Mengapa Banyak Daerah Yang Kekurangan Air Bersih? Ini Jawabannya!

Mengapa Banyak Daerah Yang Kekurangan Air Bersih? Ini Jawabannya!

Mengapa Banyak Daerah Yang Kekurangan Air Bersih – Kalau anda semua berada di wilayah yang air bersihnya melimpah, anda patut untuk bersyukur. Karena tidak semua daerah teralirkan air yang bersih. Pasalnya juga air menjadi kebutuhan penting yang tidak bisa disepelekan lagi.

Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa banyak daerah yang kekurangan air bersih? Kali ini, anda bisa mendapatkan jawabannya melalui pembahasan artikel berikut ini!

Kondisi Geologi Pada Suatu Daerah

Ketersediaan air yang bersih pada suatu daerah bisa dipengaruhi oleh kondisi geologinya. Hal ini karena batuan dari tanah mempunyai fungsi untuk menampung air. Kalau curah hujan di suatu daerah rendah, seperti contohnya yang sedang terjadi di Indonesia ini, maka air yang keluar dari tanah sekaligus menjadi salah satu sumber mata air juga rendah.

Oleh karena itu, hal ini bisa menyebabkan suatu daerah bisa mengalami kekeringan. Kondisi geologi yang terjadi pada suatu daerah bisa mengontrol adanya air tanah.

Adanya Pencemaran Air

Banyak daerah yang persediaan air bersihnya berkurang karena adanya pencemaran. Berbagai zat-zat polutan atau bahan-bahan tertentu yang dapat mencemari lingkungan bisa menyebabkan perubahan dan penurunan pada lingkungan. Sehingga secara tidak langsung bisa mencemari air yang ada di sekitarnya.

Artikel terkait :  Rekomendasi Ukuran Toren Air Diatas Dan Ditanam

Penurunan kualitas air dari sumber-sumber seperti air dari tanah, danau, sungai maupun laut dapat diakibatkan karena pemakaian racun ketika akan menamgkap ikan, terdapat partikel tanah yang bercampur dalam air (biasanya dapat terjadi karena erosi), serta membuang limbah secara sembarangan tanpa melalui proses terlebih dahulu.

Infrastruktur Air Yang Kurang Memadai

Terkadang banyak daerah yang kekurangan air bersih karena infrastruktur airnya yang masih kurang memadai. Oleh karena itu perlu dukungan dana dan sumber daya untuk membangun infrasturktur yang memadai. Perlu pembangunan dan pembuatan saluran irigasi untuk pendistribusian air, pembangunan sumur atau waduk, maupun penyimpanan air bersih yang baik dan berkualitas.

Dampak Kemarau Panjang El Nino

Di negara kita sendiri yaitu Indonesia, nyatanya banyak daerah yang masih kekurangan air bersih lho! Seperti yang diketahui beberapa daerah di Indonesia ini mulai dilanda oleh kekeringan. Hal ini seiring dengan negara Indonesia yang memasuki musim kemarau, prediksinya lebih kering daripada biasanya karena ada dampak dari El Nino.

 

Mengapa Banyak Daerah Yang Kekurangan Air Bersih? Ini Jawabannya!
Mengapa Banyak Daerah Yang Kekurangan Air Bersih? Ini Jawabannya!

Daerah Di Indonesia Yang Terdampak

Beberapa warga yang tinggal di daerah Bogor, Jawa Barat dan daerah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat misalnya, mulai kesulitan untuk mendapat air bersih dikarenakan mengalami penurunan curah hujan. Sumur milik warga pun banyak yang kering karena selama 3 minggu terakhir nyaris tidak ada hujan.

Di Bogor sendiri, warga banyak mengeluhkan sumber air sumur mereka mulai kering karena tidak ada hujan. Hal ini juga menyebabkan banyak desa yang terdampak dari kekeringan ini.

Mengapa Kekurangan Air Bersih Perlu Diatasi?

