Bagaimana Cara Mengatasi Lumut Di Tandon Air? Berikut Penjelasannya

Cara Mengatasi Lumut Di Tandon Air – Pastinya jadi masalah yang amat menjengkelkan bagi anda yang memiliki tandon air, namun tandon air anda berlumut. Jika tandon air milik anda berlumut, tentunya dapat mencemari air yang tersimpan didalamnya. Air yang tercemar sudah tidak layak untuk anda konsumsi karena bisa menyebabkan berbagai masalah serius.

Untuk anda semua yang sedang mengalami permasalahan demikian, anda bisa simak terlebih dahulu cara mengatasi lumut di tandon air pada pembahasan berikut ini.

Penyebab Tandon Air Berlumut

Sebenarnya terdapat beberapa sebab kenapa tandon air milik anda bisa berlumut. Sebelum mengetahui caranya untuk mengatasi lumut, ada baiknya anda perlu tahu penyebabnya apa saja.

Tandon Air Yang Lembab

Tandon air yang terlalu lembab menjadi tempat atau lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan lumut. Kelembaban tandon air anda yang tinggi dapat menyebabkan permukaan tandon menjadi basah dan memungkinkan lumut untuk berkembang biak.

Paparan Sinar Matahari

Jika tandon air terletak di tempat yang banyak sinar matahari, seperti di lingkungan area outdoor, pertumbuhan lumut dapat terjadi dengan cepat. Lumut membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis, sehingga jika di rumah anda sering terpapar sinar matahari dapat membuat pertumbuhan lumut tidak terkendali.

Artikel terkait :  Tandon Air Di Atap Rumah, Estetik Dan Elegan

Kualitas Air Yang Buruk

Air yang tersimpan pada tandon bisa menjadi sumber nutrisi untuk lumut. Kualitas air yang buruk, seperti air yang kaya akan zat organik atau sisa-sisa makanan, bisa memberikan nutrisi yang cukup bagi lumut untuk tumbuh dan berkembang biak.

Sedimen Atau Debu

Tandon air yang jarang dibersihkan maupun yang sering terpapar debu dan sedimen bisa menjadi tempat yang baik bagi lumut untuk menempel dan tumbuh. Partikel-partikel kecil tersebut bisa menjadi sumber nutrisi dan media yang baik bagi lumut untuk menyebar.

Kurangnya Pemeliharaan

Jika tandon air jarang diperhatikan, pertumbuhan lumut juga bisa terjadi. Penting untuk anda membersihkan tandon air secara teratur dan menjaga kebersihan dari tandon air agar pertumbuhan lumut dapat dicegah.

Cara Mengatasi Lumut Di Tandon Air

Langkah-langkah yang bisa anda ikuti agar tandon air anda tidak berlumut lagi yaitu:

Pembersihan Rutin

Bersihkan tandon air secara teratur untuk menghilangkan lumut yang sudah tumbuh dan ada. Pakailah sikat atau kuas dengan air bersih untuk menggosok permukaan tandon dan menghilangkan lumut yang menempel. Pastikan anda membersihkan semua bagian tandon tanpa terkecuali termasuk dasar tandon air dan sudut-sudutnya.

Pembersihan dengan Larutan Pembersih

Jika lumut sulit dihilangkan hanya dengan air biasa, anda bisa memakai larutan pembersih yang lembut. Caranya yaitu campurkan air dengan sedikit cairan pembersih yang tidak berbahaya seperti cuka atau sabun pencuci piring. Gunakan larutan ini untuk membersihkan permukaan tandon dengan sikat atau kuas.

Pengeringan

Setelah membersihkan tandon, pastikan untuk mengeringkan tandon air dengan baik sebelum mengisi ulang air. Lumut tumbuh lebih baik di tempat yang lembab, oleh karena itu penting untuk menjaga kekeringan pada tandon agar lumut tidak dapat tumbuh dan berkembang biak.

Artikel terkait :  10 Rekomendasi Bahan Bangunan Anti Api

Penempatan Tandon Air Tepat

Jika memungkinkan, pilih lokasi tandon air yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Lumut tidak dapat tumbuh pada tempat yang sirkulasi udaranya bagus. Hindari menempatkan tandon di tempat yang terlalu lembab dan banyak terpapar sinar matahari.

Penggunaan Kapasitas Penuh

Lumut cenderung lebih sulit tumbuh pada tandon yang selalu terisi air dan dipakai secara teratur. Gunakan air dalam tandon secara rutin untuk mempertahankan sirkulasi air dan mencegah lumut menempel dan berkembang biak.

Filter Air

Jika kualitas air yang masuk ke tandon air buruk, pertimbangkan penggunaan filter air untuk menghilangkan kandungan zat organik atau partikel lain yang dapat menjadi nutrisi bagi lumut. Air yang bersih dan berkualitas baik dapat membantu mencegah pertumbuhan lumut.

Perawatan Kebersihan Secara Berkala

Selalu jaga kebersihan tandon air secara rutin. Bersihkan tandon secara teratur setidaknya beberapa bulan sekali untuk mencegah lumut dan kotoran lain menumpuk.

Berapa Lama Tandon Air Perlu Dikuras?

Tandon air anda perlu dikuras secara teratur. Menguras tandon air setidaknya sekali sampai dua kali dalam setahun, Hal ini agar air yang ada pada tandon air tetap terjaga baik kualitasnya dan kebersihannya. Pada proses pengurasan, air yang ada di tandon perlu dibuang dan dibersihkan dari berbagai kotoran yang biasanya terbentuk pada bagian dasar tandon.

Frekuensi Pengurasan Tandon Air

Frekuensi pengurasan tandon air juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu seperti kualitas air masuk, lingkungan sekitar rumah, dan pemakaian tandon airnya. Jika air yang masuk ke tandon memiliki kualitas yang buruk atau terdapat banyak sedimen, mungkin perlu menguras tandon menjadi lebih sering, seperti setiap 6 bulan atau lebih.

Tandon Air Yang Tidak Berlumut

Kalau anda sudah melakukan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya akan tetapi tandon air anda masih tetap ditumbuhi dengan lumut, sebaiknya anda perlu beralih ke tandon air yang lebih baik. Seperti tandon air dari GRAND, yang memiliki berbagai keunggulan untuk kebutuhan penyimpanan air rumah anda sehari-hari.

Tandon Air Dengan 3 Lapisan

Tandon air GRAND ini terbuat dari bahan HDPE murni tanpa sambungan bahan lain apapun. Tandon air GRAND terdiri dari tiga lapisan yang dapat melindungi tandon air maupun air yang tersimpan didalamnya. Lapisan paling luar tandon air GRAND dilengkapi dengan UV protection untuk melindungi tangki dari perubahan cuaca yang ekstrim.

Lapisan Tengah Dan Dalam Tandon Air

Lapisan tengah yang warnanya gelap untuk mencegah sinar matahari yang masuk pada tandon air, menjadikan lumut terhambat pertumbuhannya dan tidak dapat berkembang dengan baik. Lapisan dalam pada tandon air GRAND menggunakan bahan HDPE yang sudah berkualitas Food Grade (FDA), sehingga air yang tersimpan aman untuk langsung dikonsumsi.

Kesimpulannya

Tandon air GRAND merupakan solusi yang tepat untuk penyimpanan air pada rumah anda. Karena tandon air GRAND ini tidak mudah ditumbuhi lumut, jamur, maupun mikroorganisme yang dapat mencemari air di rumah anda. Sekian penjelasan tentang cara mengatasi lumut di tandon air. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!