Ketahui Perbedaan Tangki Septik Konvensional dan Biofilter

Ketahui Perbedaan Tangki Septik Konvensional dan Biofilter

Terdapat perbedaan tangki septic konvensional dan biofilter yang signifikan. Dari segi cara kerja dan keuntungan yang akan pengguna dapatkan.

Beberapa masyarakat mungkin masih menggunakan tangki septic konvensional karena belum mengetahui tangki septic biofilter yang lebih modern.

Tangki septic biofilter yang lebih modern ini mampu memproses limbah kotoran sedemikian rupa hingga menjadi jernih.

Tentu, teknologi baru ini akan membuat kesehatan pengguna lebih terjaga.

Penasaran dengan perbadaan yang menonjol antara Septic Tank konvensional dan biofilter? Scroll-down terus yuk sampai tuntas untuk mengetahui penjelasan rincinya.

Perbedaan Tangki Septik / Septic Tank Konvensional dan Biofilter

Perbedaan Tangki Septik Konvensional dan Biofilter

BAB merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap manusia. Apabila manusia tidak bisa BAB, tentu ini akan menyebabkan suatu penyakit.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah tempat pembuangan BAB. Anda harus memilih Septic Tank yang tepat untuk membuat proses pembuangan limbah lebih baik dan sesuai dengan konsep Go Green di masyarakat.

Apabila tempat pembuangan limbah Anda bersih, pastinya Anda akan merasa nyaman, bukan?

Nah, sebelum memilih antara Septic Tank konvensional dan biofilter, Anda perlu mengetahui perbedaan yang menonjol antara kedua ini.

Berikut ini adalah perbedaan tangki septic konvensional dan biofilter dari segala sisi:

1. Dari Segi Material

Umumnya, Septic Tank / tangki septic konvensional sudah menjadi solusi pembuangan limbah kotoran sejak lama. Material yang digunakan biasanya terbuat dari batu bata dan semen yang merupakan sekat-sekat di dalam tanah.

Artikel terkait :  Kok Bisa Air Sumur Bau Comberan? Ini Info Selengkapnya!

Septic Tank konvensional dibuat oleh tukang bangunan, kualitasnya pun tergantung dari seberapa pintar tukang tersebut membuat tangki septic dengan benar.

Berbeda dengan tangki septic/ Septic Tank biofilter, yang merupakan terobosan baru dan modern. Septic Tank Biofilter terbuat dari bahan thermoplastik yang diklaim bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Salah satu jenis thermoplastik yang baik untuk bahan Septic Tank adalah HDPE (High Density Polyethylene). Septic Tank Grand telah mengadopsi material HDPE 100%, yang terkenal akan Bioball Technology yang membuat kotoran anti nempel dan minim buntu.

Tidak hanya itu, Septic Tank Grand juga dilengkapi dengan sistem Filtrasi Multi Stage yang membuat endapan lumpur lebih sedikit dibandingkan dengan Septic Tank konvensional.

2. Dari Segi Karakteristik Terhadap Lingkungan

Dampak Septic Tank konvensional terhadap lingkungan bisa saja mencemari tanah di sekitarnya. Oleh karena terbuat dari bata bata dan semen, seringkali Septic Tank ini mengalami kebocoran dan membuat kualitas tanah berkurang.

Biasanya kebocoran terjadi karena pembuatannya yang kurang hati-hati dan tidak apik. Inilah alasan mengapa kebanyakan tukang bangunan membuat Septic Tank konvensional harus jauh dari sumber air, biasanya harus lebih dari 10 meter.

Sementara itu, Septic Tank biofilter yang telah dirancang modern dengan berbagai filter dan ruang di dalamnya lebih ramah terhadap lingkungan. Ia justru akan memberikan dampak yang positif terhadap kualitas tanah di sekitarnya.

Sistem filtrasi yang terdapat pada sepic tank biofilter akan mengurai limbah menjadi cair. Kemudian air bersih yang telah mengalami proses penyaringan tersebut dibuang dengan aman.

