Cara Memasang Tangki Air Yang Benar

Cara memasang tangki toren tandon air yang benar

Cara Memasang Tangki Air – Tangki air adalah wadah atau tempat penyimpanan khusus yang digunakan untuk menyimpan air. Tangki air dapat berbentuk beragam sesuai dengan kebutuhan. Lalu, bagaimana cara memasang tangki air yang benar? Simak ulasannya berikut ini.

Pentingnya Cara Memasang Tangki Air Yang Benar

Aksesibilitas Air Yang Lebih Baik

Pemasangan yang tepat akan memastikan aksesibilitas yang mudah dan lancar saat mengisi dan mengambil air dari tangki. Ini akan memudahkan perawatan, membersihkan tangki, dan menghindari kebocoran yang bisa sulit dideteksi jika tangki dipasang dengan kurang tepat.

Keamanan Struktur

Jika tangki air dipasang dengan buruk atau di tempat yang tidak tepat, risiko kerusakan struktur dapat meningkat. Jika tangki terlalu berat atau dipasang di area yang tidak mampu menahan beban, dapat menyebabkan keretakan atau kegagalan struktural.

Mencegah Kebocoran

Pemasangan yang tepat dan penggunaan bahan tahan air yang baik akan mengurangi risiko kebocoran air. Kebocoran dapat menyebabkan pemborosan air, merusak lingkungan sekitar, atau bahkan merusak struktur bangunan.

Efisiensi Air

Dengan pemasangan yang tepat, risiko kehilangan air karena penguapan atau pemborosan dapat dikurangi. Ini akan membantu dalam menjaga ketersediaan air yang lebih baik dan mengurangi tagihan air.

Perlindungan Terhadap Pencemaran

Jika tangki air dipasang dengan benar, dapat membantu melindungi air dari pencemaran oleh bahan-bahan berbahaya atau kontaminan lainnya yang bisa masuk ke dalam tangki.

Artikel terkait :  Harga Tangki Air 2000 Liter Terbaik Dan Termurah

Meningkatkan Masa Pakai Tangki

Pemasangan yang benar akan membantu memperpanjang umur tangki air dengan mengurangi risiko kerusakan akibat tekanan atau kondisi lingkungan yang buruk.

Pemenuhan Regulasi

Di beberapa wilayah, ada peraturan dan standar khusus yang harus diikuti dalam memasang tangki air. Pemasangan yang benar akan membantu memastikan bahwa tangki mematuhi peraturan setempat.

Menghindari Masalah Kesehatan

Air yang disimpan di tangki yang dipasang dengan buruk dapat menjadi sarang bagi bakteri, alga, atau hewan-hewan lain yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi.

Cara Memasang Tangki Air Yang Benar

Cara memasang tangki tandon toren air yang benar

Memasang tangki air dengan benar adalah penting untuk memastikan pasokan air yang aman dan berkelanjutan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memasang tangki air dengan benar:

Pilih Lokasi Yang Tepat

Pastikan tangki air ditempatkan pada permukaan yang rata, kokoh, dan kuat untuk menahan berat tangki yang penuh dengan air.

Siapkan Pondasi

Buatlah pondasi yang kuat dan stabil untuk menopang berat tangki air. Bisa berupa beton atau peletakan bata yang baik.

Siapkan Jalan Air Masuk Dan Keluar

Pastikan anda memiliki jalan masuk air dari sumber air, seperti saluran atap atau pipa air utama rumah. Pastikan juga ada jalan keluar untuk air dari tangki yang terhubung ke sistem air rumah atau instalasi lainnya.

Periksa Sistem Penyaringan Dan Pembersihan

Pastikan ada sistem penyaringan untuk mencegah kotoran dan debris masuk ke dalam tangki air. Sediakan juga sistem pembersihan tangki yang memungkinkan anda membersihkannya secara berkala.

Instalasi Pipa Dan Pompa

Pasang pipa air yang sesuai untuk mengalirkan air dari sumber air ke tangki dan dari tangki ke sistem air rumah. Jika diperlukan, pasang pompa air untuk meningkatkan tekanan air dan memudahkan distribusi air ke seluruh rumah.

Pertimbangkan Aturan Keselamatan

Pastikan tangki air memiliki tutup yang rapat untuk mencegah kontaminasi dan akses oleh hewan atau anak-anak.

Periksa Kebocoran

Sebelum mengisi tangki dengan air, pastikan untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada tangki atau sistem pipa. Periksa secara rutin untuk mendeteksi dan memperbaiki kebocoran jika ada.

Pemeliharaan Rutin

Dengan menggunakan tangki air Grand yang dilengkapi sistem anti lumut sehingga membuat pemeliharaannya menjadi minim, hanya 1 tahun sekali membersihkan kerak air yang ada pada tangki.

