Kenali 6 Ciri-Ciri Septic Tank yang Baik Agar Tidak Salah Pilih

Septic Tank yang Baik

Mengingat pentingnya untuk membuang limbah kotoran atau ekskreta (air seni dan tinja) agar hidup sehat, memilih Septic Tank yang baik sangat penting untuk diperhatikan.

Bayangkan, jika Septic Tank yang Anda miliki mempunyai kualitas yang buruk, seperti berbau, tidak dapat mengurai menjadi air bersih, dan bahkan bisa mencemari lingkungan.

Tentu, Anda akan merasa frustasi, bukan?

Oleh sebab itu, kenali terlebih dahulu ciri-ciri Septic Tank yang Baik dan Konstruksi Septic Tank yang ideal sebelum memutuskan untuk membeli produk Septic Tank.

Tidak hanya karena penggunaannya yang jangka panjang, tetapi kesehatan dan lingkungan yang baik bisa membuat keluarga Anda merasa nyaman.

Kriteria Septic Tank yang Baik

Kriteria Septic Tank yang Baik
Kriteria Septic Tank yang Baik

Apakah Anda hendak untuk membeli Septic Tank? Sebaiknya ketahui terlebih dahulu kriteria Septic Tank yang baik untuk memastikan kualitas produk tersebut aman dan sesuai Standar Nasional Indonesia.

Memastikan standar Septic Tank diperlukan untuk memastikan air yang dibuang kembali ke lingkungan dari Septic Tank (misalnya, ke tanah atau sistem drainase) aman bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Berikut ini adalah ciri-ciri Septic Tank yang baik dan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia yang telah ditetapkan:

1. Kedap Air

Septic Tank harus kedap air supaya tidak mencemari tanah dan lingkungan di sekitarnya (permukaan).

Hal ini sesuai dengan pengertian Septic Tank menurut SNI 2398:2017 yang menjelaskan bahwa Septic Tank adalah sebuah ruangan kedap air yang terdiri dari satu/beberapa kompartemen untuk menampung dan mengolah air limbah rumah tangga (ekskreta) dengan kecepatan aliran yang lambat.

Apa yang akan terjadi jika Septic Tank tidak kedap air? Mengapa Septic Tank harus kedap air, padahal nyatanya Septic Tank bisa diresapkan ke dalam tanah?

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinkes (Dinas Kesehatan) Pemerintah Kota Depok, Sukanda, di Balaikota Depok menyampaikan bahwa Septic Tank yang tidak kedap air akan sangat berbahaya bagi penggunanya, sebab bisa membuat air limbah dari kotoran tersebut berubah menjadi sumber penyakit dan mengancam kesehatan penghuni rumah.

Tentu, Anda tidak ingin mengalaminya, bukan?

Oleh karena itu, kriteria pertama Septic Tank yang baik adalah harus kedap air.

Artikel terkait :  Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan menggunakan Bakteri Pengurai pada Septic Tank

2. Memiliki Lubang Kontrol

Lubang kontrol atau lubang kuras pada Septic Tank digunakan untuk akses pemeliharaan dan perawatan Septic Tank. Ia juga berperan sebagai pemeriksaan kondisi Septic Tank, endapan, tingkap limbah, dan kebocoran.

Dengan begitu, Septic Tank tidak cepat penuh atau tersumbat.

Jika Septic Tank tidak memiliki lubang kontrol bisa mengakibatkan masalah serius seperti:

  • Terjadinya penumpukan limbah padat. Jika Anda tidak pernah menguras Septic Tank sama sekali dalam pemakaian yang panjang, tentu akan membuat Septic Tank penuh. Itulah mengapa Septic Tank harus memiliki lubang kontrol untuk membamtu proses pengurasan.
  • Bau yang tidak sedap akan muncul dan menyengat.
  • Pencemaran lingkungan karena Septic Tank yang tidak terolah dengan baik bisa mencemari lingkungan di sekitarnya.

Ingat! Pastikan Septic Tank Anda mempunyai lubang kontrol ya!

