Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Septic Tank

Septic Tank Adalah

Septic Tank Adalah – Sebagai salah satu produk yang sangat bermanfaat bagi manusia, apa  sebenarnya pengertian, fungsi serta bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasannya.

Pengertian Septic Tank Adalah

Suatu sistem pembuangan dan pengolahan limbah domestik yang umum digunakan di daerah-daerah yang tidak terhubung dengan sistem pembuangan kota atau kota besar.

Sistem ini dirancang untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyaring limbah manusia dan limbah domestik lainnya sebelum dibuang ke lingkungan.

Komponen utama septik tank adalah tangki, yang biasanya terbuat dari beton, plastik, atau serat kaca yang kuat. Tangki tersebut terkubur di dalam tanah di dekat rumah atau bangunan yang membutuhkan sistem pembuangan limbah.

Ukuran tangki bervariasi tergantung pada kebutuhan pengguna, tetapi umumnya memiliki kapasitas yang mencukupi untuk menampung limbah selama periode tertentu sebelum perlu dikosongkan.

Septik tank biasanya dilengkapi dengan pipa masuk dan pipa keluar. Pipa masuk mengarahkan limbah ke dalam tangki dari rumah atau bangunan, sementara pipa keluar mengalirkan effluent yang telah mengalami penguraian sebagian ke saluran pembuangan atau sistem penyerapan tanah untuk pengolahan lanjutan.

Fungsi Septic Tank

Fungsi Utama Septic Tank

Pengumpulan Limbah

Fungsi utamanya adalah mengumpulkan limbah manusia dan limbah domestik lainnya dari rumah atau bangunan. Limbah ini meliputi tinja, sisa makanan, kertas toilet, deterjen, dan bahan organik lainnya yang masuk ke dalam sistem septik tank melalui pipa masuk.

Fungsi Lain Pada Septic Tank

Penguraian Limbah

Artikel terkait :  Cara Cek Tagihan Listrik Yang Cepat Dan Praktis! 

Septic tank dirancang untuk mengurai limbah melalui proses biologi. Di dalam tangki, bakteri anaerobik (yang hidup tanpa oksigen) memecah bahan organik dalam limbah menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana. Proses ini mengurangi jumlah padatan dan menghasilkan lapisan cair (effluent) yang lebih jernih.

Penyaringan Limbah

Selama proses penguraian, septik tank juga berfungsi sebagai penyaring limbah. Partikel-partikel padat yang lebih berat mengendap di dasar tangki sebagai lumpur atau tinja, sementara lapisan scum membantu menangkap minyak, lemak, dan partikel ringan lainnya yang terapung di atas lapisan cair.

Penyimpanan Sementara

Septik tank juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara limbah sebelum limbah tersebut diolah lebih lanjut atau dibuang ke lingkungan. Tangki ini dirancang untuk menampung limbah dalam jangka waktu tertentu sebelum perlu dilakukan proses pengosongan atau pemompaan lumpur.

Perlindungan Lingkungan

Dengan mengumpulkan, mengolah, dan menyaring limbah, septik tank membantu melindungi lingkungan sekitarnya dari pencemaran. Proses penguraian limbah oleh bakteri di dalam tangki membantu mengurangi kandungan bahan organik, patogen, dan bahan berbahaya dalam effluent yang dibuang ke lingkungan.

Mengurangi Risiko Penyakit

Dengan memproses limbah secara efektif, septik tank membantu mengurangi risiko penularan penyakit. Penguraian limbah oleh bakteri membantu menghilangkan atau mengurangi jumlah mikroorganisme patogen dalam limbah, sehingga mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit melalui air limbah.

Memperlambat Pencemaran Tanah dan Air Tanah

Dengan menjaga limbah tertahan dalam tangki dan memprosesnya sebelum dibuang, septik tank membantu memperlambat laju pencemaran tanah dan air tanah. Proses penyaringan dan penguraian limbah di dalam tangki meminimalkan risiko kontaminasi pada sumber air tanah yang dapat digunakan untuk konsumsi manusia.

Cara Kerja Septic Tank

Pengumpulan Limbah

Limbah dari rumah atau bangunan dialirkan melalui pipa masuk ke dalam tangki septik. Limbah ini meliputi tinja, sisa makanan, kertas toilet, deterjen, dan bahan organik lainnya.

Artikel terkait :  Ketahuilah Cara Mengeringkan Air Dalam Septic Tank Secara Praktis!

