Rekomendasi Traffic Cone Terbaik

traffic cone

Traffic Cone – Merupakan sebuah alat berbentuk kerucut yang biasanya terbuat dari bahan plastik atau karet yang digunakan untuk mengatur dan mengarahkan lalu lintas kendaraan di jalan atau area konstruksi.

Traffic cone sering digunakan sebagai tanda peringatan sementara untuk memberi petunjuk pada pengemudi tentang adanya pekerjaan konstruksi atau perbaikan jalan di depannya. Apa traffic cone yang terbaik? simak uraian berikut ini.

Tips Memilih Traffic Cone

Bahan Dan Kualitas

Pastikan bahan yang digunakan berkualitas tinggi dan tahan lama. Bahan PVC yang fleksibel dan tahan terhadap cuaca sering menjadi pilihan yang baik. Periksa juga kekuatan dan ketebalan bahan untuk memastikan daya tahan yang cukup terhadap tekanan dan benturan.

Tinggi Dan Ukuran

Pertimbangkan tinggi dan ukuran sesuai dengan kebutuhan anda. Pastikan ukuran yang dipilih sesuai dengan keperluan mengatur lalu lintas di lokasi tertentu.

Warna Mencolok

Pilihlah warna yang mencolok seperti oranye atau merah untuk meningkatkan visibilitas di siang hari.

Stabilitas Dan Bobot

Pastikan desain yang dimiliki stabil dan cukup berat untuk tidak mudah tertiup angin atau tersenggol kendaraan. Kaki traffic cone yang lebih lebar atau berat yang tertanam di dalamnya dapat membantu menjaga stabilitasnya.

Artikel terkait :  Water Purifier Adalah: Pengertian, Manfaat & Fungsinya

Kemudahan Penanganan

Traffic cone yang mudah dibawa dan dipindahkan memudahkan dalam penggunaannya dan penyimpanan setelah digunakan.

Harga Yang Wajar

Pertimbangkan juga faktor harga. Pilihlah yang memiliki kualitas baik dengan harga yang wajar sesuai dengan anggaran yang anda miliki.

Grand Traffic Cone

traffic cone

Traffic cone grand ini dibuat dari bahan dasar soft PVC sehingga membuatnya anti pecah. Warna yang dimilikinya tahan lama dan mengkilat sehingga terlihat dari jauh. Diproduksi dengan teknologi Blow Moulding dan didesain tidak berat agar mudah untuk ditata.

Keunggulan Proses Blow Moulding

Bentuk Yang Presisi

Proses blow moulding memungkinkan pembentukan yang sangat presisi dan konsisten. Ini penting karena traffic cone harus memiliki bentuk yang tepat dan seragam untuk memberikan petunjuk lalu lintas yang jelas dan efektif bagi pengemudi.

Bahan Yang Kuat Dan Tahan Lama

Teknologi blow moulding memungkinkan penggunaan plastik yang kuat dan tahan lama. Plastik yang digunakan biasanya memiliki sifat lentur dan daya tahan terhadap benturan, yang menjadikannya lebih tahan terhadap tekanan dari kendaraan dan cuaca ekstrim.

Warna Yang Mencolok

Hasil dari teknologi blow moulding seringkali memiliki warna oranye yang mencolok. Warna ini membantu meningkatkan visibilitas dan daya tangkap mata pengemudi, sehingga lebih mudah terlihat terutama di jarak yang jauh.

Ringan Dan Mudah Ditangani

Traffic cone yang diproduksi dengan teknologi blow moulding biasanya ringan dan mudah ditangani. Kehandalan ini mempermudah proses pemasangan, pemindahan, dan penyimpanan.

Ramah Lingkungan

Blow moulding menggunakan bahan plastik yang dapat didaur ulang, sehingga membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan jika dikelola dengan benar.

Keunggulan Bahan Soft PVC

Fleksibilitas

Salah satu keunggulan utama bahan Soft PVC adalah fleksibilitasnya. PVC lunak dapat ditekuk atau ditarik dengan mudah tanpa retak atau pecah, sehingga membuat lebih tahan terhadap benturan atau tekanan dari kendaraan atau lingkungan sekitarnya.