Hal inilah yang membuat Septic Tank biofilter aman dan tidak akan mencemari lingkugan sekitar.

Proses dari Septic Tank bio membuat air tidak berbau menyengat, layaknya limbah kotoran, bahkan meskipun telah digunakan sehari-hari.

Artikel terkait :  Cara Pemasangan Bio Septic Tank Agar WC Anti Mampet

3. Dari Segi Proses Instalasi

Jika dilihat dari proses instalasinya, tentu Septic Tank Biofilter lebih cepat dibandingkan dengan Septic Tank konvensional.

Jika Septic Tank konvensional harus dilakukan pemasangan dan pembuatan dari awal hingga menunggu sampai jadi. Oleh karena material yang digunakan adalah batu bata dan semen, Anda harus menunggu hingga kering baru bisa digunakan.

Pada Septic Tank biofilter, Anda tinggal pasang saja, tidak perlu repot untuk membuat dari awal. Tentu, ini bisa mengefisiensi waktu dan membuat pembuangan limbah kotoran lebih cepat. Pastinya, Anda bisa pakai setelah pemasangan selesai.

Cara Instalasi Septic Tank Biofilter 

Berikut langkahnya:

  1. Buat lubang galian, dengan lebar dan tingginya dilebihkan 50 cm dari ukuran septic tank GRAND.
  2. Pada dasar lubang, beri pasir yang dipadatkan setebal 10 cm.
  3. Pastikan permukaan rata dan tidak ada benjolan / tekanan yang mampu merusak septic tank GRAND.
  4. Pada lubang inlet dan outlet sambungkan dengan pipa saluran masuk dan keluar dari toilet.
  5. Timbun sekeliling septic tank dengan tanah atau pasir.
  6. Lalu isi dengan air pada septic tank hingga air keluar dari pipa outlet, untuk menguji tidak ada kebocoran.

Cara pembuatan tangki septic konvensional dapat Anda lihat pada artikel Bagaimana Cara Membuat Septic Tank Sendiri di Rumah? untuk informasi lengkapnya dan tata cara pembuatan detail.

Pembuatan konvensional bisa memakan waktu yang lama, dan proses pembuatannya yang sangat rumit, sehingga tidak dianjurkan jika Anda tidak memiliki informasi profesional yang memiliki pengalaman profesional untuk pembuatannya.

Septic Tank / Tangki Septik Biofilter Terbaik

Jika Anda membutuhkan tangki septic biofilter yang merupakan teknologi pembuangan limbah kotoran modern dengan sistem filtrasi, Anda bisa menggunakan Septic Tank Grand. Tersedia 2 ukuran yakni ukuran 1000 liter dan 500 liter.

Adapun kelebihan dari Septic Tank Grand adalah sebagai berikut:

  • Terdapat Filtrasi Multi Stage yang merupakan sistem filtrasi berkali-kali sehingga menghasilkan endapan lumpur yang jauh lebih sedikit.
  • Material yang digunakan adalah HDPE 100% sehingga tidak mudah rusak dan awet hingga bertahun-tahun.
  • Didesain kuat dan tidak akan retak terhadap tekanan & pergerakan tanah.
  • Dual Faced Bioball, Anti Nempel, Minim Buntu. Patent Bioball: S00202005922
  • Anti retak & anti korosi

Kami menawarkan penjualan Septic Tank Biofilter bergaransi yang memiliki keunggulan filtrasi lebih baik dibandingkan dengan merk lain.

Untuk pertanyaan lebih lanjut dan informasi tentang produk-produk toren air GRAND, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan kami melalui aplikasi WhatsApp yang dapat diakses melalui perangkat gadget Anda.

Penutup

Itulah perbedaan tangki septic / Septic Tank konvensional dan biofilter yang perlu Anda ketahui untuk mempertimbangkan pemilihan Septic Tank. Jika dilihat dari segala faktor, tentu Septic Tank biofilter lebih baik daripada Septic Tank konvensional.

Anda bisa menggunakan tangki septic biofilter Grand untuk mendapatkan kualitas terbaik.