Membersihkan tangki air memang capek, apalagi tangki tandon air atau toren air yang diletakkan diatas. Perlu keberanian untuk membersihkan, selain berani ketinggian, juga membutuhkan keberanian masuk kedalam tandon air yang berada di ketinggian. Sangat tepat anda membaca artikel ini, karena disini akan dibagikan Cara membersihkan tangki air tanpa capek, Simak yuk!

Waktu Yang Tepat Membersihkan Tangki Tandon Air

Waktu Membersihkan Tangki Air

Waktunya bersih-bersiiiiih! Hari minggu hari kumpul keluarga, sungguh asyik untuk kegiatan bersih-bersih rumah. Tapi kalau membersihkan tangki air atau toren, ini sering tidak terjadwalkan, Kapan Waktu yang tepat untuk membersihkan tangki tandon air? Pada umumnya waktu membersihkan tangki tandon air, ketika sudah di temui airnya kok pliket atau berlendir (tidak terasa segar saat digunakan). Baru, menjadwalkan waktu membersihkan tangki tandon air.

Lebih parah lagi, kalau membersihkan tangki airnya menunggu air yang keluar dari tandon air atau toren air sudah kotor, bahkan keluar bakteri, uget-uget atau jentik. Tetapi bagi sebagian orang membersihkan tangki tandon air ini 6 bulan sekali, biasanya ini dikerjakan oleh orang yang rajin bersih-bersih. Jika orang setengah rajin paling tidak setahun sekali. Kalau orang malas ya tunggu air kotor.

Peralatan Membersihkan Tangki Air

Jika sudah menjadwalkan waktu, untuk membersihkan tangki air atau toren air, maka perlu disiapkan peralatan membersihkan  tangki air. Agar hasil optimal, karena semua sudah dipersiapkan. Apa saja peralatan untuk membersihkan tangki air yang perlu disiapkan? Berikut kami berikan list peralatan untuk menguras dan membersihkan tangki tandon air :

  1. Tangga : Untuk naik
  2. Ember dan gayung
  3. Sikat halus
  4. Spon ukuran sedang/besar
  5. Kain bersih
  6. Alat Pel
  7. Sabun pembersih
  8. Obat pembersih
  9. Kursi kecil

Selain peralatan diatas untuk membersihkan tangki air atau toren air, diperlukan juga

  • Air bersih yang cukup
  • Selang air
  • Tenaga Bantu 1 atau 2 orang
  • Kopi dan jajanan

Pastikan sebelum membersihkan tangki air atau toren air, ketersedian air bersih tercukupi, air bak mandi, penampungan air untuk masak, serta air bersih untuk membersihkan dan membilas tangki air. Sangat ideal disiapkan air bertekanan tinggi untuk memudahkan membersihkan tangki air atau toren air. Agar tidak capek dalam membersihkan tangki atau tandon air.

Cara Praktis Membersihkan Tangki Air, Agar Tidak Capek.

Cara praktis membersihkan tangki air, agar tidak capek adalah dengan menyiapkan peralatan dan kelengkapan penunjang dalam membersihkan tangki atau tandon air. Jika peralatan tidak siap, tentu akan sangat ribet dan bisa naik turun untuk mengambil peralatan membersihkan tangki atau tandon air. Sehingga capek naik turun untuk mengambil peralatan yang kurang, apalagi tidak ada yang membantu.

Jika sudah siap peralatan untuk membersihkan tangki tandon air, cara praktis dalam menguras dan membersihkan tangki air atau tandon air adalah sebagai berikut ;

  • Kuras air tangki atau toren tandon air sisakan 1/4 atau 1/5.
  • Basahi dinding dalam tangki toren air bagian atas, bisa dengan menggunakan air sisa yang di dalam.
  • Gunakan sabun atau obat pembersih : sabun cuci piring atau Sitrun untuk kotoran yang membandel, harap hati-hati menggunakan sitrun. karena tangan bisa gatal-gatal dan terkelupas, jika kulit anda sensitif.
  • Kuras air habis, di barengi pembilasan dinding atas, disarankan dengan air tekanan tinggi
  • Bilas total  seluruh dinding   atas dan bawah hingga bersih.