Artikel terkait :  Pelampung Tandon Air Tidak Berfungsi? Ini Dia Penyebabnya!

Warna Yang Tahan Lama

Bahan Soft PVC memiliki daya serap warna yang baik dan dapat diwarnai dengan berbagai pilihan warna. Warna yang diterapkan pada traffic cone cenderung lebih tahan lama, sehingga akan membuatnya tetap tampak cerah dan mencolok dalam jangka waktu yang lama, bahkan saat terpapar sinar matahari dan cuaca ekstrim.

Ringan

Traffic cone yang terbuat dari Soft PVC umumnya lebih ringan dibandingkan dengan traffic cone yang terbuat dari bahan lain seperti plastik keras atau logam. Ringan ini memudahkan dalam proses pengangkutan, pemasangan, pemindahan, dan penyimpanan traffic cone.

Tahan Terhadap Cuaca Dan Lingkungan

Soft PVC memiliki sifat tahan terhadap cuaca dan lingkungan. Bahan ini dapat bertahan dari paparan sinar UV, hujan, angin, dan suhu ekstrem tanpa mengalami kerusakan atau perubahan bentuk yang signifikan.

Hal ini membuat traffic cone terbuat dari Soft PVC cocok untuk digunakan di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama.

Sifat Anti Karat

PVC adalah bahan non-korosif, yang berarti traffic cone terbuat dari Soft PVC tidak akan berkarat, bahkan jika terkena air atau kelembaban.

Fungsi Traffic Cone

traffic cone

Traffic cone memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting dalam mengatur lalu lintas dan memberikan tanda peringatan di jalan raya dan area konstruksi. Berikut adalah beberapa fungsinya:

Mengatur Lalu Lintas

Untuk mengatur lalu lintas kendaraan di jalan raya. Mereka dapat ditempatkan di jalur yang ditutup atau diubah arahnya, memberikan petunjuk tentang jalur yang harus diikuti oleh pengemudi, atau memberikan informasi tentang perubahan kondisi jalan, seperti pekerjaan konstruksi atau perbaikan.

Memberikan Tanda Peringatan

Digunakan sebagai tanda peringatan bagi pengemudi tentang adanya potensi bahaya atau perubahan kondisi di jalan seperti lubang jalan, batas jalan atau yang lainnya.

Artikel terkait :  Berbagai Rambu Lalu Lintas Dan Maknanya Yang Wajib Diketahui

Pengalihan Lalu Lintas

Bisa digunakan untuk mengalihkan lalu lintas dari suatu kejadian atau insiden di jalan raya. Misalnya, ketika terjadi kecelakaan atau kendaraan mogok. Dapat juga digunakan untuk mengarahkan kendaraan menjauh dari area tersebut dan mengalihkan arus lalu lintas ke jalur yang lebih aman.

Menandai Area Konstruksi

Sering digunakan di area konstruksi atau perbaikan jalan untuk menandai zona kerja atau area yang ditutup untuk membantu mengarahkan pengemudi agar berhati-hati dan memperlambat kecepatan kendaran saat melewati area tersebut, sehingga meningkatkan keselamatan pekerja dan pengguna jalan.

Penggunaan Dalam Acara Khusus

Dapat digunakan dalam acara khusus, seperti pesta jalanan atau event olahraga, untuk mengatur parkir sementara, menandai jalur bagi pejalan kaki, atau memberikan panduan bagi pengunjung tentang arah yang harus diikuti.

Memfasilitasi Rekayasa Lalu Lintas

Sering digunakan oleh petugas lalu lintas atau personel keamanan untuk melakukan rekayasa lalu lintas yang sementara. Mereka dapat mengatur jalur keluar-masuk, mengalihkan arus lalu lintas, atau memberikan arahan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

Penutup

Traffic cone sangat penting dalam pengaturan lalu lintas maupun pemberian tanda. Grand Traffic Cone sangat cocok dipilih karena dari bahan soft PVC yang tahan terhadap benturan dan cuaca ekstrim. Oke cukup sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa di pembahasan berikutnya ya.