Inilah Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras

Inilah Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras

Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras – Setiap orang pasti ingin air tandon di rumahnya mengalir dengan deras. Air tandon yang tidak mengalir dengan deras ini sudah menjadi masalah yang sering terjadi.

Namun, banyak dari kita yang belum mengetahui penyebabnya. Jadi, apa saja penyebabnya sebenarnya? Simak uraiannya berikut ini.

Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras

Apabila air tandon di rumah Anda tidak mengalir deras, sebenarnya hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk bisa mengatasi air tandon tidak mengalir deras maka Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.

Kekurangan Air Di Sumber Utama

Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras

Pada umumnya penyebab air tandon tidak mengalir deras adalah kekurangan air di sumber utama. Apabila Anda menggunakan air dari PDAM tapi alirannya masih kecil maka hal ini bisa diajukan kepada pengelola.

Namun, jika Anda menggunakan air dari sumur maka kecilnya aliran air bisa disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa hal ini seperti perubahan iklim, di mana peningkatan suhu dan perubahan pola hujan dapat mengakibatkan kekeringan dan kekurangan air.

Tekanan Air Rendah

Tekanan air rendah dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam penggunaan air sehari-hari dan hal tersebut bisa disebabkan oleh banyaknya penggunaan air secara bersama namun sumber air tidak mampu untuk mencukupinya.

Banyaknya Belokan Pada Instalasi Pipa Air

Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras (2)

Banyaknya belokan pada instalasi pipa air dapat mempengaruhi kinerja dan efisiensi sistem. Setiap belokan pada pipa akan memberikan hambatan terhadap aliran air. Semakin banyak belokan pada pipa, semakin tinggi pula hambatannya.

Artikel terkait :  Jual Septic Tank Purwokerto Murah Dan Gratis Ongkir

Jadi, semakin banyak belokan pada instalasi pipa dapat menyebabkan penurunan tekanan air di sepanjang pipa. Untuk solusinya, Anda bisa mencari keseimbangan antara kebutuhan teknis dan desain saat merancang instalasi pipa air.

Pipa Air Kekecilan

Pipa air yang kekecilan dapat menyebabkan penurunan tekanan air dalam pipa. Hal ini dapat berdampak pada ketersediaan air dan kinerja peralatan rumah tangga yang memerlukan tekanan air yang memadai.

Selain itu, jika pipa air terlalu kecil sementara tekanan air tinggi maka hal ini akan menyebabkan kerusakan pada pipa tersebut. Jika pipa mengalami kerusakan maka dapat mengakibatkan kebocoran bahkan pecahnya pipa.

Penyumbatan Pada Pipa

Penyumbatan pada pipa adalah suatu kondisi di mana aliran air terhambat atau bahkan terhenti sepenuhnya karena adanya endapan di dalam pipa. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan penanganannya tergantung pada penyebabnya.

Tidak Menggunakan Pompa Pendorong Air

Pompa pendorong air digunakan untuk meningkatkan aliran, terutama untuk daerah dengan sumber air yang lemah. Jadi, ketika aliran air tandon tidak deras maka menggunakan pompa pendorong air bisa menjadi salah satu solusinya.

Ukuran Pompa Air Yang Tidak Sesuai

Sebaiknya pilihlah pompa air yang sesuai dengan kebutuhan sistem. Hal ini dikarenakan pompa air yang terlalu kecil mungkin tidak efisien dalam memenuhi kebutuhan air dan semakin memperpendek umur pompa.

Sedangkan pompa air yang terlalu besar dapat menghabiskan lebih banyak energi daripada yang diperlukan dan membuat biaya operasional lebih tinggi. Selain itu, pompa yang tidak sesuai juga dapat mempersulit pemeliharaan.

Kerusakan Pada Pompa Air

Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras (3)

Kerusakan pada pompa air dapat menghambat aliran air pada tandon. Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan untuk merawat dan memelihara pompa secara berkala dan mintalah bantuan teknisi professional ketika terjadi kerusakan yang tidak bisa diatasi sendiri.

Artikel terkait :  Apakah Kaporit Dan Air Panas Bisa Menghilangkan Kerak Pipa Ledeng? Berikut Penjelasannya

Letak Tandon Kurang Tinggi

Selain penyebab yang sudah dijelaskan diatas, letak tandon sendiri juga bisa menyebabkan aliran air tidak deras. Letak tandon air yang terlalu rendah akan menghasilkan tekanan air yang lemah. Aliran pada alat-alat rumah tangga mungkin menjadi terbatas dan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan penggunaan air.

Untuk mengatasi hal tersebut bisa Anda coba untuk meningkatkannya. Belum tahu cara meningkatkannya? Simak penjelasan berikut!

Cara Meningkatkan Tekanan Air dari Tandon

Rekomendasi Tandon Air Terbaik

Rekomendasi Tandon Air Terbaik

Salah satu penyebab air tandon tidak mengalir deras adalah letak tandon yang kurang tinggi. Untuk itu, Anda bisa menggunakan tandon air Grand yang bisa ditempatkan di atas atap atau di halaman rumah sesuai kebutuhan.

Tandon air Grand terbuat dari bahan plastik HDPE dengan beragam ukuran mulai dari kapasitas 300 liter hingga 12000 liter.

Berikut ini adalah spesifikasi tandon air Grand sesuai ukuran.

  • Kapasitas 300 liter

Tinggi tangki: 930 mm
Tinggi sampai tutup: 1070 mm
Diameter: 660 mm

  • Kapasitas 600 liter

Tinggi tangki: 1020 mm
Tinggi sampai tutup: 1180 mm
Diameter: 890 mm

  • Kapasitas 700 liter

Tinggi tangki: 1150 mm
Tinggi sampai tutup: 1220 mm
Diameter: 965 mm

  • Kapasitas 900 liter

Tinggi tangki: 1500 mm
Tinggi sampai tutup: 1700 mm
Diameter: 850 mm

  • Kapasitas 1100 liter

Tinggi tangki: 1270 mm
Tinggi sampai tutup: 1420 mm
Diameter: 1080 mm

  • Kapasitas 1200 liter

Tinggi tangki: 1380 mm
Tinggi sampai tutup: 1460 mm
Diameter: 1100 mm

  • Kapasitas 2200 liter

Tinggi tangki: 1680 mm
Tinggi sampai tutup: 1850 mm
Diameter: 1270 mm

  • Kapasitas 3300 liter

Tinggi tangki: 2020 mm
Tinggi sampai tutup: 2110 mm
Diameter: 1480 mm

  • Kapasitas 5500 liter
Artikel terkait :  Toren Air Grand Anti Lumut Gratis Ongkir

Tinggi tangki: 2250 mm
Tinggi sampai tutup: 2340 mm
Diameter: 1870 mm

  • Kapasitas 12000 liter

Tinggi tangki: 3470 mm
Tinggi sampai tutup: 3600 mm
Diameter: 2150 mm

Anda bisa memilih tandon air Grand dengan ukuran sesuai kebutuhan. Untuk informasi dan pemesanan Anda bisa langsung klik link dibawah ini ya.

Penutup

Demikianlah uraian penyebab air tandon tidak mengalir deras. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan informasi menarik lainnya.