Kelebihan Cara Perawatan Septic Tank Dual Faced Bioball

Kelebihan Cara Perawatan Septic Tank Dual Faced Bioball

Cara Perawatan – Cara perawatan pada septic tank atau tangki septik sangat penting karena berhubungan dengan kesehatan pengguna dan menghindari pencemaran lingkungan. 

Septic Tank Dual Faced Bioball

Sistem pengolahan limbah dengan menggunakan teknologi dual faced bioball. Di mana, bioball ini adalah bola berpori-pori yang dapat mendukung pertumbuhan mikroorganisme.

Penggunaan sistem ini dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi pengolahan limbah dalam septic tank dan memiliki hasil akhir dari pengolahan limbah yang lebih bersih sebelum dibuang ke lingkungan.

Cara Perawatan Septic Tank Dual Faced Bioball

Cara Perawatan Septic Tank Dual Faced Bioball

Teknologi dual faced bioball ini berguna untuk mengoptimalkan proses penguraian limbah di dalam tangki septik. Perawatan atau pengurasan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Seluruh sistem harus diperiksa dan diservis terhadap kebocoran, kebersihan dan stabilitas minimal setiap satu tahun
  • Harus dikuras ketika tingkat lumpur mencapai 50%
  • Proses pengurasan harus dilakukan perusahaan penyedot limbah yang berlisensi

Langkah-Langkah Perawatan Septic Tank Dual Faced Bioball

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam melakukan perawatan septic tank Grand yang dilengkapi dengan dual faced bioball ini.

  1. Pemasangan Bioball
    Pastikan bioball dipasang dengan benar di dalam septic tank dengan ditempatkannya di bagian kedua sisi. Sehingga dual faced bioball ini dapat meningkatkan pemecahan limbah di seluruh tangki septik.
  2. Monitoring Volume Air
    Periksa tingkat air dalam septic tank secara teratur. Pastikan tidak ada kelebihan air atau kekurangan air dalam tanki. Keseimbangan air yang baik diperlukan untuk proses penguraian limbah yang efisien.
  3. Jangan Gunakan Bahan Kimia Berlebihan
    Hindari penggunaan bahan kimia pembersih yang berlebihan atau beracun yang dapat membunuh mikroorganisme dalam septic tank. Hal ini karena mikroorganisme sangat penting untuk pemecahan limbah.
  4. Jangan Buang Benda Asing
    Pastikan tidak ada benda-benda asing seperti plastik, pakaian, kain, puntung rokok, tisu toilet, pembalut atau kertas yang masuk ke dalam septic tank karena dapat mengganggu proses penguraian limbah.
Artikel terkait :  Menentukan Rancangan Anggaran Pembangunan Septic Tank Di Rumah Sakit

Kelebihan Cara Perawatan Septic Tank Dual Faced Bioball

Kelebihan Cara Perawatan Septic Tank Grand Dual Faced Bioball

Perawatan septic tank dengan teknologi dual faced bioball memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan perawatan septic tank konvensional. Kelebihan dalam cara perawatan septic tank dual faced bioball ini dapat membantu menjaga sistem pengolahan limbah septic tank agar tidak mudah penuh dan lebih awet.

Efisiensi Penguraian Limbah

Salah satu kelebihan utama dari septic tank dual faced bioball adalah kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi penguraian limbah.

Media bioball yang berpori-pori memberikan area lebih besar bagi bakteri baik dan mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembang.

Sehingga, tangki septik akan menghasilkan penguraian limbah yang lebih baik dan lebih cepat untuk mengurangi risiko tumpukan lumpur dan endapan padat yang dapat membuat septic tank mudah penuh.

Penyediaan Media Ideal Untuk Mikroorganisme

Merupakan tempat yang optimal bagi bakteri dan mikroorganisme yang berperan dalam penguraian limbah. Hal ini akan membuat septic tank lebih efisien dalam mengolah limbah organik, mengubahnya menjadi zat-zat yang lebih aman dan mengurangi pembentukan lumpur.

