Water Purifier Adalah: Pengertian, Manfaat & Fungsinya

Water Purifier Adalah

Water Purification adalah suatu proses menghilangkan semua kontaminan yang terkandung dalam air. Adapun tujuan dari pemurnian air ini adalah untuk menghasilkan air bersih dan higienis berkualitas yang layak dikonsumsi oleh tubuh manusia.

Selain dikonsumsi, Water Purrification didesain untuk berbagai tujuan atau kebutuhan, termasuk ke dalam aplikasi kimia, industri, farmakologi, dan medis.

Pada proses water purification terdapat proses pemurnian yang bisa menghilangkan berbagai kotoran seperti bakteri, ganggang, virus, jamur, tanah, atau logam beracun.

Untuk memurnikan air tersebut, Anda bisa menggunakan Water Purifier yang bisa memproses secara teknis dan tak kasat mata.

Lantas, apa itu water purifier? Scroll down untuk mengetahui penjelasan lengkapnya!

Pengertian Water Purifier

Pengertian Water Purifier

Water Purifier adalah sebuah alat yang berfungsi untuk membersihkan dan menyaring air agar lebih aman dikonsumsi.

Pasalnya, produk water purifier mengaplikasikan metode Ultrafiltration (UF) atau Reverse Osmosis (RO). Kedua metode ini tentunya memiliki perbedaan yang signifikan. Anda dapat melihat perbedaan tersebut pada tabel di bawah ini:

Ultrafiltration (UF) Reverse Osmosis (RO)
Proses pemurnian:

Saringan atau filter yang berfungsi untuk menyaring partikel besar dan mikroorganisme dalam air.

Proses pemurnian:

Proses tekanan melewati membran yang berfungsi untuk menyaring molekul air dan senyawa berlarut.

Ukuran partikel yang difilter: 0,01–0,1 mikrometer. Ukuran partikel yang difilter: hingga 0,0001 mikrometer.
Konsumsi energi: dapat beroperasi tanpa listrik. Konsumsi energi: dapat beroperasi hanya dengan menggunakan listrik.

Kementerian Kesehatan RI memberikan syarat atau ciri-ciri Air Purifier yang baik, di antaranya yaitu:

  • Tidak berwarna,
  • Tidak berasa,
  • Tidak berbau,
  • Tidak mengandung mikroorganisme berbahaya,
  • Tidak mengandun logam berat.

Dalam pemilihan water purifier juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti indikator yang digunakan untuk mengganti filter, kapasitas yang besar, dan fitur untuk mengubah air saringan yang menjadi dingin atau hangat seperti dispenser.

Fungsi Water Purifier

Fungsi Water Purifier

Apabila Anda sudah mengetahui mengenai pengertian dari Water Purifier, berikutnya Anda bisa memperhatikan fungsi water purifier, di bawah ini:

1. Penghilang Zat Pencemar

Fungsi utama Water Purifier adalah untuk menghilangkan berbagai zat pencemar air, seperti parasit, virus, alga, mineral, alga, atau zat lainnya. Sehingga bisa mencegah penyakit yang disebabkan oleh berbagai kontaminan untuk memastikan air tersebut aman dikonsumsi.

2. Peningkatan Rasa dan Bau

Water Purifier juga bisa didesain untuk meningkatkan rasa dan bau air dengan menghilangkan seluruh zat-zat yang terkandung di dalam air (yang menjadi sebab rasa dan bau air tidak enak). Hal ini sangat penting diperhatikan karena sumber alami air tersebut memiliki bau yang kuat akibat materi organik atau mineral yang terlaut.

3. Penghilang Bahan Kimia

Beberapa water purifier berfungsi untuk menghilangkan bahan kimia yang terkandung dalam air seperti fluor, timbal, klorin, atau zat lainnya. Bahan-bahan ini yang terkandung dalam air sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terus-menerus dalam konsentrasi yang tinggi.

4. Melindungi dari Penyakit

Water Purifier memiliki peran penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit akibat dari air yang telah terkontaminasi. Hal ini bisa melindungi Anda dari berbagai kandungan penyebab penyakit yang diakibatkan oleh air seperti disentri, giardiasis, atau kolera.

5. Menghasilkan Air Minum yang Aman Dikonsumsi

Tujuan penting dari water purifier adalah untuk menyediakan sumber air yang aman dikonsumsi dan terhindar dari berbagai faktor penyakit akibat meminum air yang tidak higienis.

Keberadaan alat ini sangat penting, terutama ketika di daerah yang kesulitan akses air bersih.

