7 Rekomendasi Bahan Septic Tank Untuk Rumah Tangga, Berikut Ulasannya

7 Rekomendasi Bahan Septic Tank Untuk Rumah Tangga, Berikut Ulasannya – Septic tank merupakan suatu alat pengolahan limbah terakhir yang ada pada suatu bangunan atau rumah tangga. Sebenarnya terdapat berbagai jenis septic tank yang dapat anda temukan di toko bahan bangunan terdekat. Namun, dalam memilih septic tank perlu adanya kecermatan dan ketelitian dalam pemilihan jenis bahannya. Karena jika memilih septic tank sembarangan, dapat berdampak negatif tidak hanya bangunan namun juga lingkungan yang ada disekitarnya. Untuk dapat mengantisipasi permasalahan pada septic tank ini, maka anda bisa menyimak dengan baik ulasan berikut ini mengenai 7 rekomendasi bahan septic tank untuk rumah tangga.

 

7 Rekomendasi Bahan Septic Tank Untuk Rumah Tangga, Berikut Ulasannya – Pentingnya Memilih Bahan Septic Tank

Pemilihan bahan yang tepat pada septic tank untuk rumah tangga sangat penting karena memiliki dampak langsung terhadap kinerja, keandalan, dan umur septic tank. Bahan yang tepat dapat memastikan kinerja yang optimal dari septic tank. Jika septic tank terbuat dari bahan yang tahan terhadap korosi dan bahan kimia, maka lebih bisa mengolah limbah domestik yang mengandung zat-zat beracun dan berbahaya bagi kesehatan. Pemilihan bahan yang tahan terhadap karat sangat penting karena septic tank yang ada pada rumah tangga berinteraksi langsung dengan air, limbah, dan bahan kimia yang dapat menyebabkan korosi. Sehingga, septic tank akan tetap awet untuk digunakan.

Bahan Septic Tank Untuk Rumah Tangga Yang Tepat

Pemilihan bahan septic tank yang tepat untuk rumah tangga dapat memastikan septic tank kuat untuk menahan beban tanah dengan baik dan tidak mudah mengalami kerusakan. Dengan begitu, septic tank dapat berfungsi secara efisien dalam mengolah dan menguraikan limbah. Pemilihan bahan septic tank untuk rumah tangga yang tepat juga penting dalam meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Bahan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang membantu menjaga keberlanjutan dan menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar. Pemilihan bahan septic tank yang tepat untuk rumah tangga juga berdampak pada efisiensi biaya jangka panjang.

7 Rekomendasi Bahan Septic Tank Untuk Rumah Tangga

Jika anda akan memasang septic tank untuk rumah tangga, perlu memperhatikan bahan septic tank agar penggunaan septic tank bisa awet. Oleh karena itu, berikut ini penjelasan bahan yang digunakan pada septic tank untuk rumah tangga :

