Punya tangki air menjadi solusi agar terhindar dari kekurangan air ketika masa darurat. Sayangnya, lumut menjadi musuh utama dari tangki air. Padahal biasanya masyarakat menyimpan air pada tandon/tangki air untuk dikonsumsi. Air yang sehat untuk dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna, berbau dan tanpa rasa. Sedangkan air yang mengandung lumut dari tampilannya saja sudah terlihat menjijikan.

Tidak sengaja meminum air berlumut sebanyak satu atau dua kali tidak masalah. Namun, apabila secara terus menurus meminumnya, akan timbul penyakit seperti diare, sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya. Agar menghindari bahaya yang timbul dari mengonsumsi air berlumut, anda harus memperhatikan beberapa Langkah pencegahannya pada tangki air anda

  1. Perhatikan Posisi Tangki Air Anda

Posisikan tangki air jauh dari sinar matahari

Sinar matahari secara langsung mempermudah pertumbuhan lumut. Padahal tangki air atau tandon di tempatkan di lokasi yang lebih tinggi agar air keluar dengan deras. Anda bisa meletakkan tandon dengan diberi penutup atau di tempatkan pada loteng. Namun, hal tersebut tidak menjamin lumut tidak muncul pada tandon.

       2. Bersihkan Tangki Dengan Spons

Gunakan spons untuk membersihkan tangki air

Membersihkan tangki air bagian dalam, tidak dianjurkan menggunakan sikat yang abrasif. Hal tersebut dikarenakan mampu mengikis lapisan pelindung pada tangki. Sebaiknya gunakan spons yang lembut untuk menggosok.

       3. Gunakan Tawas Untuk Membersihkan

Gunakan Tawas untuk membersihkan tangki air

Tambahkan 150 gram tawas pada 1000 liter air ketika membersihkan. Lalu diamkan hingga semalaman, kemudian setelah itu bilas tangki air dengan air besih. Tawas befungsi sebagai pembunuh dan pencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti lumut.

        4. Gunakan Air Panas

Bilas tangki dengan air panas

Jika ingin lebih cepat, gunakan air panas untuk membersihkan. Pertama, siram tandon dengan air panas. Kemudian gosok dengan sabun cuci piring. Lalu bilas kembali dengan air panas. Dijamin, lumut cepat hilang.

        5. Gunakan Tangki Air Anti Lumut

Setelah tangki dibersihkan, tak jarang dalam waktu cepat lumut Kembali datang. Untuk investasi jangka Panjang, lebih baik gunakan tangki air Anti Lumut seperti tangki Grand Stainless Steel.

REKOMENDASI TANGKI AIR ANTI LUMUT TERBAIK

Anda bisa memilih tangki air Stainless Steel Grand. Tangki Air Grand menggunakan bahan stainless steel 304 BA sebagai bahan stainless terbaik untuk air. Tahap terhadap suhu tinggi & anti karat.  Tangki Air Grand telah teruji Food Grade Material sehingga bahan yang digunakan pada tangki, terbukti aman apabila air yang disimpan digunakan untuk dikonsumsi.

Bahan stainless steel untuk tangki air, lebih tahan lama dibanding dengan tangki plastik. Pembelian Tangki Grand terdapat bonus kaki penopang. Sehingga anda tidak perlu menambah dana lagi untuk penopang. Ada garansi penukaran produk selama 1 tahun untuk Tangki Grand Stainless Steel. Tidak perlu risau, Tangki Grand menyediakan garansi 11 tahun untuk perbaikan. Kualitas terjamin, Kesehatan terjaga. Tidak perlu berkali-kali ganti tangki air, hemat untuk jangka panjang.