Mudah! Begini 18 Cara Membuang Udara dalam Pipa Air Terlengkap

Mudah! Begini 18 Cara Membuang Udara dalam Pipa Air Terlengkap

Terdapat langkah efektif untuk mengatasi pipa air tersumbat yang mengakibatkan munculnya gelembung udara dengan beberapa cara membuang udara dalam pipa air. Masalah ini terjadi biasanya karena faktor kotoran atau lumut yang mulai menumpuk atau terdapat udara yang terjebak.

Pasalnya, beberapa orang mengalami kebingungan ketika hal ini terjadi, karena shower atau kran tidak mengeluarkan air sama sekali (atau mengeluarkan air tetapi tersendat-sendat) padahal mesin masih dalam keadaan normal dan bekerja secara normal.

Jika sudah terjadi demikian, Anda dapat mengeluarkan udara terlebih dahulu untuk memperlancar aliran air. Adapun langkahnya dapat Anda perhatikan pada bahasan di bawah ini.

Cara Membuang Udara dalam Pipa AirCara Membuang Udara dalam Pipa Air

Alangkah baiknya, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengecek kondisi saluran air atau toren air. Hal ini untuk memastikan bahwa kendala yang ada memang terjadi pada penyumbatan udara pada saluran air.

Untuk menghindari masalah terhadap toren air, sebaiknya Anda menggunakan toren air yang memiliki kualitas yang baik dan bersertifikat halal seperti tandon air AUTO DRAIN yang terbukti kualitasnya. Tandon air auto drain terbuat dari bahan HDPE yang terbukti kuat dan tahan lama untuk menampung air yang bersih.

Jika sudah Anda pastikan bahwa terjadi masalah pada penyumbatan saluran air maka ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah cara efektif untuk membuang udara dalam pipa air yang menghambat aliran di dalamnya dengan mudah:

Artikel terkait :  Apakah Itu Manometer? Berikut Ini Penjelasan Fungsi Alatnya! 

Cara Membuang Udara dalam Pipa Air dengan Mendorong menggunakan Air

Anda dapat mendorong udara dalam pipa air yang terjebak di dalamnya dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Mengidentifikasi Titik Buang Udara dari Titik Tertinggi hingga Terendah.

Carilah titik-titik tertinggi dalam sistem pipa air yang terinstal pada perumahan Anda, seperti fitting atau keran di atas toren air atau area udara yang tersumbat (terperangkap). Biasanya, udara sering terjadi pada bagian atas pipa atau keran di titik paling tertinggi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan terjadi pada titik bagian tengah atau bawah. Anda dapat memeriksanya terlebih dahulu.

2. Turn Off seluruh Pasokan Air yang Ada Pada Sistem Saluran Air Anda.

Pastikanlah terlebih dahulu untuk mematikan seluruh pasokan air ke sistem pipa supaya tidak ada lagi air yang sedang mengalir saat Anda melakukan proses pengeluaran udara. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengeluaran udara dalam pipa air.

3. Membuka Keran atau Fitting yang Ada pada Sistem Saluran Pipa.

Bukalah keran di titik yang telah Anda temukan di awal tadi sebagai titik buang udara. Pastikan air tidak sedang mengalir dan bukalah secara perlahan.

4. Biarkan Udara Keluar ke Titik Buang Udara yang Sudah Anda Tentukan.

Biarkan keran air terbuka hingga udara keluar dari pipa secara otomatis. Jangan kaget apabila Anda mendengar bunyi desis yang keluar dari pipa air. Sebab, suara tersebut wajar dan berasal dari udara yang telah keluar.

5. Memeriksa Air Kembali yang Mengalir.

Kemudian, air dalam saluran pipa akan mulai mengalir dengan lancar melalui keran yang telah Anda buka tadi. Perhatikan keran apabila masih terdapat udara yang terperangkap, kemungkinan air tidak mengalir secara normal (tersendat-sendat) atau terdapat suara desis dari gelembung udara yang keluar.

Artikel terkait :  7 Rekomendasi Obat Pengurai Septic Tank Yang Aman

6. Menutup Keran Air Kembali secara Perlahan.

Setelah beberapa saat dan Anda telah memastikan bahwa air telah mengalir dengan lancar serta tidak ada lagi suara desis dari gelembung udara, maka tutuplah keran air secara perlahan.

