Fungsi Bio Ball Pada Septic Tank, Berikut Ulasannya

Fungsi Bio Ball Septic Tank

Fungsi Bio Ball Pada Septic Tank – Septic Tank merupakan salah satu sistem pengolahan air limbah yang umum digunakan. Septic tank biasanya digunakan pada area yang tidak tersedia untuk akses ke sistem saluran pembuangan umum. Fungsi utama septic tank sendiri yaitu untuk memisahkan limbah padat dan cair serta memproses limbah menjadi zat yang tidak berbahaya bagi lingkungan sebelum dibuang ke tanah atau sistem pembuangan lainnya.

Banyak yang masih belum memahami apa itu Bio Ball. Bio ball adalah komponen penting yang digunakan dalam septic tank untuk membantu proses pengolahan limbah. Berbentuk bola kecil berpori yang terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah terurai. Bio Ball memiliki banyak lubang kecil yang memungkinkan bakteri aerobik hidup dan berkembang biak di dalamnya.

Bakteri aerobik merupakan jenis bakteri yang membutuhkan oksigen untuk hidup dan melakukan proses pengolahan limbah. Bio ball juga memiliki permukaan yang luas, sehingga mampu menampung banyak bakteri dalam jumlah yang besar. Kotoran yang tercampur langsung dalam air yang akan dibuang ke sungai ataupun perairan dapat memberikan efek buruk pada lingkungan. Sehingga perlu adanya penyaringan sebelum dibuang ke tempat akhir seperti semestinya.

Macam-Macam Bentuk Bio Ball – Fungsi Bio Ball Pada Septic Tank

manfaat dan fungsi bio ball pada septic tank

Terdapat berbagai macam bentuk Bio Ball yang memiliki jenis dan fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan septic tank. Berikut ini adalah macam-macam bentuk Bio Ball yang dapat dipilih sesuai dengan septic tank yang dimiliki.

Artikel terkait :  Keunggulan Toren Air Stainless Grand

Bola Berpori

Bentuk bio ball yang paling umum adalah bola berpori. Bola ini terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah terurai dan memiliki banyak pori-pori kecil yang memungkinkan bakteri aerobik hidup di dalamnya. Bola berpori ini tersedia dalam berbagai ukuran dan warna, tergantung pada kebutuhan pengguna.

Silinder Berpori

Selain bentuk bola, bio ball juga tersedia dalam bentuk silinder berpori. Bentuk silinder ini memiliki lubang-lubang kecil yang memungkinkan bakteri hidup di dalamnya. Bio ball silinder biasanya lebih mudah dipasang karena memiliki bentuk yang lebih stabil dan tidak mudah bergulir.

Disk Berpori

Bio ball juga tersedia dalam bentuk disk berpori. Bentuk disk ini memiliki lubang-lubang kecil yang memungkinkan bakteri aerobik hidup di dalamnya. Bio ball disk biasanya lebih mudah dipasang dan ditempatkan di dalam septic tank karena memiliki bentuk datar dan tidak mudah bergulir.

Spiral Berpori

Bio ball spiral merupakan bentuk bio ball yang terbaru. Bentuk spiral ini dirancang khusus untuk memaksimalkan luas permukaan agar lebih banyak bakteri aerobik dapat hidup di dalamnya. Bio ball spiral juga lebih mudah untuk dibersihkan dan dipelihara karena memiliki bentuk yang lebih fleksibel.

Kerucut Berpori

Bio ball kerucut memiliki bentuk yang menyerupai kerucut. Bentuk kerucut ini memungkinkan bakteri aerobik hidup di dalamnya dan memiliki luas permukaan yang cukup besar. Bio ball kerucut umumnya digunakan pada sistem pengolahan limbah dengan kapasitas yang lebih besar.

Fungsi Bio Ball Pada Septic Tank – Apakah Penting Penggunaan Bio Ball Pada Septic Tank?