  1. Plastik HDPE (High-Density Polyethylene) : Septic tank plastik HDPE adalah salah satu bahan alternatif septic tank yang populer. Bahan plastik HDPE ini dikenal memiliki ketahanan terhadap korosi dan tidak mudah retak. Septic tank plastik HDPE ini juga ringan, mudah dipasang, dan memiliki umur pakai yang cukup lama. Plastik HDPE juga tidak terpengaruh oleh perubahan suhu dan memiliki sifat anti-bocor yang baik. Sehingga bahan HDPE ini cocok untuk rumah tangga.
  2. Beton Pracetak : Septic tank beton pracetak adalah pilihan umum untuk septic tank rumah tangga. Mereka tahan terhadap kerusakan fisik dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Septic tank beton tahan terhadap perubahan suhu dan bahan kimia yang ada dalam septic tank.
  3. Serat Komposit: Septic tank berbahan serat komposit terbuat dari serat yang diperkuat dengan resin polimer. Mereka tahan terhadap korosi, memiliki bobot yang lebih ringan daripada beton, dan tahan terhadap tekanan dan perubahan suhu. 
  4. Logam Tahan Karat: Beberapa septic tank rumah tangga dibuat dari logam tahan karat seperti baja tahan karat atau aluminium. Mereka tahan terhadap korosi dan memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan suhu. Namun, perlu diingat bahwa logam tahan karat mungkin memerlukan perawatan tambahan untuk mencegah karat dan mempertahankan keandalan struktural.
  5. Fiberglas: Septic tank fiberglas adalah pilihan lain yang populer. Mereka tahan terhadap korosi, ringan, dan mudah dipasang. Septic tank fiberglas juga memiliki sifat isolasi termal yang baik dan umur pakai yang cukup lama. Namun, perlu diperhatikan bahwa fiberglas mungkin lebih rentan terhadap kerusakan fisik jika terkena benturan keras.
  6. Batu Bata atau Beton Bertulang: Beberapa septic tank masih dibuat dengan batu bata atau beton bertulang. Metode ini lebih tradisional dan membutuhkan keterampilan tukang yang ahli. Septic tank batu bata atau beton bertulang dapat kuat dan tahan lama jika dibangun dengan baik, tetapi mereka mungkin memerlukan perawatan tambahan dan pemeliharaan reguler.
  7. Polietilena Rendah: Septic tank berbahan polietilena rendah (LDPE) adalah pilihan yang lebih ekonomis. Mereka tahan terhadap korosi, mudah dipasang, dan memiliki bobot yang ringan. Namun, perlu diingat bahwa LDPE mungkin lebih rentan terhadap kerusakan fisik dan memerlukan perawatan yang lebih hati-hati untuk menjaga kekuatannya.
Artikel terkait :  Jual Septic Tank Di Madura, Gratis Ongkir Seluruh Kabupaten

 

Septic Tank Untuk Rumah Tangga

Untuk dapat mengolah limbah rumah tangga dengan baik, maka diperlukan septic tank dengan bahan pemilihan yang tepat. Salah satu septic tank yang dapat anda gunakan yaitu Septic Tank instan GRAND. Septic tank GRAND merupakan septic tank yang tahan terhadap tekanan dan tahan terhadap pergeseran tanah. Hal ini menjadikan septic tank GRAND tidak mudah berkarat dan tidak mudah retak walau diletakkan di bawah tanah. Septic tank GRAND juga tersedia berbagai kapasitas yang dapat anda pilih sesuai dengan yang dibutuhkan pada rumah tangga anda.

 

Septic Tank Ramah Terhadap Lingkungan

Septic tank GRAND memiliki desain yang ramah bagi lingkungan. Hal ini karena septic tank GRAND terbuat dari bahan HDPE 100% tanpa tambahan apapun. Bahan HDPE pada septic tank GRAND dikenal tahan karat, mudah pemasangannya, serta memiliki bobot yang ringan. Bahan HDPE pada septic tank GRAND menjadikan septic tank ini tidak mudah rusak karena ketahanannya. Pada septic tank GRAND terdapat teknologi Dual Faced Bioball yang sudah memiliki paten. Teknologi ini menjadikan kotoran pada septic tank minim buntu dan kotoran tidak mudah menempel pada dinding septic tank.

 

Penutup

Selain teknologi tinggi Dual Faced Bioball, pada septic tank GRAND juga terdapat teknologi sistem filtrasi Multi Stage. Teknologi sistem filtrasi ini dapat mengolah limbah berkali-kali. Sehingga, limbah yang dikeluarkan ke lingkungan sudah melalui proses pengolahan berulang kali. Septic tank GRAND aman untuk rumah tangga juga aman bagi lingkungan sekitar. Jadi, sekian dulu ulasan mengenai 7 rekomendasi bahan septic tank untuk rumah tangga. Pastikan anda gunakan septic tank GRAND untuk kebutuhan pengolahan limbah pada rumah tangga anda. Sampai jumpa pada ulasan dan artikel rekomendasi menarik lainnya dari kami.

Artikel terkait :  Promo Hari Kemerdekaan Tangki Air