Inilah 7 Alasan Kenapa Tangki Air Diletakkan di Ketinggian

Inilah 7 Alasan Kenapa Tangki Air Diletakkan di Ketinggian

Selain pentingnya memasang tandon air di rumah. Anda juga perlu mengetahui mengapa seringkali tangki air diletakkan lebih tinggi daripada bangunan. Pastinya ada hal-hal yang mendasari hal tersebut, bukan? Apakah semua tangki air harus diletakkan di atas? Alasan lengkap akan diulas pada artikel ini. Scroll down sampai tuntas yaa!

Mengapa Tangki Air Diletakkan Lebih Tinggi daripada Bangunan? Ini Alasannya!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tangki air berfungsi sebagai penampungan air. Sering kita jumpai peletakan tangki air berada pada tempat yang lebih tinggi. Kira-kira apa alasannya yaa? Inilah alasan utama tangki air diletakkan di ketinggian:

1. Tekanan Air Menjadi Lebih Baik

Tekanan air menjadi lebih baik ketika tangki air diletakkan di ketinggian sebuah rumah/gedung, atau tempat khusus lainnya. Hal ini dapat dilihat secara alami, air akan mengalir dengan tekanan yang lebih tinggi menuju saluran pipa di bawahnya. Sehingga memungkinkan air mengalir secara baik ke seluruh sistem pipa rumah atau bangunan. Hasil akhir, distribusi air menjadi lancar untuk mangalir ke seluruh sistem pipa.

2. Kehandalan dan Kontinuitas Pasokan Air

Tangki air yang diletakkan di ketinggian dapat diandalkan ketika terjadi hal yang tak terduga seperti mati lampu. Sehingga air yang ada dalam tangki air bisa dijadikan cadangan dan pasokan penyedia air utama. Sehingga keperluan air sehari-hari akan terpenuhi meski dalam keadaan listrik mati.

Artikel terkait :  Tangki Air Grand 600 L

3. Energi yang Dihasilkan Lebih Efisien

Meletakkan tangki air pada ketinggian dapat mengurangi biaya operasional lho! Hah, kog bisa? Jadi, tekanan alami yang dihasilkan memungkinkan tidak membutuhkan pompa air atau sedikit membutuhkan pompa air. Sehingga Anda tidak memerlukan energi yang besar untuk mendapatkan tekanan air tersebut (memompa air ke tangki).

4. Sistem Distribusi Air yang Sederhana

Menempatkan tangki air pada ketinggian tertentu dapat mempermudah distribusi air ke berbagai sistem pipa, bahkan sistem distribusi menjadi sederhana. Bagaimana tidak? Pipa dapat diarahkan secara langsung tanpa membutuhkan pompa air tambahan atau alat yang bisa mengatur tekanan tersebut.

5. Kebersihan dan Kualitas Air Terjaga

Kemungkinan terkontaminasi lebih sedikit jika tangki air diletakkan di bagian atas karena air tidak bertahan lama di atas tangki dan akan mengalir secara bergantian. Tidak hanya itu, risiko terkena hal-hal yang ada dalam tanah berkurang, meskipun produk-produk dapat menjaga kualitas air di dalam. Namun, apa salahnya menghindarinya, bukan?

6. Hemat Biaya Operasional

Jika meletakkan tangki air di ketinggian, Anda akan menghemat biaya operasional dalam jangka waktu yang panjang. Memang, pada awal menaikkan tangki air membutuhkan biaya yang lebih, tetapi untuk jangka panjang (kedepannya) Anda tidak perlu lagi membutuhkan biaya memperbaiki pompa yang rusak dan biaya listrik.

Alhasil, jika diperhitungkan jangka panjang, tentu hal ini lebih efisien dan hemat.

Supaya air dapat mengalir dan terdistribusi dengan baik, Anda dapat menempatkan tangki air dengan maksimal ketinggian sekitar 24 meter.

Aliran air dalam tandon akan semakin kuat berbanding lurus dengan tingginya penempatan tandon. Kendatipun begitu, penempatan tandon air bukan satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi besar debit air lho. Terdapat faktor lain juga yang mempengaruhinya seperti luas penampang pipa, bagaimana instalasi pipa tersebut, dan kemudahan fitur produk dalam insatalasi tangki air..

Artikel terkait :  Bagaimana Cara Pasang Tangki Air Tanam (Pendam) yang Efektif?

Oleh sebab itu, alangkah lebih baik, Anda menyewa ke tukang instalasi pipa profesional ketika ingin menginstalnya pada bangunan atau rumah Anda. Sebab instalasi pemasangan toren air harus direncanakan secara rinci. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menggunakan produk tangki air yang memiliki fitur lubang tali untuk mempermudah proses menarik tangki air ke atas seperti TANGKI AIR GRAND.

7. Cocok untuk Bangunan Lebih Tinggi

Meletakkan tangki air di atas, cocok diaplikasikan pada bangunan yang tinggi atau bertingkat. Karena seluruh sistem pipa air dapat terdistribusi air dengan sangat baik. Hal ini juga sesuai dengan prinsip gravitasi bumi bahwasanya air akan mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Apakah Semua Tangki Air Harus Diletakkan di Atas?

Pertanyaan ini cukup kondisional ya. Apabila bangunan Anda rendah dan tidak bertingkat, Anda dapat meletakkan tangki air di bawah. Namun, perlu Anda perhatikan segala aspek dan faktor yang ada.

Tangki Air Grand Cocok untuk Diletakkan di Ketinggian

Inilah 7 Alasan Kenapa Tangki Air Diletakkan di Ketinggian

Kenapa TANGKI AIR GRAND cocok diletakkan di ketinggian?

Tangki Air Grand memiliki fitur lubang tali yang mempermudah pengguna untuk menaikkan ke atas bangunan atau tempat yang lebih tinggi. Fitur ini tidak dimiliki oleh produk lainnya, lho! Hanya Tangki Air Grand yang memilki fitur ini satu-satunya.

Tidak hanya itu, Tangki Air Grand juga merupakan satu-satunya tangki yang halal di Indonesia lho. Ia tersebar di beberapa kota seperti Surabaya, Sidoarjo, Makassar, Manado, Kupang, Bekasi, Balikpapan, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Palembang.

Keunggulan Tangki Air Grand daripada Merk Lain

Berikut ini adalah beberapa keunggulan kenapa Anda harus memilih Tangki Air Grand, di antaranya:

  • Bersertifikat halal dan FDA.
  • Rekor Muri.
  • Terbuat dari bahan HDPE.
  • Proses pembuatan dan pengemasan hingga menuju konsumen aman karena melewati proses QC yang ketat.
  • Pengemasan dari Tangki Air Grand juga sangat aman karena: dibungkus menggunakan bubble wrap, kemudian dikarung dengan alat karung, dan diplastik.
  • Pelampung Tangki Air Grand tidak membutuhkan listrik sehingga dapat menghemat biaya.
Artikel terkait :  Daftar Harga Radar Toren Air yang Bagus 2024

Penutup

Terdapat beberapa alasan utama mengapa tangki air diletakkan di tempat yang lebih tinggi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk memudahkan penempatan tangki air yang akan Anda letakkan di gedung tinggi, sebaiknya Anda gunakan TANGKI AIR GRAND yang memiliki fitur lubang tali yang bisa dikaitkan untuk mempermudah menarik ke atas.