Rekomendasi Atap Plastik Datar

Rekomendasi Atap Datar Terbaik
Atap rumah kini banyak yang beralih menggunakan atap plastik. Meninggalkan atap asbes maupun atap  beton cor. Berikut rekomendasi atap plastik datar yang dapat anda bandingkan dengan tipe atap lainnya.
Atap gelombang memang sudah lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia, daripada atap datar. Penggunaannya memang berbeda antara atap gelombang dengan atap datar.
Khusus atap gelombang dapat di aplikasikan pada semua bangunan seperti atap rumah, atap teras. Atap Datar plastik tentu lebih estetik bila digunakan pada teras rumah, garasi, green house dan lain-lain.
Apapun model dan jenisnya, atap memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu menahan Panas dan hujan.

Fungsi Atap

Paling utama sebagai pelindung dari hujan dan panas. Fungsi lain adalah sebagai pelindung dari  debu dan  angin . Sehingga sesuatu yang terlindungi atap, tidak akan mudah rusak. Karena perubahan cuaca, dapat mempercepat kerusakan benda apapun.
Khusus atap plastik transparan dapat memiliki fungsi untuk meneruskan cahaya sinar matahari dan mereduksi panas.  Sehingga menghemat penggunaan listrik pada siang hari.
Setiap jenis atap memiliki kelebihan tersendiri, harus menyesuaikan dengan penggunaan. Sehingga fungsi atap yang anda beli lebih optimal sesuai tujuan awal peruntukannya.

Keunggulan Atap Plastik

Sebagi contoh untuk atap plastik, memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh atap seng atau atap dari tanah liat (genting).  Berikut keunggulan atap plastik :

Meredam Bising Saat Hujan

Tetesan air hujan yang jatuh pada atap plastik tidak menimbulkan suara bising. Bila dibandingkan dengan atap seng atau galvalum. Suara gemuruh hujan dapat diredam dengan baik, sehingga ruangan tidak bising atau berisik.

Ringan dan Kuat

Atap plastik  lebih ringan dibandingkan dengan atap beton, seng atau galvalum. Sehingga memudahkan untuk pemasangan. Kualitas atap plastik juga kuat untuk jangka panjang, tidak mudah pecah.

Mudah Perawatan

Perawatan yang mudah ketika terjadi kebocoran, sangat mudah untuk mendeteksi titik bocor.  Banyak dijual lem plastik untuk memperbaiki kebocoran yang ada.

Multi Guna

Atap plastik juga multi guna, dapat digunakan sebagai pagar pembatas, pelindung tampias hujan. Juga dapat bersifat portable untuk atap bangunan sementara.

Menyerap Cahaya

Atap plastik transparan  dapat menyerap cahaya dengan baik. Mengurangi penggunaan listrik disiang hari.  Rumah yang sehat adalah cukup cahaya dan ventilasi udara.

Model Atap Plastik

 Atap plastik memiliki 2 jenis model, yaitu gelombang dan datar. Jenis atap gelombang juga terdiri dari berbagai macam, ada gelombang besar, kecil dan gelombang datar.

Atap Plastik Gelombang

Tersedia banyak pilihan warna.  Anda bebas memilih warna yang lebih estetik, sesuai kesukaan. Tidak perlu mengeluarkan biaya pengecatan atap. Tersedia juga atap gelombang transparan atau atap plastik bening.

Atap Plastik Datar

Banyak orang belum menggunakan tipe atap datar dari plastik.  Padahal memiliki keunggulan yang berbeda dari pada model gelombang.  Untuk atap datar plastik lebih banyak yang berwarna transparan atau bening dari pada yang warna-warni.

Keunggulan Atap Datar

Keunggulan Atap Datar plastik

Perbedaan atap gelombang dan datar selain bentuk juga keunggulan, diantaranya adalah :
  • Mengalirkan air Lebih Lancar
  • Minim Kebocoran
  • Meredam Suara Bising Lebih Sempurna
Bentuknya yang rata tanpa ada lekukan sehingga birunya langit bisa langsung terlihat. Seperti tanpa atap, yang melindungi. Lebih panoramic.