Pemeliharaan Yang Lebih Sedikit

Dibandingkan dengan septic tank konvensional, septic tank dual faced bioball hanya memerlukan pemeliharaan yang lebih sedikit karena membantu menjaga kondisi dalam tangki septik tetap stabil.

Pengurangan Bau Tidak Sedap

Dapat membantu mengurangi bau tidak sedap yang sering terjadi pada septic tank konvensional. Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan kenyamanan bagi pengguna dan lingkungan sekitar.

Pengolahan Lebih Baik

Lebih mampu mengatasi beban limbah yang lebih tinggi dibandingkan dengan septic tank konvensional. Dual faced bioball ini akan membantu dalam menyeimbankan dan memproses limbah dengan lebih baik bahkan dalam kondisi penggunaan yang intensif.

Kualitas Air Yang Lebih Baik

Dapat menghasilkan air yang lebih bersih dan aman untuk dibuang ke lingkungan guna mendukung pelestarian lingkungan yang lebih baik.

Artikel terkait :  Rekomendasi Tandon Air Yang Bisa di Tanam di Tanah, Anti Mleyot

Umur Pakai Yang Lebih Lama

Memiliki umur pakai yang lebih lama atau awet dibandingkan dengan septic tank konvensional. Sehingga dapat mengurangi biaya jangka panjang dalam penggantian atau perbaikan septic tank.

Grand Septic Tank Dual Faced Bioball

Grand Septic Tank Dual Faced Bioball

Tangki septik Grand terbuat dari bahan HDPE berkualitas tinggi yang membuat tangki septik ini kuat dan tahan terhadap goncangan. Dilengkapi dengan dual faced bioball yang membuat limbah atau kotoran tidak menempel di dinding tangki, sehingga menjadikannya tidak mudah mampet.

Grand Septic Tank ini hanya perlu dilakukan pengurasan minimal satu tahun sekali dengan catatan pemberian desinfektan setiap enam bulan.

Terdapat dua ukuran yang dimiliki Grand Septic Tank ini, yaitu ukuran 500 liter dengan harga mulai dari Rp 2.625.000,- dan 1000 liter dengan harga mulai dari 3.570.000,-. Jadi, Anda bisa memilihnya sesuai kapasitas yang diperlukan.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara menghitung kapasitasnya, berikut ini adalah contoh perhitungan untuk Grand Septic Tank ukuran 1000 liter.

  • Volume Tangki : 1000 L, Luas Tangki (Luas Basah) = 0,86 M2, Tinggi Tangki = 1,46M
  • Waktu Tedensi (td) : 3 Hari
  • Banyak Lumpur (QL) : 30 L/Orang/Tahun
  • Periode Pengurasan (PP) : 3 Tahun
  • Pemakaian Air (q) : q (150) L/Orang/Hari
  • Jumlah Pemakai Air (n) : n (5) Orang Minimum 1 KK
  • Debit Limbah Tercamur (QA) : 80% x 150 L/Orang/Hari = 120 L/Orang/Hari

Perhitungan:
• Kapasitas Tangki = VA + VL
Volume Tangki Air (VA) = (QA) x n x td
= 120L/Orang/Hari x 5 Orang x 3 Hari
= 1800L = 1,8M3

• Volume Tangki Air = Ruang Basah
= 1000L = 1M3

• Luas Basah = 0,86M2

• Volume Lumpur (VL) = n x QL x PP
= 5 x 30 x 3
= 450L = 0,45M3
t Lumpur = Volume Lumpur : Luas Basah
= 0,45M3 : 0,86M2
= 0,52 M

• Ruang Ambang Bebas = Luas Basah x Ambang Batas
= 0,86 x 0,3
= 0,24M3

Artikel terkait :  Bagaimana Kualitas Air Yang Dapat Digunakan Untuk Mencuci Pakaian? Ini Selengkapnya!

Penutup

Demikianlah kelebihan cara perawatan septic tank dual faced biioball dibandingkan septic tank konvensional. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.