Artikel terkait :  Inilah Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras

Peletakkan Tangki Air

Peletakkan Tangki Diatas Tanah Atau Halaman

Letak tangki di atas tanah umumnya dipilih karena beberapa alasan, diantaranya:

  • Kemudahan akses: Tangki di atas tanah lebih mudah diakses untuk pemeliharaan, inspeksi, dan pengisian ulang air.
  • Pemasangan lebih mudah: Pemasangan tangki di atas tanah biasanya lebih sederhana dan tidak memerlukan proses penggalian lubang di tanah seperti saat menginstal tangki yang ditanam.
  • Biaya lebih rendah: Biaya pemasangan dan pemeliharaan tangki di atas tanah cenderung lebih rendah karena tidak memerlukan pekerjaan tambahan seperti penggalian dan perlindungan terhadap tekanan tanah.
  • Fleksibilitas: Tangki di atas tanah dapat dipindahkan atau diubah lokasinya dengan lebih mudah.

Peletakkan Tangki Diatas Menara Atau Dak

Penggunaan tangki di atas menara memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Distribusi air yang lebih baik: Ketinggian tangki diatas menara menyebabkan adanya tekanan gravitasi yang cukup untuk memompa air ke area yang lebih tinggi dan menjaga aliran air yang lancar.
  • Distribusi air lebih stabil: Dengan kapasitas tangki yang besar, distribusi air dapat lebih stabil dan berkesinambungan, terutama pada puncak jam-jam konsumsi air tinggi.
  • Sistem cadangan: Tangki di atas menara dapat berfungsi sebagai sistem cadangan untuk mengatasi kegagalan atau gangguan pada sumber air utama.
  • Pemeliharaan sumber air: Dengan penempatan tangki diatas menara, sumber air dapat dipelihara dan dijaga dengan lebih baik karena air dari tangki akan mengalir secara terus menerus.

Peletakkan Tangki Air Didalam Tanah

Penempatan tangki di dalam tanah umumnya dipilih untuk beberapa alasan, diantaranya:

  • Estetika: Tangki di dalam tanah tidak terlihat secara terang-terangan, sehingga tidak mempengaruhi estetika lingkungan sekitarnya.
  • Ruang: Untuk beberapa lokasi, penempatan tangki di dalam tanah mungkin lebih praktis karena menghemat ruang di permukaan tanah.
  • Keamanan: Penempatan tangki di dalam tanah dapat memberikan perlindungan dari cuaca ekstrim dan kerusakan fisik lainnya, seperti benturan atau kecelakaan.
  • Isolasi termal: Lingkungan di dalam tanah dapat membantu menjaga suhu air dalam tangki relatif stabil, terutama di daerah dengan fluktuasi suhu ekstrim.
Artikel terkait :  Apa Bahaya Air Kesadahan Dan Cara Mengatasinya

Rekomendasi Tangki Air

cara memasang toren tangki tandon air yang benar

Tangki Air Grand

Untuk peletakkan tangki diatas tanah atau halaman anda bisa menggunakan tangki air Grand. Tangki air ini terdapat beberapa ukuran diantaranya : 300L, 600L, 700L, 900L, 1100L, 1200L, 2200L, 3300L, 5500L, 12000L. Terbuat dari bahan HDPE sehingga ramah lingkungan dan tahan terhadap goresan.

Tangki Air Auto Drain

Untuk peletakkan tangki diatas menara atau dak anda bisa menggunakan tangki air auto drain. Memiliki ukuran 600L dan 1200L.

Dilengkapi teknologi bebas kuras sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi naik keatas tangki untuk mengurasnya. Selain itu, tangki ini juga sudah dilengkapi penopang untuk membantu menyokong berat tangki.

Tangki Tanam Grand

Tangki ini memiliki berbagai macam ukuran. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Terbuat dari bahan HDPE membuatnya lebih kuat dari tangki biasa sehingga cocok jika di letakkan di bawah tanah. Selain itu, tangki ini juga mudah dibersihkan dan juga awet.

Mengapa Harus Tangki Air Grand??

Tangki air Grand sudah bersertifikasi halal. Apa manfaatnya?

  • Menjamin kebersihan air: Tangki air halal dipastikan telah dibersihkan dan dijamin tidak terkontaminasi oleh zat-zat haram atau najis. Hal ini penting karena air halal adalah salah satu syarat bagi air yang boleh dikonsumsi dan digunakan dalam beribadah oleh umat Muslim.
  • Kepatuhan terhadap ajaran agama: Memiliki tangki air halal mencerminkan komitmen untuk mematuhi ajaran agama Islam dalam segala aspek kehidupan, termasuk penyimpanan dan penggunaan air.
  • Keselamatan kesehatan: Air yang disimpan dalam tangki air halal lebih mungkin aman dan bersih untuk dikonsumsi dan digunakan dalam keperluan sehari-hari, sehingga membantu menjaga kesehatan dan mencegah potensi penyakit.
  • Kepercayaan dan kepuasan: Memiliki tangki air halal dapat memberikan kepercayaan dan kepuasan bagi individu atau komunitas muslim karena tahu air yang digunakan sesuai dengan prinsip agama.

Penutup

Letakkan tangki sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah anda. Pilihlah tangki air yang ramah lingkungan dan juga bersertifikat halal seperti tangki air Grand. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa admin berikan. Sampai jumpa dengan informasi menarik lainnya.