Bagaimana Perbedaan Septic Tank Biotank Dan Septic Tank Fiber Glass

Bagaimana Perbedaan Septic Tank Biotank Dan Septic Tank Fiber Glass – Septic tank dapat diartikan sebagai sebuah sistem pengolahan limbah yang umumnya digunakan di rumah-rumah atau bangunan-bangunan yang tidak terhubung dengan sistem pembuangan air limbah kota. Fungsi dari septic tank sendiri yaitu untuk mengumpulkan, mengendapkan, dan memproses limbah yang berasal dari toilet, dapur, dan wastafel sebelum dibuang ke lingkungan. Bagi sebagian besar, septic tank sering dianggap sebagai tempat pembuangan limbah terakhir yang tidak berarti. Untuk memahami perbedaan jenis septic tank biotank dan fiberglass, maka akan kami ulas selengkapnya berikut ini.

Bagaimana Perbedaan Septic Tank Biotank Dan Septic Tank Fiber Glass – Pengertian Septic Tank Biotank

Septi tank biotank merupakan sistem pengolahan limbah yang kompleks dan efektif. Sistem ini bekerja dengan cara memanfaatkan bakteri baik yang dihasilkan secara alami maupun ditambahkan secara khusus untuk menguraikan limbah rumah tangga. Biotank dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu anaerobik dan aerobik. Biotank anaerobik bekerja tanpa adanya oksigen dan menghasilkan gas metana sebagai produk sampingan. Di sisi lain, biotank aerobik bekerja dengan memasok oksigen ke dalam sistem untuk membantu bakteri menguraikan limbah rumah tangga.

Apa Itu Septic Tank Fiberglass?

Septic tank fiberglass yaitu jenis septik tank yang terbuat dari bahan fiberglass atau serat kaca. Septik tank fiberglass sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu Single-compartment dan Multi-compartment. Septic tank Fiberglass jenis single compartment memiliki sistem pengolahan limbah berjalan pada satu kompartemen, dimana limbah rumah tangga masuk ke dalam tangki dan mengalami proses penguraian oleh bakteri anaerobik di dalamnya. Setelah itu, limbah yang telah diolah akan keluar dari tangki untuk dibuang ke lingkungan sekitar.

Septic Tank Fiberglass Multi-Compartment

Sedangkan pada septic tank Fiberglass jenis multi-compartment, sistem pengolahan limbah berjalan pada masing-masing kompartemen secara berturut-turut, dimana limbah rumah tangga masuk ke dalam tangki dan mengalami proses penguraian oleh bakteri anaerobik di setiap kompartemennya. Setelah itu, limbah yang telah diolah akan keluar dari tangki untuk dibuang ke lingkungan sekitar.

Kelebihan Dan Kekurangan Antara Septic Tank Biotank Dan Fiberglass

Setelah memahami jenis dari kedua septic tank Biotank maupun Fiberglass, anda juga perlu tahu lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan antara kedua jenis septic tank ini. Kelebihan dan kekurangan pada kedua jenis septic tank biotank maupun fiberglass ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda dalam memilih septic tank. Untuk itu, berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing septic tank Biotank dan septic tank Fiberglass.

Kelebihan Septic Tank Biotank

  • Ramah lingkungan : Sistem septik tank biotank menggunakan mikroorganisme alami untuk menguraikan limbah, sehingga tidak memerlukan bahan kimia tambahan yang dapat mencemari lingkungan.
  • Biaya yang rendah: Biaya instalasi dan perawatan sistem septik tank biotank relatif lebih murah dibandingkan sistem pengolahan air limbah lainnya. Biaya perawatan juga lebih murah karena tidak memerlukan bahan kimia tambahan.
  • Mempercepat degradasi limbah : Dalam septik tank biotank, mikroorganisme alami yang ada di dalam tank dapat mempercepat degradasi limbah. Hal ini dapat mengurangi volume limbah yang harus dibuang.
  • Mengurangi bau tak sedap : Septik tank biotank menggunakan bakteri yang memecah bahan organik menjadi gas, sehingga bau tak sedap dari limbah dapat dihilangkan.
Artikel terkait :  Perkiraan Ukuran Septic Tank Untuk 50 Orang, Vital Pengusaha Harus Lihat