Sebenarnya ada cara paling praktis membersihkan tangki air agar tidak capek menguras dan mebersihkan secara berkala.  Saatnya pakai jurus lembiru : Lempar yang lama dan ganti yang baru. Gunakan tangki air atau toren air yang anti lumut, anti bakteri sehingga tidak sering menguras dan membersihkannya. Tangki Air Grand produksi Tedmond Groups memiliki keunggulan anti lumut dan anti bakteri, karena sudah menggunakan 100% HDPE murni, dilengkapi 3  lapis perlindungan, sehingga lumut sulit berkembang, bakteri, uget-uget atau jentik pun sulit berkembang. Meskipun tangki toran air terkena paparan sinar matahari yang panas, maupun karena kelembapan udara yang extrim. Tangki air Grand memberikan perlindungan kehigienisan air tetap terjaga.

Membersihkan Tangki Air dari Lumut yang membandel

Tangki air Anti lumut anti kuras

Lumut adalah musuh utama tangki air atau tandon air. Karena, didalam tangki tandon air tingkat kelembapannya tinggi, terlebih jika tangki tandon air terkena paparan sinar matahari langsung.  Sehingga lumut mudah berkembang didalam tangki air atau tandon air. Tetapi bagi tangki air Grand,  “bye bye lumut” lumut sulit nempel dan berkembang dalam tangki air Grand. Membersihkan tangki air dari lumut yang membandel diperlukan pembersihan tingkat dalam. berikut tahapan membersihkan tangki air tingkat dalam.

Siapkan tangga

Tangga yang perlu disiapkan adalah : tangga untuk naik ke loteng, tempat dimana tangki air atau toren di letakankan. Siapkan juga tangga kecil tinggi 1,5 M, sebaiknya gunakan tangga lipat atau tangga aluminium. digunakan untuk naik keatas tangki air atau toren. Jika tidak ada, bisa gunakan kursi atau sejenisnya sebagai pijakan naik keatas tangki air atau toren air.

Masuk Kedalam Tangki air atau Toren air

Untuk masuk kedalam tangki air atau toren air, diperlukan kursi atau tangga kecil dengan tinggi 75 cm sampai 1 meter. Pastikan sebelum masuk, buka terlebih dahulu tutup tangki atau toren air dan biarkan terjadi sirkulasi udara  antar 5 sampai 10 menit. Guna menghindari adanya gas beracun atau gas berbahaya dalam tangki air, karena lama tidak dibuka.

Kuras Air dengan menyisakan 1/3 atau 1/4 air.

Kuras air dalam tangki air atau tandon air dengan menyisakan 1/3 atau 1/4.  Kenapa tidak langsung kuras habis? hal ini, digunakan untuk membersihkan dinding-dinding tangki air atau tandon air bagian atas, untuk menghemat air bersih untuk bilas.

Basahi dan Bersihkan Dinding tangki air atau tandon air

Dengan sisa air yang ada gunakan gayung untuk membasahi dinding tangki air atau tandon air bagian atas. Bersihkan dengan sikat halus pada bagian yang lumutnya tebal membandel. Untuk bagian dinding dengan lumut tipis gunakan spon pembersih yang ukuran sedang atau besar yang sudah disiapkan. Bersihkan dengan sabun pembersih, bisa dengan sabun cuci piring atau deterjen, sangat disarankan dengan sabun pencuci piring sejenisnya.

Khusus untuk lumut yang membandel bisa gunakan sitrun, cukup di kuas bagian lumut atau kerak membandel. harap hati-hati, jika kulit anda sensistif, karena bisa gatal-gatal. Gunakan sarung tangan, sebagai pengaman tangan anda.

Kuras Habis dan bersihkan lantai bawah tangki air

Jika sudah membersihkan bagian atas, tanpa perlu sampai bilas. Lanjutkan dengan menguras air yang ada, buka kran pembuangan, dan juga dibantu dengan menguras dengan ember atau timba yang sudah disiapkan. karena kotoran lumut dan kerak sudah bercampur menjadi satu. Kuras hingga bersih.

Bersihkan lantai dan dinding bawah dengan sikat halus dan sabun pembersih pada bagian yang berkerak dan lumut membandel. Untuk lumut tipis gunakan spon untuk menggosok bagian yang kotor.  Siram dengan air bersih dari luar yang sudah dipersiapkan.