3. Ventilasi Udara

Keberadaan ventilasi udara pada Septic Tank sangat penting, dan harus ada di setiap produk Septic Tank.

Fungsi ventilasi udara Septic Tank adalah sebagai berikut:

  • Sebagai penghilang gas berbahaya seperti gas metana (CH4) dan hidrogen sulfida (H2S) yang dihasilkan. Ventilasi udara memungkinkan gas-gas beracun tersebut untuk keluar dan tidak mengendap di dalam Septic Tank. Sehingga keamanan sistem tetap terjaga. Ventilasi udara juga bisa mencegah keluarnya gas-gas beracun menuju rumah atau bangunan.
  • Dapat mengurangi tekanan dalam Septic Tank. Saat limbah kotoran masuk ke dalam Septic Tank, udara harus bisa keluar untuk mencegah pembentukan tekanan yang bisa merusak sistem.
  • Sebagai pengendali bau. Dengan keluarnya udara melalui ventilasi udara bisa mengurangi bau yang tidak sedap.
  • Dapat mencegah pembentukan kerak.
  • Memelihara kondisi bakteri pengurai dengan baik agar bisa memproses limbah dengan baik.
  • Memastikan kinerja Septic Tank bekerja secara optimal.

Apa akibatnya jika tidak ada ventilasi udara Septic Tank?

Septic Tank yang terus menerus dibiarkan akan meledak, karena gas-gas beracun tidak dapat keluar. Itulah pentingnya Septic Tank harus memiliki ventilasi udara.

Artikel terkait :  Ketahuilah Cara Mengeringkan Air Dalam Septic Tank Secara Praktis!

4. Kapasitas yang Memadai

Agar Septic Tank tidak cepat penuh, alangkah baiknya menggunakan kapasitas yang memadai sesuai dengan penghuni dalam rumah.

Seperti jika dalam 1 rumah terdapat 5 orang yang tinggal, sebaiknya menggunakan Septic Tank dengan kapasitas 1000 liter.

5. Desain Konstruksi yang Tepat

Kontruksi Septic Tank harus tepat karena dapat mewadahi proses:

  • Pemecahan dan pengumpulan tinja.
  • Pengendapan agar bagian padat bisa membusuk dimakan cacing.
  • Peresapan.
  • Pengaliran air ke saluran got atau saluran umum.

Kriteria Konstruksi yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Ukuran Septic Tank sesuai dengan pedoman yang berlaku.
  • Ukuran pipa harus ideal misalnya 4 inchi dan harus minim belokan agar tidak terjadi penyumbatan.
  • Pemasangan Septic Tank harus sesuai dengan pedoman yang berlaku. Anda bisa berkonsultasi dengan Customer Service untuk memperoleh panduan pemasangan Tangki dengan benar.

6. Material Harus Memenuhi Standar

Tidak hanya fitur-fitur seperti yang dijelaskan di atas yang harus diperhatikan, tetapi material atau bahan Septic Tank harus sesuai.

Ciri-Ciri material Septic Tank yang Baik

  • Tahan korosi.
  • Kedap air.
  • Kekuatan strukturan yang memadai.
  • Kemampuan pemisahan limbah dan air yang efisien.

Jual Septic Tank yang Baik, Hanya di Septic Tank Grand

Septic Tank/Bio Tank

Grand Septic Tank 1000 L

Tedmond Groups menjual Septic Tank telah memenuhi kriteria yang telah disebutkan di atas. Mulai dari segi material, fitur yang dimiliki, dan kapasitas yang memadai.

Kami menjual eceran maupun grosir Septic Tank yang dapat dipesan melalui Whatsapp ke nomor 081398889581. Konsultasikan ke Customer Service kami untuk informasi lebih lanjut.

Penutup

Itulah 6 kriteria atau ciri-ciri Septic Tank yang baik dan harus Anda perhatikan. Anda dapat menggunakan Septic Tank GRAND yang sudah sesuai dengan standar.