Kekurangan Septic Tank Biotank

  • Tidak cocok untuk lingkungan dengan kepadatan tinggi : Sistem septik tank biotank tidak cocok untuk lingkungan dengan kepadatan tinggi seperti di kota. Sistem ini lebih cocok untuk daerah pedesaan.
  • Perlu perawatan rutin : Sistem septik tank biotank memerlukan perawatan rutin agar dapat berfungsi dengan baik. Hal ini termasuk mengeluarkan lumpur dari tank secara berkala dan memastikan pH dan suhu di dalam tank sesuai dengan kebutuhan bakteri.
  • Dapat tersumbat : Jika sistem septik tank biotank tidak dirawat dengan baik, pipa dan saluran pembuangan dapat tersumbat akibat penumpukan lumpur di dalam tank.
  • Tidak cocok untuk limbah kimia : Sistem septik tank biotank hanya cocok untuk limbah organik dan tidak cocok untuk limbah kimia.

Kelebihan Septic Tank Fiberglass

  • Tahan terhadap korosi dan bahan kimia : Karena terbuat dari bahan fiberglass, septic tank fiberglass bisa tahan terhadap korosi dan bahan kimia yang biasanya terdapat dalam limbah domestik.
  • Tahan terhadap tekanan dan benturan : Bahan fiberglass cukup kuat untuk menahan tekanan dan benturan yang terjadi pada septic tank.
  • Mudah dipasang : Seperti septic tank pada umumnya, septic tank fiberglass mudah untuk memasangnya

Kekurangan Septic Tank Fiberglass

  • Rentan terhadap retak : Jika tidak terpasang dengan benar, septic tank fiberglass bisa retak dan bocor. Retakan ini bisa disebabkan oleh tekanan dari tanah atau bahan kimia tertentu yang masuk ke dalam septic tank.
  • Membutuhkan perawatan khusus : Agar tetap berfungsi dengan baik, septic tank fiberglass membutuhkan perawatan khusus seperti membersihkan secara berkala dan memperbaiki retakan atau kerusakan yang terjadi.
  • Harganya lebih mahal : Harga septic tank fiberglass lebih mahal dibandingkan dengan septic tank beton atau plastik. Namun, ini sebanding dengan kelebihan yang dimilikinya.
Artikel terkait :  Cara Membuat Luasan Instalasi Pengolahan Air Limbah Berdasarkan Volume Limbah

Memilih Septic Tank Yang Tepat

Memilih jenis septic tank yang cocok untuk digunakan pada bangunan memang tidaklah mudah. Perlu banyak riset dan menimbang-nimbang septic tank yang tepat untuk digunakan. Jika anda sekalian merasa masih ragu septic tank apa yang cocok untuk bangunan, anda bisa menggunakan septic tank instan dari GRAND. Septic tank GRAND kuat terhadap tekanan maupun pergerakan tanah, sehingga septic tank GRAND tidak mudah retak. Septic tank GRAND dapat mengolah limbah dengan baik sehingga hanya menyisakan endapan lumpur yang lebih sedikit dibandingkan septic tank lain.

Septic Tank Dengan Berbagai Keunggulan

Septic tank GRAND menggunakan teknologi Dual Faced Bioball, menjadikan kotoran pada septic tank GRAND tidak mudah nempel dan tidak mudah buntu. Sehingga septic tank GRAND dapat anda gunakan pada jangka panjang tanpa perlu khawatir kebuntuan. Septic Tank GRAND juga menggunakan teknologi Filtrasi Multi Stage, sistem filtrasi ini menggunakan sistem penyaringan berulang kali. Menjadikan limbah yang diolah menjadi lebih bersih dan aman untuk lingkungan. Karena septic tank GRAND ini menggunakan bahan HDPE, menjadikan desain dari septic tank GRAND ramah dan tidak merusak bagi lingkungan.

Penutup

Selain itu septic tank GRAND juga mudah perawatan dan pemasangannya. Jadi anda tidak perlu khawatir, karena banyak keunggulan yang ditawarkan oleh septic tank GRAND satu ini. Setelah pemaparan mengenai perbedaan antara septic tank Biotank dan septic tank Fiberglass serta dengan kelebihan dan kekurangannya, anda bisa mempertimbangkan septic tank yang tepat untuk dipasang bangunan ataupun rumah pribadi anda. Jadi, pastikan hanya menggunakan septic tank yang tepat seperti septic tank GRAND ini. Sekian ulasan mengenai perbedaan antara septic tank Biotank dan Fiberglass, semoga bermanfaat dan dapat memberikan referensi baru bagi anda.