Bilas sampai Bersih

Jika bagian dinding atas tangki air atau toren dan bagian bawah sudah dibersihkan, saatnya membilas. Sebelum dibilas dengan air bersih, gosok kembali menggunakan kain bersih tanpa sabun pembersih. Jika sudah yakin bersih, silahkan bilas dengan air bersih, sangat baik jika menggunakan air tekanan tinggi.

Dibilas dengan air bersih sambil digosok-gosok lagi dengan kain bersih tanpa sabun pembersih. Jika sudah yakin bersih anda boleh keluar, dan biarkan kran air pembuangan tetap terbuka dengan terus di siram air bersih untuk pembilasan.

Isi Tangki Air Dengan Air Bersih

Jika pembilasan sudah selesai, dalam tandon sudah bersih, tutup kran pembuangan dan lakukan pengisian dengan air bersih.

Pembersihan Dinding Luar Tandon air

Jika dipandang perlu maka bersihkan sekalian dinding luar tandon air atau tangki  air, bersihkan dengan gosok mengunakan spon, atau kain bersih dengan sabun. Bagian dinding luar biasanya hanya kotoran debu yang menempel. kadang disiram air bersih tekanan tinggi sudah bersih.

Membersihkan tangki Air

Saatnya ngopi!

Sambil nunggu pengisian air bersih dan mengecek apakah terjadi kebocoran dan rembes, silahkan di sambi ngopi dan makan jajanan yang disediakan. Menguras dan membersihkan tangki air dari lumut yang membandel memang menguras tenaga sehingga harus siap capek.

Memilih Tangki air Bebas Kuras.

Punya tangki air  atau tandon toren air yang mudah berlumut memang harus siap capek melakukan pembersihan dan pengurasan. Paling tidak 6 bulan sekai secara berkala. Tips Cara Membersihkan Tangki Air dari Lumut Tanpa Capek adalah dengan membeli Tangki air atau tandon toren air yang anti lumut, anti bakteri  dan bebas kuras. Yaitu tangki air Grand Stainless produksi Tedmond Groups.
Tangki Air Bebas Kuras

Tangki Air atau Tandon Air Stainless GRAND memiliki banyak keunggulan diantaranya

  1. Kuat dan Tahan Lama
  2. Anti Virus dan Bakteri
  3. Anti Lumut
  4. Mudah Kuras
  5. Anti Karat
  6. Suhu Terjaga
  7. Memiliki 2 Output
  8. Food Grade Material
  9. Tangki air Halal Pertama Di Indonesia
  10. Standart SNI
  11. Garansi 12 Tahun
  12. Tersedia berbagai Ukuran, Untuk rumah tangga, UMKM dan Industri besar. Dari 500 liter hingga 30.000 liter.

Memilih tangki air bebas kuras adalah pilihan yang tepat untuk menghindari kecapekan saat menguras dan membersihkan tangki tandon air. Tangki Air  Grand Stainless sangat mudah dikuras dan dibersihkan, tanpa harus masuk kedalam, karena saluran pipa  pengurasan ada sendiri.

Pembelian Tangki Air Grand Stainless Bebas Kuras

Untuk melakukan pembelian tangki air Grand Stainless  ada dua cara, yaitu bisa offline dan juga bisa online, Untuk offline kami memilik 15 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan di Pulau Jawa untuk mengetahui alamat kantor cabang Tedmond Group seluruh Indonesia silahkan klik Alamat Kantor Cabang Tedmond Groups.

Tokopedia Tedmond

​Shopee Tedmond

Adapun untuk pembelian online, bisa kunjungi akun official store Tokopedia dan Shopee Tedmond Groups atau bisa menghubungi via chat Whatsapp admin marketing kami. Setiap pembelian melalui online akan mendapatkan gratis ongkir ke seluruh pulau Jawa.

Jika artikel cara membersihkan tangki air dari lumut tanpa capek bermanfaat silahkan dishare kepada teman dan kerabat anda. Apabila ada kurang jelas silahkan ditulis dikolom komentar.  Saya harap informasi ini membantu anda mengatasi masalah dalam membersihkan tangki air dari lumut.