Rekomendasi Atap plastik Datar

Harga atap datar bervariasi tergantung dari bahan baku yang digunakan. Sehingga kalau mau membandingkan harga harus dari bahan yang sama. Berikut beberapa rekomendasi atap plastik datar yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda
  • Acrylic
  • Polycarbonate
  • Fiber
  • PVC
  • PET

Acrylic

Atap transparan acrylic merupakan material plastik yang seperti kaca.  Tingkat kejernihan optic dan karakter kaku, persis seperti kaca. Lebih tahan benturan dari pada kaca.
Bahan acrylic sebenarnya dari polimer sintetis  yang berasal dari meti metakrilat. Bersifat thermoplastic, maksudnya dapat mencair saat dipanaskan pada suhu tertentu. Untuk diolah dalam bentuk tertentu
Sehingga atap datar plastik dari acrylic akan dikira, ini adalah kaca. Sehingga rekomendasi pertama adalah atap plastik datar dari bahan acrylic. Harga mahal, kualitas baik,  sebening kaca.

Polycarbonate

Atap transparan polycarbonate lebih kaya warna dari acrylic. Dari bahan polimer sintetis yang bersifat thermoplastic. Pilihan warna atap polycarbonate adalah: Hijau, biru. merah, kuning, abu-abu dan transparan atau bening
Atap datar polycarbonate lebih tebal dari acrylic, tahan terhadap benturan benda2 asing . Sehingga tidak mudah bocor dan  retak. Harga lebih murah dari acrylic dengan kualitas yang hampir sebanding.

PVC

Atap plastik PVC model datar  lebih beragam warna. Tahan UV dan warna tidak mudah pudar. Beberapa warna atap PVC adalah biru, putih, hijau, kuning, biru langit, cokelat.  Bahkan motif warna lebih variatif, seperti motif kayu, motif laut atau motif batu.
Tersedia juga PVC transparan yang tembus cahaya matahari. Memiliki kemampuan meredam panas dengan baik. Cahaya masuk, panasnya tidak 100% masuk dalam ruangan.
Atap plastik PVC datar bahan tebal, kaku, dan kuat, tidak mudah retak. Tidak tahan api, harga dibawah acrylic.

Fiberglass

Merupakan serat kaca yang dicampur dengan resin. Menghasilkan atap yang kaku dan kokoh. Bisa dilakukan pengecatan bila menghendaki ganti warna. Lebih estetik. Bahan fiber tentu berbeda dengan plastik. Tetapi atap datar fiber transparan juga tersedia.
Atap fiber adalah pilihan harga murah, yang tetap kokoh tahan lama. Perawatan mudah, bebas ganti warna dengan lakukan pengecatan.

PET

Plastik PET polyethylene Terephthalate yang banyak digunakan sebagai botol plastik.  Plastik PET merupakan jenis thermoplastic yang paling banyak diproses daur ulang. Artinya hali ini penting sebagai menjaga kelestarian lingkungan. Sebab  botolplastik, baru dapat terurai hingga 100 tahun.
Atap plastik PET model datar,  merupakan wujud dari go green. Yang mendaur ulang sampah botol plastik dengan produk lain yang lebih bermanfaat.
Bersifat lentur dan tidak mudah pecah, lebih ringan dan ramah lingkungan. Harga paling murah, dengan kualitas yang baik. Salah satunya adalah produk Grand Roof atap plastik gelombang bebas racun.

Aplikasi Atap Datar Plastik

Untuk atap datar dapat diaplikasikan berbagai penggunaan. Atap transparan sebagai atap kanopi, atap jemuran, cafe, car port, atap green house dan lain-lain.
Untuk atap yang berwarna dapat digunakan segala macam atap, rumah, warung, teras, pelindung tampias, pagar dan lain-lain.
Masih banyak lagi penggunaan atap datar, tidak hanya sekedar sebagai atap, tetapi juga sebagai partisi, pagar pembatas, atau dinding bangunan portable (sementara). Selain tahan cuaca juga ringan dibawa kemanapun.

Kesimpulan

Atap datar plastik memiliki keunggulan terpisah dari modem gelombang. Selain fungsi utama sebagai pelindung dari panas dan hujan, tetapi memiliki keunggulan yang tahan terhadap cuaca yang awet untuk jangka panjang.
Banyak jenis atap datar yang dapat anda pilih, warna transparan atau yang warna-warni. menyesuaikan kebutuhan. Dari beberapa rekomendasi atap datar plastik yang kami ulas, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk bagikan ke teman. Bila membutuhkan atap plastik gelombang silahkan kunjungi toko online kami.
Artikel terkait :  Jual Tandon Air Surabaya Gratis Ongkir