Cara Membedakan Sepiteng WC / Septic Tank Penuh dan Tersumbat

Cara Membedakan Sepiteng WC / Septic Tank Penuh dan Tersumbat

Membuang air besar merupakan aktivitas wajib bagi setiap orang. Adakalanya WC tidak bisa digunakan. Biasanya ini disebabkan adanya masalah pada Sepiteng WC. Namun, tidak sedikit orang paham atas permasalahan apakah toilet mereka sedang mampet atau penuh.

Oleh sebab itu, Anda perlu memahami cara membedakan sepiteng WC / septic tank penuh dan tersumbat agar bisa menyelesaikannya dengan benar.

Lantas, bagaimana membedakannya agar tidak salah langkah penyelesaian? Simak terus artikel di bawah ini.

Tanda-Tanda Sepiteng WC / Septic Tank Tersumbat

Tanda-Tanda Sepiteng WC  Septic Tank Tersumbat

Adapun ciri-ciri Septic Tank tersumbat adalah sebagai berikut:

1. Terdapat Penyumbatan pada Saluran Pipa

Seringkali penyumbatan terjadi di saluran pipa. Adanya benda di saluran tersebut menyebabkan penyumbatan sampah yang masuk ke saluran WC.

Sehingga aliran kotor pada septic tank terhambat dan tidak masuk sama sekali

2. Telah Melakukan Penyedotan dalam Waktu Dekat

Jika baru-baru ini Anda telah melakukan penyedotan tetapi WC malah tidak bisa digunakan, tanda ini berarti Septic Tank sedang tersumbat.

Sebab, normalnya jika Septic Tank telah disedot hingga bersih, maka aliran air dan WC tidak akan terjadi masalah. Perlu penanganan lebih lanjut jika terjadi hal seperti ini.

Artikel terkait :  Jual Tandon Air di Kota Solo, Gratis Ongkir Gak Ribet

3. Aliran Air Melambat

WC yang tersumbat akan mengalami aliran yang lambat. Ini mengakibatkan feses sulit tenggelam. Bedanya dengan Septic Tank penuh adalah WC tersumbat kadangkala setelah disiram WC kotoran dan air tidak bisa masuk sama sekali.

Bahkan bisa saja meluber keluar. Jika hal ini terjadi, besar kemungkinan Sepiteng WC Anda tersumbat.

4. Perubahan Level Air di bak WC

Jika Anda melihat level air dalam bak WC naik atau turun secara tidak wajar dan tidak seperti biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa ada hambatan di saluran pembuangan.

5. Bunyi Gurgling

Jika Anda mendengar bunyi gurgling yang tidak wajar atau gelembung-gelembung di bak WC atau di saluran pembuangan lainnya, ini bisa mengindikasikan adanya sumbatan.

Tanda-Tanda Sepiteng WC / Septic Tank Penuh

Tanda-Tanda Sepiteng WC  Septic Tank Penuh

Adapun ciri-ciri Septic Tank penuh adalah sebagai berikut:

1. Munculnya Aroma yang Tidak Enak

Tanda pertama yang mudah dikenali ketika septic tank telah mencapai kapasitasnya adalah adanya aroma yang tidak sedap yang tercium dari lubang ventilasi.

Sebuah septic tank yang berfungsi dengan baik biasanya memiliki pipa ventilasi yang membantu sirkulasi udara, memungkinkan masuknya bakteri pengurai ke dalam tangki septik dan mengeluarkan gas hasil dari pemrosesan limbah.

Biasanya, pipa ventilasi septic tank akan menghasilkan aroma yang kurang enak, tetapi jika aroma tersebut menjadi sangat kuat, itu menunjukkan bahwa septic tank sudah mulai penuh.

2. Aliran Air Menjadi Lambat

Tanda selanjutnya adalah aliran air yang melambat. Jika air tidak mengalir turun dengan lancar saat Anda membuang air ke toilet dan mengalami keterlambatan, ini mungkin disebabkan oleh adanya penyumbatan.

Cara untuk memeriksa apakah ada penyumbatan di saluran air adalah dengan menggunakan garam atau soda api. Jika setelah Anda menambahkan bahan tersebut ke dalam toilet dan air tidak turun dengan mudah, itu bisa menjadi tanda bahwa septic tank sudah mencapai kapasitasnya.

Artikel terkait :  Pipa Air Panas yang Tahan Suhu Ekstrem

3. Limbah Naik ke Permukaan Toilet

Ketika Anda melihat limbah muncul di dalam toilet tanpa adanya penggunaan sebelumnya, ini bisa menunjukkan bahwa septic tank sudah penuh. Hal ini mengakibatkan limbah tidak dapat mengalir dengan baik ke dalam septic tank dan akhirnya naik kembali ke permukaan toilet, meskipun sudah dibilas dengan air.

4. Penurunan Air dalam Mangkuk Toilet

Adanya air dalam mangkuk toilet biasanya menunjukkan kondisi normal pada septic tank. Namun, untuk memeriksa apakah septic tank sudah penuh, Anda dapat mencoba mengisi toilet dengan air dan mengamati perubahan yang terjadi di dalam mangkuk.

Jika terjadi penurunan perlahan dalam tinggi air atau air menyusut secara bertahap, kemungkinan besar septic tank sudah penuh dengan limbah.

Septic Tank Grand Anti Mampet

Sale!

Septic Tank/Bio Tank

Grand Septic Tank 1000 L

Rp3.727.000

Menghadapi septic tank yang cepat penuh tentu menjadi sumber kekhawatiran, karena ini mengharuskan Anda mengalokasikan tambahan biaya untuk menggunakan layanan sedot WC. Namun, jangan khawatir, GRAND memiliki solusi yang tepat.

Septic Tank GRAND bisa menjadi pilihan yang direkomendasikan sebagai tempat pembuangan limbah yang mampu mengatasi masalah septic tank yang cepat penuh.

Dirancang dengan fitur-fitur canggih, seperti Teknologi Filtrasi Multistage, yang menghasilkan endapan lumpur dalam jumlah yang jauh lebih sedikit. Serta dilengkapi dengan teknologi Faced Bioball yang mencegah penempelan kotoran dan mengurangi risiko penyumbatan.

Kelebihan Septic Tank Grand

Inilah kelebihan Septic Tank Grand yang perlu Anda ketahui:

  • Menggunakan Filtrasi Multi Stage sistem filtrasi berkali-kali sehingga endapan lumpur yang akan terjadi akan sedikit.
  • Menggunakan bahan baku HDPE 100% yang merupakan jenis bahan material bagus di kelasnya, sehingga tidak mudah rusak.
  • Didesain kuat terhadap tekanan & pergerakan tanah ketika ditanam di dalam tanah.
  • Dual Faced Bioball, Anti Nempel, Minim¬†Buntu. Patent Bioball: S00202005922
  • Memiliki kekuatan terhadap tekanan & pergerakan tanah ini menjadikan Septic Tank awet digunakan bertahun-tahun, anti retak & anti korosi
Artikel terkait :  Berapa Ukuran Septic Tank Untuk 10 Orang Pengguna, Berikut Kalkulasinya

Penutup

Itulah tanda-tanda yang bisa membedakan sepiteng WC / Septic Tank penuh dan tersumbat. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi apa yang harus dilakukan ketika mengetahui permasalahan yang terjadi. Jika Anda tidak menginginkan Sepiteng WC Anda mampet, sebaiknya gunakan Septic Tank Grand yang anti penuh.