8 Cara Meningkatkan Tekanan Air dari Tandon agar Mengalir Kencang

Cara Meningkatkan Tekanan Air dari Tandon agar Mengalir Kencang

Jika aliran air pada rumah kecil, tentu saja akan menghambat aktivitas yang akan Anda kerjakan, sehingga penting untuk mengetahui cara meningkatkan tekanan air dari tandon agar air mengalir kencang. Biasanya pemilik rumah akan kebingungan jika tandon air masih penuh, keran juga tidak ada masalah, namun air malah tidak mengalir sebagaimana mestinya.

Untuk itu, pada artikel ini akan membahas penyelesaian untuk meningkatkan air dari tandon agar dapat mengalir kencang. Simak bahasan artikel ini sampai tuntas yaa!

Cara Meningkatkan Tekanan Air dari Tandon/ Toren / Tangki

Cara Meningkatkan Tekanan Air dari Tandon Toren Tangki

Berikut ini adalah langkah-langkah meningkatkan tekanan air agar dapat mengalir dengan deras, di antaranya:

1. Periksa dan Atur Ketinggian Tandon /Toren /Tangki

Cara mengatasi air kecil dari toren pertama adalah dengan memeriksa ketinggian tandon dan mengatur posisi dengan tepat apabila terjadi permasalahan tentang ketinggian tandon.

Biasanya aliran air yang kecil disebabkan oleh ketinggian tandon air yang kurang tinggi. Jika Anda memanfaatkan gravitasi bumi untuk mengalirkan air ke saluran pipa. Biasanya pengguna tidak menggunakan pompa pendorong untuk mengalirkan air ke sistem pipa.

Adapun ketinggian minimal jika tanpa menggunakan pompa adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda memakai shower, ideal ketinggian tandon air adalah 7 meter dari titik posisi shower.
  • Jika Anda hanya memakai keran saja, ideal ketinggian toren minimal  sekitar 3 meter dari titik keran. Namun, jika rumah Anda memiliki 2 lantai, menghitung ketinggian tangki dari titik keran di lantai 2, hal ini juga berlaku untuk lebih dari 2 lantai.
Artikel terkait :  Promo! Tangki Air Grand Gratis Ongkir Tanpa Minimal Order

2. Periksa dan Sesuaikan Luas Penampang Pipa

Kesalahan pengguna ketika mengisntalasi penampang pipa yang berukuran 1/2 inchi. Akibatnya aliran air yang keluar. Hal ini berbanding lurus dengan semakin besar atau luar penampang pipa, maka debit atau aliran air juga semakin deras. Kesalahan ini bisa saja terjadi ketika pengguna telah mengaplikasikannya.

Solusinya, Anda dapat mengganti pipa dengan diameter yang sesuai atau menggunakan alat bantu seperti pendorong air.

3. Tambahkan Kapasitas atau Volume Air pada Tandon /Toren /Tangki

Cara menaikkan tekanan air tanpa pompa dapat dengan menambahkan volume air pada tangki air, apabila dirasa volume dalam tandon air sedikit dan kurang.

Jika dianalogikan, apabila pada suatu tempat terdapat 2 tangki air. Tangki air pertama, mempunyai ketinggian 2 meter dengan volume dan kapasitas air sebesar 1000 liter dan pada bagian bawah terdapat lubang keluarnya air sebesar 3/4 inchi. Sedangkan pada tangki air kedua mempunyai ketinggian 2 meter dengan kapasitas volume air sebesar 700 liter.

Alhasil antara ke dua tandon air tersebut, yang memiliki debit air kencang adalah tangki air yang pertama.