Pemisahan Lumpur Dan Efluen

Begitu limbah masuk ke dalam tangki, proses pemisahan dimulai. Partikel-partikel padat yang lebih berat, seperti tinja, mengendap di dasar tangki sebagai lapisan lumpur.

Lapisan cair yang lebih jernih, yang disebut effluent, mengambang di atas lumpur. Effluent ini akan melanjutkan aliran menuju saluran pembuangan atau sistem penyerapan tanah.

Penguraian Limbah

Di dalam tangki, limbah mulai mengalami penguraian oleh mikroorganisme anaerobik, terutama bakteri. Bakteri ini secara alami ada di dalam tangki atau dapat ditambahkan melalui produk bakteri pengurai yang spesifik.

Bakteri ini akan menguraikan bahan organik dalam limbah menjadi senyawa yang lebih sederhana, seperti air, karbon dioksida, dan gas metana.

Proses Anaerobik

Septic tank dirancang sebagai lingkungan anaerobik, yang berarti tanpa oksigen. Bakteri anaerobik bekerja secara efisien dalam kondisi ini untuk mengurai limbah. Kehadiran oksigen dapat mengganggu proses penguraian dan menyebabkan gangguan dalam kinerja tangki.

Pengosongan Periodik

Meskipun bakteri di dalam tangki terus mengurai limbah, akumulasi lumpur atau tinja pada dasar tangki tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, septik tank perlu dikosongkan secara teratur melalui proses pemompaan. Frekuensi pengosongan bergantung pada ukuran tangki, jumlah pengguna, dan volume limbah yang dihasilkan.

Perawatan Dan Pemeliharaan

Septik tank juga memerlukan perawatan rutin untuk menjaga kinerjanya. Hal ini meliputi menjaga penggunaan yang bijak terhadap sistem, menghindari pembuangan bahan kimia berbahaya atau padat, dan memeriksa pipa masuk dan keluar serta ventilasi tangki untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan.

Septic Tank Grand

Septic Tank Adalah

Kelebihan Septic Tank Grand

Menggunakan bola crusher yang memiliki manfaat:

  • Memiliki permukaan bola yang sangat luas sehingga memberikan ruang lebih bagi bakteri dan mikroorganisme untuk menempel dan melakukan proses penguraian kotoran dengan lebih efisien.
  • Dapat mempercepat proses penguraian limbah organik dalam septic tank.
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya pembusukan atau penumpukan kotoran untuk membantu mengurangi bau yang tidak sedap pada septic tank
  • Tidak memerlukan perawatan khusus, kecuali pembersihan periodik untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menumpuk di sekitar bola-bola tersebut.
Artikel terkait :  Promo Natal Banjir Diskon Hingga Jutaan Rupiah

Dilengkapi ventilasi udara yang memiliki manfaat:

  • Dengan ventilasi yang baik, pertumbuhan bakteri yang membutuhkan oksigen dapat ditingkatkan, sehingga limbah dapat terurai lebih cepat.
  • Ventilasi udara membantu mengurangi bau yang tidak sedap yang mungkin timbul dari septic tank.
  • Ventilasi udara juga berperan penting dalam mencegah akumulasi gas-gas berbahaya, seperti gas metana dan hidrogen sulfida, di dalam septic tank. Gas-gas ini dapat terbentuk sebagai produk sampingan dari penguraian limbah oleh bakteri anaerobik.
  • Membantu mempertahankan keseimbangan tekanan di dalam septic tank. Tanpa ventilasi yang memadai, tekanan dalam tangki dapat menjadi berlebihan atau tidak seimbang.
  • Membantu memperpanjang umur septic tank dengan mengurangi risiko kerusakan atau kegagalan sistem yang disebabkan oleh tekanan berlebih, gas berbahaya, atau proses penguraian yang tidak efisien.

Terdapat kontrol penyedot limbah yang memiliki manfaat:

  • Untuk menghindari tumpukan lumpur atau tinja yang berlebihan di dalam tangki
  • Membantu mengendalikan bau yang tidak sedap yang mungkin timbul dari septic tank.
  • Membantu mencegah akumulasi limbah yang dapat menjadi sumber infeksi atau risiko kesehatan.
  • Dengan kontrol penyedot limbah membantu memastikan pemeliharaan yang tepat pada septic tank

Penutup

Septic Tank Grand memiliki 2 ukuran, yaitu 500L dan 1000L. Anda bisa memperoleh produk ini di marketplace favorit anda seperti shopee dan tokopedia. Oke, cukup sekian pembahasan admin kali ini. Sampai jumpa dengan pembahasan menarik lainnya.