solusi septic tank WC mampet secara permanen dengan tuntas gunakan bio septic tank Grand. Banyak keunggulan yang terdapat pada bio tank Grand, diantaranya adalah :

Filtrasi Multi Stage

Memiliki sistem penyaringan yang berlapis. Pemisahan tahap awal yang sempurna untuk menuju hasil akhir yang bersih.

Dual Faced Bioball Crusher

Mengurai lebih cepat dari limbah padat. Sehingga endapan akhir lebih sedikit, membuat WC anti penuh dalam jangka waktu yang lebih lama.

Anti Retak

Berbeda dengan bio tank fiber, yang rawan retak karena tekanan tanah. Bio septic tank Grand  terbuat dari plastik HDPE yang lebih elastis dan kokoh.

Bahan Lebih Tebal

Lebih tebal dari tandon air biasa. Sehingga mampu menahan tekanan  tanah baik dari atas maupun samping.

Sabuk Pengaman

Untuk mengunci bio tank agar posisi tidak berubah karena pergerankan tanah. Posisi stabil tidak bergeser, sehingga tidka mudah penyok dan robek.

Bahan HDPE

Biji plastik HDPE memiliki karakter kokoh dan elastis. Tidak mudah retak, bocor dan pecah, meskipun mendapat tekanan dan getaran dalam tanah.

Garansi 10 Tahun

Jaminan kualitas berlaku selama 10 tahun. Tak perlu khawatir dengan kebocoran dan kerusakan septic tank.

Cara Beli Bio Tank Grand

Cara Pembelian Tangki Grand

Untuk Mendapatkan bio septic tank Grand sangat mudah. Telah tersedia di banyak toko bahan bangunan seluruh Indonesia.  Telah tersedia juga di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Kantor cabang Tedmond Group telah tersebar ke Seluruh Indonesia. Untuk Pulau Sumatera : Pekanbaru dan Palembang. Pulau Jawa : Bekasi, Sidoarjo dan Surabaya. Kalimantan : Banjarmasin dan Balikpapan. Pulau Sulawesi : Makassar dan Manado. Untuk Indonesia Timur Kantor Cabang Kupang.  Berikut daftar dan alamat kantor cabang tangki air Grand.
Khusus untuk pembelian online silahkan kunjungi official store Tedmond Groups Tangki Air Grand di Tokopedia dan Shopee. Untuk mendapatkan harga spesial silahkan kontak kami melalui whatsapp (chat dan call).

Tokopedia Tedmond
Shopee Tedmond

Semoga artikel ini menjadi solusi atasi septic tank wc mampet dengan tuntas.  Anda terbebas  dari toilet buntu yang dapat mencemari bau tidak sedap di rumah dan lingkungan.