Hal ini dapat dihitung menggunakan rumus debit air dengan satuan debit m3/s. Berikut ini adalah rumusnya:

Q= v/t

Q= Debit air

v= volume

t= waktu

Cara menghitungnya, Anda dapat membagikan total volume dalam tandon air dibagi dengan waktu habisnya air. Jika Anda mengetahui jumlah volume dalam tandon, maka Anda dapat memperkirakan debit air. Sehingga ketika Anda menyadari aliran air dalam saluran pipa Anda lemah, maka Anda dapat memperkirakan penyebabnya dan tahu apa yang harus Anda perbaiki.

4. Membuang Sumbatan pada Pipa Air

Cara membuat tekanan air kencang dengan memeriksa apakah pipa air tersumbat udara atau komponen lain. Sehingga Anda perlu untuk membuang udara dalam pipa air jika terjadi penyumbatan pipa air tersebut.

Artikel terkait :  5 Tips Memberishkan Lumut di Tandon Air, Bisa Mandi

Untuk mengatasi masalah ini, Anda juga dapat menggunakan filter air menyesuaikan dengan jenis penyumbatan yang ada pada saluran air Anda.

5. Kurangi Jumlah Sambungan atau Belokan pada Pipa

Solusi air kran kecil bisa dengan mengurangi jumlah belokan pada pipa. Pasalnya, instalasi pipa yang terlalu banyak belokan akan mengurangi kecepatan debit air. Hal ini akan mengakibatkan bottleneck atau sebuah cekikan di setiap belokan pada pipa.

Alangkah lebih baik, jika membangun sebuah rumah yang akan dipasang dengan sistem pipa, rancanglah sistem pipa dengan instalasi yang lurus. Jika pipa paralel dan terlalu berbelok-belok dapat mengurangi debit air dan lajunya akan lambat. Hindari penginstalan pipa paralel yang berlebihan.

6. Menggunakan Pompa Pendorong

Alat untuk menambah tekanan air dari toren adalah pompa booster. Alat ini mampu menekan debit air, sebab masing-masing peralatan pada sistem air seperti water heater, shower atau filter air membutuhkan tekananatau debit air yang berbeda.

7. Periksa Kondisi Pipa Air

Anda juga harus memeriksa kondisi pipa air, apakah dalam kondisi yang baik, termasuk apakah terjadi kebocoran atau kerusakan. Jika memang terjadi permasalah pada pipa, Anda harus segera memperbaikinya. Sebab, tidak menutup kemungkinan kerukan terjadi.

8. Periksa dan Bersihkan Tandon Air

Periksalah apakah kondisi tandon dalam keadaan bersih jika tandon Anda sudah berusia lama. Kualitas tandon juga mempengaruhi dari kondisi tandon. Bongkar dan bersihkan apabila dalam tandon terdapat endapan yang mengganggu dan menghambat debit air.

Untuk mengatasi permasalahan ini, hendaknya gunakan tandon anti lumut dan bakteri yang bersertifikat halal. Sehingga tidak ada kemungkinan terjadi kerusakan pada tandon air Anda.

Gunakan Tandon Air Anti Lumut

Anda dapat menggunakan tandon anti lumut Grand yang bebas bakteri dan berbahan dasar 100% High Density Polyethylene (HDPE). Keunggulan lain dari tangki air Grand adalah:

  • Pembersihannya yang mudah.
  • Tidak ada bau atau lendir.
  • Mikroorganisme tidak dapat berkembang di dalam tandon air ini.
  • Awet dan tahan lama.
  • Pengiriman diproses setelah transaksi deal.
  • After sales yang ramah dan baik.
  • Pertama yang memiliki sertifikat halal di Indonesia.
  • Anti lumut, anti virus, dan anti bakteri.

Penutup

Terdapat beberapa cara meningkatkan tekanan air dari tandon agar mengalir deras dan tidak tersendat-sendat atau mengalir dengan kecil. Agar air bersih dan aman lebih maksimal sebaiknya Anda gunakan Tangki Air Grand yang memiliki pelindung, terbuat dari bahan yang antibakterial, dan bersertifikat halal. Sehingga air yang ditampung terjamin kebersihan dan anti lumut.