Penggunaan Bio Ball pada Septic Tank sangat penting karena fungsi dari Bio Ball sendiri yang dapat menampung bakteri aerobik. Bakteri aerobik yang terdapat dalam Bio Ball memberikan banyak manfaat dan fungsi yang baik bagi lingkungan sekitar. Maka dari itu berikut ini merupakan fungsi Bio Ball pada Septic Tank :

Artikel terkait :  Jual Septic Tank di Klaten, Bahan Plastik Kuat dan Kokoh

Meningkatkan Efisiensi Pengolahan Limbah

Bio Ball berfungsi sebagai tempat hidup bagi bakteri aerobik yang bertugas dalam memecah limbah organik menjadi zat yang lebih aman. Dengan adanya Bio Ball, bakteri dapat berkembang biak dengan baik dan proses pengolahan limbah dapat berlangsung dengan lebih efisien. Hal ini akan mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk membersihkan septic tank secara berkala.

Menjaga Kualitas Lingkungan

Penggunaan bio ball pada septic tank dapat membantu menjaga kualitas lingkungan sekitar. Dengan adanya bakteri aerobik yang aktif, limbah organik dapat diurai secara sempurna dan tidak menghasilkan zat-zat berbahaya seperti amoniak dan metana. Hal ini akan mengurangi pencemaran lingkungan dan menjaga kesehatan manusia serta hewan yang tinggal di sekitar tempat tersebut.

Mengurangi Bau Tak Sedap

Salah satu masalah yang sering terjadi pada septic tank adalah bau tak sedap yang dihasilkan dari limbah yang tidak terurai dengan sempurna. Dengan adanya bio ball, bakteri aerobik dapat membantu mengurai limbah secara sempurna sehingga bau tak sedap dapat dihindari.

Mudah Dipasang dan Pemeliharaannya Sangat Mudah

Bio Ball sangat mudah pemasangan dan pemeliharaannya. Bentuk bola atau silinder yang kecil memungkinkan Bio Ball untuk ditempatkan dengan mudah di dalam septic tank. Selain itu, Bio Ball juga mudah untuk dipelihara karena tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup dengan membersihkan bio ball secara berkala, maka bakteri aerobik dapat tetap hidup dan berkembang biak dengan baik.

Menjaga Kestabilan Sistem Pengolahan Limbah

Dalam sistem pengolahan limbah, kestabilan sistem sangat penting untuk menjaga kinerja yang optimal. Dengan adanya bio ball, bakteri aerobik dapat hidup dan berkembang biak secara stabil sehingga sistem pengolahan limbah dapat berjalan dengan baik. Kestabilan sistem juga akan mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada septic tank dan menghemat biaya perawatan.

Artikel terkait :  Sebenarnya Pompa Air Sanyo Itu Berapa Watt? Ini Penjelasannya!

Septic Tank Yang Memiliki Bio Ball Didalamnya

Perlu diketahui bahwa tidak semua septic tank memiliki Bio Ball. Dikarenakan banyak yang kurang menyadari pentingnya penggunaan Bio Ball. Padahal, banyak sekali manfaat yang didapat jika menggunakan septic tank yang terdapat Bio Ball didalamnya. Setelah mengulas mengenai fungsi Bio Ball pada septic tank pada sebelumnya, maka Septic Tank GRAND adalah solusinya. Septic Tank GRAND memiliki teknologi Dual Faced Bio Ball sehingga minim terjadi kebuntuan serta kotoran tidak mudah menempel pada dinding septic tank. Penggunaan Dual Faced Ball pada Bio Septic Tank GRAND dapat mengelola limbah dengan baik dan menyisakan endapan lumpur lebih sedikit, sehingga hal ini dapat mengurangi intensitas dalam membersihkan Septic Tank. Selain itu, septic Tank milik GRAND juga menggunakan sistem filtrasi Multi Stage, sehingga  ketika limbah akan dibuang, tidak mengganggu lingkungan yang ada di sekitar.

Jadi, sekian ulasan mengenai fungsi Bio Ball pada Septic Tank, semoga ulasan ini dapat membantu Anda dalam menentukan Septic Tank yang tepat untuk kebutuhan Anda. Pastikan menggunakan Septic Tank GRAND yang memiliki Bio Ball didalamnya.