6. Mengurangi Ketergantungan Botol Air Plastik

Dengan mengaplikasikan water purifier bisa membuat konsumen menghilangkan ketergantungan terhadap konsumsi botol air plastik sekali pakai. Sehingga praktik ini lebih ramah lingkungan dibandingkan mengonsumsi botol air plastik secara terus menerus.

Manfaat Water Purifier

Manfaat Water Purifier

Konsumen akan merasakan berbagai manfaat menggunakan water purifier, di antaranya yaitu:

1. Meningkatkan Rasa Air

Sudah kita ketahui bahwa air merupakan bagian besar yang ada pada tubuh, ia bahkan akan memberikan manfaat nyata untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dengan menggunakan water purifier Anda akan merasakan air murni yang segar dan murni.

Anda akan merasakan air yang berbeda dengan air tanpa proses filterasi.

2. Membantu Kesehatan

Sejumlah sumber air telah terkontaminan yang membuat air ini berisiko membahayakan kesehatan tubuh manusia. Dengan adanya water purifier, akan memastikan air yang dikonsumsi aman dan membantu asupan air lebih baik sehingga meningkatkan tekanan atau kualitas kesehatan.

3. Menjaga Lingkungan

Dengan menggunakan water purifier bisa mengurangi penggunaan air botol plastik yang sampahnya bisa mengotori lingkungan. Bahkan, hal ini bisa terjadi setiap detiknya, karena kegiatan manusia sehari-harinya.

Belum lagi menghitung jumlah karbon yang dihasilkan akibat proses produksi botol plastik tersebut.

Dengan menggunakan water purifier, dapat mengurangi potensi pengurangan pembelian botol plastik. Apakah Anda sudah siap menjaga lingkungan yang lebih baik?

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kontaminan yang menjadi sebab penyakit Alzheimer adalah zat alumunium. Zat ini biasanya terkandung di dalam air, lho. 

Bahkan, studi telah menyatakan zat alumunium ini merupakan zat yang sukar dikeluarkan dari dalam tubuh, lebih parahnya bisa berakhir di dalam otak.

Oleh karena itu, dengan menerapkan alat ini, Anda bisa menghindari risiko penyakit Alzheimer.

5. Menghemat Pengeluaran Uang

Apabila Anda sering mengonsumsi air kemasan botol, kemudian Anda beralih ke water purifier, tentu Anda bisa menghemat uang.

Anda bisa menggunakan uang Anda untuk keperluan penting lainnya.

Tidak hanya menghemat uang, Anda juga akan mendapatkan kualitas air yang sempurna dibandingkan air masak.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Biasanya, teknik pemurnian air melibatkan bahan Klorin yang secara teknisnya bisa membunuh berbagai senyawa kimia dan membunuh bakteri.

Tidak hanya berkutat pada hal tersebut, pasalnya Klorin juga mampu mencegah berbagai penyakit jenis kanker yang digadang-gadang dapat menjadi penyebab utama kematian.

7. Sumber Air menjadi Sehat

Sumber pengairan dalam rumah tangga seringnya menggunakan pipa dalam jangka waktu yang panjang. Kebanyakan dari penghuni rumah tidak memperhatikan kebersihan pipa tersebut jika telah digunakan sangat lama.

Sehingga, Anda bisa menggunakan water purifier untuk memperbaiki kualitas air dan akan menghasilkan sumber air yang lebih sehat.

8. Melindungi Air Dari Bakteri atau Virus

Proses pemurnian menggunakan metode yang umum digunakan dalam water purifier akan membuat air minum bebas dari berbagai senyawa yang berbahaya.

Water purifier juga mampu menghilangkan semua material berbahaya seperti Zinc, Merkuri, Timah, dan Alumunium.

9. Hemat Waktu

Anda dapat menghemat waktu untuk memperoleh sumber air minum yang bersih dan aman.

Penampungan Air Bersertifikat FDA

Toren air Grand adalah salah satu penampungan air yang telah bersertifikat FDA dan terjamin akan kehigienisannya karena ia juga menjadi pertama dan satu-satunya toren air yang mempunyai sertifikat HALAL.

Pembelian dan konsultasi bisa langsung menghubungi tombol berikut:

Penutup

Itulah pengertian, tujuan, dan manfaat dari Water Purrifer yang perlu Anda ketahui. Gunakan water purifier di rumah Anda untuk memastikan kualitas air yang akan Anda konsumsi sehari-hari.

Artikel terkait :  Kok Bisa Air Sumur Bau Comberan? Ini Info Selengkapnya!