Jika air bersih tidak tersedia dengan aman, maka bisa memberikan dampak negatif pada banyak hal. Yang pertama, jika masyarakat sering mengonsumsi air yang sudah tercemar maka bisa menyebabkan berbagai macam penyakit datang seperti Diare, Kolera, dan lainnya. Namun sebaliknya, jika kurang minum air bersih bisa menyebabkan dehidrasi, kerusakan organ dalam, bahkan yang lebih parah adalah kematian.

Artikel terkait :  10 Rekomendasi Sensor Tandon Air Otomatis

Imbasnya Pada Kegiatan Pertanian Dan Industri

Pada kegiatan pertanian yang bisa menjadi tumpu perekonomian bagi masyarakat, kurangnya air bersih bisa mengganggu produksi makanan yang berimbas pada peningkatan harga pangan. Hal ini juga berdampak pada ketahanan pangan pada suatu daerah tersebut. Pada bidang industri, kekurangan air bisa menghambat kegiatan industri dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Pada Ekosistem Alam Dan Perekonomian Suatu Wilayah

Air yang bersih juga penting untuk berbagai ekosistem baik daratan maupun perairan. Kalau air bersih yang tersedia kurang maka bisa berdampak pada ekosistem. Akibatnya bisa mengancam keberlanjutan kehidupan spesies-spesies yang bergantung pada air bersih. Kurangnya air bersih yang tersedia juga bisa menghambat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan pada suatu wilayah.

Solusi Agar Tidak Kekurangan Air Bersih

Tentunya ada berbagai solusi yang ditawarkan agar anda semua maupun masyarakat yang ada pada suatu daerah tidak kekurangan air bersih. Anda bisa mulai dengan kebiasaan menghemat air dalam kehidupan sehari-hari seperti segera memperbaiki kalau ada keran yang bocor dan mengurangi membuang air pada saat mandi.

Kerjasama Antara Pemerintah Dan Lembaga Terkait

Tentunya pemerintah dan lembaga juga perlu bersinergi bersama dalam mengembangkan kebijakan tentang sumber air yang berkelanjutan seperti pengawasan yang ketat pada penggunaan air. Selain itu perlu pengolahan dan penyaringan air yang efektif guna menyediakan air bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Menggunakan Tangki Air Yang Berkualitas

Tidak hanya pemerintah dan lembaga terkait saja, untuk masyarakat sendiri perlu bersinergi bersama untuk mengatasi kekurangan air bersih pada banyak daerah. Yang bisa dilakukan agar sumber air bersih cadangan dapat tersedia yaitu solusinya dengan menggunakan tangki air berkualitas dari Grand Luxe!
Mengapa Banyak Daerah Yang Kekurangan Air Bersih? Ini Jawabannya!
Mengapa Banyak Daerah Yang Kekurangan Air Bersih? Ini Jawabannya!

Keunggulan Dari Tangki Air Yang Berkualitas

Tangki air Grand Luxe ini merupakan tangki yang berkualitas. Terbuat dari bahan HDPE 100% tanpa sambungan bahan apapun, menjadikannya tidak mudah pecah ataupun retak. Tangki air yang satu ini juga kokoh dan tahan lama, namun tetap elastis sehingga bisa menyimpan air bersih dari berbagai sumber dengan aman.
Jika membeli tangki air Grand Luxe ini, sudah dilengkapi dengan pelampung otomatis yang sudah ada filternya. Sehingga air yang masuk ke dalam tangki lebih bersih dan terjaga kualitas kemurniannya!

Penutup

Jadi, sekian dulu artikel mengenai “Mengapa Banyak Daerah Yang Kekurangan Air Bersih”. Semoga artikel ini bisa membantu anda semua dalam mengantisipasi jika terjadi kekurangan air bersih. Maka dari itu, perlu menggunakan tangki air berkualitas seperti tangki air Grand Luxe ini untuk membantu dalam menyediakan cadangan air bersih anda!