Apa Akibat Kekurangan Air Bersih? Ini Faktanya!

Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih – Tanpa adanya air, makhluk hidup yang ada di muka bumi ini tidak akan bisa bertahan lama untuk hidup. Maka dari itu, kehadiran air penting tidak hanya untuk manusia saja, akan tetapi untuk makhluk hidup lainnya yang sama-sama tinggal di planet Bumi.

Namun apa akibat kekurangan air bersih pada masyarakat maupun makhluk hidup? Berikut ini beberapa fakta yang terjadi jika pada suatu daerah kekurangan air bersih!

Beberapa Faktor Suatu Daerah Kekurangan Air Bersih

Jika kita sering menemui berita yang akhir-akhir ini terjadi seperti krisis air di beberapa tempat, tentunya menjadi suatu hal yang sangat disayangkan. Tapi sebenarnya, terdapat beberapa faktor yang kompleks dan beragam mengapa beberapa daerah kekurangan air bersih. Tentunya anda perlu mengetahui beberapa faktor yang bisa menyebabkan suatu daerah kekurangan air bersih, yaitu:

Sumber Air Yang Kurang

Kurangnya beberapa sumber air alami seperti sungai, danau, maupun sumber mata air lainnya bisa menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi jika daerah tersebut merupakan daerah gurun berpasir yang cenderung memiliki curah hujan rendah. Daerah seperti ini biasanya cenderung mengalami kekurangan air.

Pertumbuhan Penduduk Yang Tidak Terkontrol

Pertumbuhan populasi penduduk yang cepat bisa meningkatkan permintaan pada air bersih. Jika sumber air yang ada tidak bisa memenuhi kebutuhan penduduk yang semakin membludak, maka daerah tersebut bisa mengalami kekurangan air.

Pemakaian Air Secara Berlebihan

Penggunaan air yang berlebihan dan tidak terjaga dengan baik dapat menyebabkan penurunan cadangan air. Berbagai aktivitas seperti pengairan pada pertanian yang tidak efisien, pemakaian air pada industri besar, maupun pemakaian air untuk digunakan keluarga namun yang boros bisa menguras sumber air dengan cepat.

Apa Akibat Kekurangan Air Bersih? Ini Faktanya!

Polusi Air

Polusi pada air bisa disebabkan oleh banyak hal seperti air yang tercemar limbah industri maupun pertanian. Hal ini membuat air menjadi tidak layak untuk dikonsumsi maupun dipakai secara langsung. Hal ini bisa menyebabkan kekurangan air bersih apabila air yang tersedia perlu diolah terlebih dahulu.

Perubahan Cuaca

Perubahan pada cuaca bisa mempengaruhi hujan dan meningkatkan kekeringan di beberapa daerah. Musim hujan yang tidak teratur pada beberapa daerah bisa mengganggu pasokan air secara alami.

Penggundulan Hutan

Siklus air bisa terganggu akibat adanya deforisasi. Karena hutan memiliki peranan yang penting dalam menjaga aliran air dan penyimpanan air dalam tanah. Ketika hutan digunduli, maka menyebabkan aliran air jadi tidak stabil dan mengurangi cadangan air.

Kerusakan Ekosistem

Kerusakan pada ekosistem contohnya seperti pembangunan pemukiman atau proyek infrastruktur yang besar, bisa mengubah aliran air secara alami dan merusak habitat penting pada siklus air.

Pengelolaan Air Yang Buruk

Tata kelola air yang buruk termasuk kebijakan atau peraturan yang tidak efisien, kurangnya infrastruktur yang memadai, maupun praktek kegiatan pertanian yang tidak berkelanjutan bisa menyebabkan pemborosan dan pengurangan sumber daya air.

Adanya Konflik

Adanya konflik atas akses penggunaan sumber air bisa menyebabkan penurunan cadangan air bersih. Perselisihan antar negara, kelompok etnis, atau suatu komunitas bisa mempersulit peredaran air bersih.

Kemiskinan

Pada banyak daerah, kemiskinan bisa menjadi faktor yang menyebabkan akses pada air bersih terbatas. Hal ini karena suatu keluarga yang berada pada garis kemiskinan tidak memiliki akses untuk mendapatkan air bersih dan tidak mampu untuk membayar air yang dijual oleh penyedia air bersih.

Apa Akibat Kekurangan Air Bersih?

Kekurangan air bersih bisa berdampak serius pada berbagai aspek, baik kehidupan, kesehatan, ekonomi, maupun lingkungan. Inilah akibat yang terjadi jika kekurangan air bersih, yaitu:

Artikel terkait :  Cara Pemasangan Septic Tank Grand, Mudah Dan Hemat!

Kesehatan Masyarakat

Kekurangan air bersih bisa menyebabkan meningkatnya resiko penyakit seperti diare, kolera, maupun infeksi saluran pernapasan. Kondisi ini bisa menjadi penyebab utama kematian, terutama pada negara-negara berkembang. Air bersih yang kurang bisa menghambat aktivitas seperti mandi, mencuci tangan, dan memasak, yang tentunya penting untuk mencegah penyakit.

Untuk Kegiatan Pertanian Dan Ketahanan Pangan

Kegiatan pertanian memerlukan air yang cukup untuk pengairan. Kekurangan air bersih bisa mengurangi hasil panen dan mempengaruhi pasokan pangan lokal maupun global.

Kerusakan Ekosistem Perairan

Kekurangan air bisa merusak ekosistem pada perairan seperti sungai dan danau, yang menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan dan hewan air. Hal ini tentunya bisa mengganggu rantai makanan dan keberlanjutan sumber daya alam air.

Industri Dan Ekonomi

Kegiatan industri membutuhkan air pada proses produksinya seperti industri kimia atau pemrosesan makanan. Karena air bersih berkurang dapat terpaksa menghentikan produksi atau mengalami penurunan efisiensi industri karena kekurangan air. Kekurangan air juag bisa mengancam lapangan pekerjaan terutama pada sektor pertanian dan industri.

Pada Lingkungan

Air bersih yang kurang bisa mengakibatkan kematian tanaman, hewan, dan organisme pada air. Hal ini dapat mengganggu ekosistem dan berdampak jangka panjang pada keragaman yang ada pada air. Ketika air menjadi sangat langka, kualitas air yang tersedia juga bisa terganggu karena lebih banyak zat polutan yang bisa saja mengontaminasi pada air yang tersisa.

Solusi Penyimpanan Air Bersih

Agar cadangan air bersih dapat terjaga selalu, maka pakai saja tangki air dari GRAND. Tangki air GRAND ini adalah tangki yang memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu tinggi maupun cuaca ekstrim. Hal ini menjadikan tangki yang satu ini tidak mudah ditumbuhi lumut, virus, maupun mikroorganisme tertentu yang bisa mencemari air bersih yang tersimpan.

Artikel terkait :  7 Rekomendasi Tandon Air 10.000 Liter, Super Besar Untuk Industri

 

Apa Akibat Kekurangan Air Bersih? Ini Faktanya!

Penutup

Selain itu, tangki air GRAND ini juga sudah memiliki garansi. Sehingga anda dapat menggunakan tangki air GRAND untuk menyimpan air dengan aman, nyaman, bersih, dan sehat. Jadi, itulah mengenai penjelasan artikel apa akibat kekurangan air bersih. Anda bisa menyimpan air bersih dengan aman dan sesuai kebutuhan dengan tangki air GRAND ini. Sampai jumpa lagi.