Faktor Faktor Apa Yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang? Simak Penjelasannya!

Faktor Faktor Apa Yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang

Faktor Faktor Apa Yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang – Karena air menjadi kebutuhan utama untuk keberlangsungan hidup manusia maupun makhluk hidup lainnya, maka perlu mengonsumsi dan menggunakan air bersih setiap harinya. Air bersih dapat digunakan untuk minum maupun untuk membuat makanan.

Namun, apa jadinya jika air bersih yang tersedia berkurang? Lalu faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang? Untuk lebih jelasnya bisa simak terus artikel berikut ini!

 

Dari Mana Saja Bisa Mendapatkan Air Bersih?

Anda bisa mendapatkan air bersih dari berbagai sumber. Selain itu juga bisa memilih sumbaer mata air yang alami maupun yang sudah melalui proses pengolahan. Anda bisa mendapatkannya melalui beberapa sumber sebagai berikut:

Sumur (Air Tanah)

Sumber air bersih yang pertama yaitu air tanah yang letaknya berada di bawah permukaan tanah. Air ini bisa didapatkan melalui sumur yang di bor atau di gali. Air dari sumur atau dari tanah ini cukup bersih dan biasanya terhindar dari polusi.

Sungai, Danau, Waduk (Air Permukaan)

Air yang berasal dari sungai, danau, maupun waduk juga bisa dipakai sebagai sumber untuk mendapatkan air bersih. Namun, air yang berasal dari sumber ini perlu pengolahan lebih lanjut dikarenakan adanya kemungkinan terpapar limbah tertentu. Pengolahan air melalui proses penyaringan dan pemurnian.

Air Hujan

Air dari hujan merupakan salah satu sumber mata air yang bersih. Anda bisa mengumpulkan air hujan dari atap bangunan dengan bantuan penampungan atau tempat. Air hujan pada umumnya cukup bersih dan bisa dipakai untuk berbagai macam kebutuhan seperti mencuci kendaraan atau menyiram tanaman.

Sumber Mata Air Alami

Air dari sumber yang satu ini muncul dari dalam tanah. Air yang berasal dari sumber mata air alami pada umumnya bersih, sehingga terkadang tidak perlu proses pengolahan tambahan.

Proses Desalinasi

Jika anda berada di daerah pantai, maka air asin yang berasal dari laut bisa diubah menjadi air tawar melalui proses desalinasi ini. Meskipun sumber mata bersih ini penting terutama bagi yang berada di wilayah yang susah untuk mendapatkan air tawar, namun pada proses desalinasi ini perlu teknologi yang canggih dan biaya yang sangat tinggi.

Air Salju

Untuk yang tinggal di wilayah atau negara dengan empat musim, terutama yang ada iklim dinginnya, air salju yang meleleh dan air sungai yang membeku bisa digunakan sebagai sumber air. Namun, tetap perlu proses pemurnian karena terkadang tercampur dengan kotoran dan debu.

Air Kemasan

Air yang sudah dikemasi dalam botol atau gelas plastik, dan dijual pada toko-toko. Air kemasan merupakan sumber air bersih yang praktis. Akan tetapi perlu anda perhatikan bahwa air kemasan juga bisa berdampak buruk pada lingkungan jika tidak di daur ulang dengan baik.

Air Keran Kota

Untuk wilayah perkotaan, air keran pada umumnya disediakan oleh layanan atau lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah. Biasanya air ini melalui proses pengolahan dan pemurnian yang ketat. Sehingga biasanya bisa digunakan oleh masyarakat perkotaan untuk berbagai keperluan.
Faktor Faktor Apa Yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang? Simak Penjelasannya!

Faktor Faktor Apa Yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang?

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan pasokan atau cadangan air berkurang. Dengan mengetahui berbagai faktornya, anda semua diharapkan bisa mengantisipasi jika persediaan air mulai berkurang.

Artikel terkait :  Pentingnya Barrier Pembatas Jalan Beserta Pengertiannya

Perubahan Iklim

Akibat dari pemanasan global, secara tidak langsung mengubah siklus hujan dan salju. Hal ini berdampak pada penurunan curah hujan, periode kemarau panjang, dan meningkatnya cuaca ekstrim. Dengan keadaan tersebut bisa mengurangi cadangan air dalam bentuk hujan dan mengurangi pasokan air pada sungai dan danau.

Penggundulan Hutan Besar-Besaran

Hutan yang digunduli secara besar-besaran bisa mengganggu siklus alami pada air. Hutan memiliki peran untuk menjaga udara tetap lembab, mengurangi erosi pada tanah, dan pengatur aliran sungai. Sehingga air hujan langsung mengalir langsung ke sungai tanpa meresap ke dalam tanah, bisa menyebabkan kekeringan pada beberapa wilayah.

Pencemaran Air

Air yang tercemar oleh limbah dari industri atau pertanian bisa mengurangi kualitas air dan membuatnya jadi tidak layak untuk dikonsumsi. Sehingga bisa mengurangi pasokan air yang tersedia.

Kegiatan Pertambangan

Wilayah yang digunakan untuk pertambangan terbuka, menjadikan air tanah mudah tercemar dengan logam berat dan bahan kimia yang berbahaya. Hal ini bisa merusak kualitas dari air bersih.

Pertumbuhan Populasi Yang Membludak

Kecepatan pertumbuhan penduduk bisa meningkatkan permintaan akan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini bisa menyebabkan konsumsi air bersih secara berlebihan.

Eksploitasi Berlebihan Sumber Air Bawah Tanah

Air pada tanah seringkali dieskploitasi secara berlebihan untuk kegiatan pertanian dan industri. Hal ini menjadikan adanya penurunan ketersediaan air tanah yang dapat mengurangi pasokan air bersih pada daerah-daerah yang bergantung pada sumber tersebut.

Penggunaan Air Untuk Energi Besar

Pembangkit listrik tenaga air yang mengandalkan air sebagai penghasil energinya bisa mempengaruhi aliran pada sungai dan menyebabkan ekosistem air yang tidak seimbang.

 

Wadah Untuk Menyimpan Cadangan Air

Untuk mengatasi persediaan air yang mulai berkurang, solusinya dengan memiliki wadah menyimpan cadangan air yaitu tangki air GRAND Luxe. Tangki dengan merek GRAND ini tersedia berbagai kapasitas dan ukuran yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan penyimpanan air pada rumah atau bangunan anda.

Artikel terkait :  Hanya di Grand! Dapatkan Free Ongkir Floating Dock

 

Faktor Faktor Apa Yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang? Simak Penjelasannya!

Tandon Air Yang Tahan Cuaca Dan Suhu

Tangki air GRAND Luxe memiliki desain yang tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim maupun suhu tinggi. Hal ini menjadikannya tidak mudah rusak dan bocor. Menjadikan tangki air dari GRAND Luxe ini tetap awet dan dapat anda pakai dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, tangki air GRAND Luxe juga sudah memiliki garansi, Jadi, anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan tangki satu ini.

 

Penutup

Jadi, cukup sekian penjelasan mengenai “Faktor Faktor Apa Yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang” pada artikel ini. Agar pasokan air tetap terlindungi dan terjaga, disarankan menggunakan tangki air GRAND Luxe ini. Semoga penjelasan ini bermanfaat selalu. Sampai jumpa pada artikel-artikel menarik berikutnya.