7. Membuka Pasokan Air yang Telah ditutup.

Membuka kembali pasokan air ke sistem saluran pipa dan periksa semua saluran sistem pipa, apakah seluruh air mengalir secara normal. Apabila tidak, lakukan ulang langkah pertama

8. Jika Anda telah memastikan seluruh aliran air mengalir secara normal, maka udara telah terbuang secara keseluruhan.

Cara Membuang Udara dalam Pipa Air Menggunakan Alat Pendorong Udara

Anda juga dapat menggunakan alat pendorong udara untuk menunjang dan mempermudah pembuangan udara yang tersumbat dalam saluran pipa. Anda dapat menggunakan salah satu alat pendorong udara manual atau otomatis. Adapun langkah yang dapat Anda lakukan ialah sebagai berikut:

  1. Persiapkan alat pendorong udara (Anda dapat menggunakan alat yang otomatis atau manual).
  2. Carilah titik pelepasan udara yang akan keluar nantinya.
  3. Matikan seluruh pasokan air dari sistem pipa air.
  4. Kemudian sambungkan alat pendorong udara ke dalam titik yang telah Anda identifikasi tadi.
  5. Buka tempat pelepasan udara.
  6. Periksalah air yang keluar apakah sudah mulai mengalir normal atau lancar. Jika sudah, Anda dapat melanjutkan proses selanjutnya.
  7. Setelah udara benar-benar hilang dan keluar serta air mengalir normal, tutup keran pelepasan udara.
  8. Bukalah pasokan air, dan pastikan seluruh air mengalir secara normal di setiap sudut keran.

Membobol Pipa Air dan Memperbaikinya

Apabila udara tetap tidak keluar dengan cara mendorongnya menggunakan air dan alat pendorong udara, Anda dapat menggunakan cara dengan mmebobol pipa. Pasalnya, masalah penyumbatan udara terjadi pada bagian atas pipa. Anda dapat membobol bagian tersebut hingga udara keluar.

Artikel terkait :  Peralatan Minimum Untuk Menjadi Tukang Pembersih Tandon

Jika sudah, Anda dapat memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru.

Memasang ARV (Air Release Valve)

Apabila Anda memiliki saluran pipa air yang berukuran sangat panjang hingga melewati beberapa permukaan yang tak lazim (tidak datar), kemungkinan besar gelembung udara ada di beberapa titik saluran pipa.

Sehingga untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat measang sebuah ARV (Air Release Valve) untuk mengeluarkan udara yang tersumbat dengan titik yang tepat sasaran.

ARV sendiri merupakan sebuah katup yang digunakan sebagai pipa ventilasi di wilayah udara tersumbat. Ia akan bekerja secara otomatis untuk membuang udara pada saluran pipa.

Gunakan Produk Tandon Air yang Menggunakan Pipa Air Berkualitas

Untuk menghindari terjadinya penyumbatan udara pada pipa air, sebaiknya Anda menggunakan pipa air berjenis stainless steel 304 BA yang terdapat pada Tandon Air Auto Drain. Keunggulannya, Tandon Air Auto Drain telah bersertifikat:

  • FDA (Food Drugs Administration of United States of America),
  • Halal (Sertifikasi MUI Halal),
  • dan Rekor MUI.

Akhir Kata

Kesimpulannya, terdapat beberapa cara membuang udara dalam pipa air yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah udara yang tersumbat, baik menggunakan air, alat pendorong udara, ARV, dan pembobolan. Anda dapat melakukan salah satu cara yang menurut Anda efektif untuk menghindari permasalahan udara yang tersumbat.

Akan tetapi, jika masalah Anda terdapat pada tandon air yang tersumbat, sudah waktunya Anda untuk mengganti dengan tandon air yang berkualitas menggunakan TANDON AIR AUTO DRAIN BEBAS KURAS NO #1 DI INDONESIA yang sudah terbukti kualitasnya dan bergaransi.

TANDON AIR AUTO DRAIN terbuat dari bahan HDPE yang kuat dan tahan lama sehingga kuat dan mampu menyimpan air bersih tanpa hambatan udara tersumbat karena terdapat fitur ventilasi udara.