Cara Menentukan Ukuran Tandon Air yang Tepat untuk Rumah Tangga

Cara Menentukan Ukuran Tandon Air yang Tepat untuk Rumah Tangga

Tahu gak sih, sebelum membeli tandon air, sebaiknya Anda perlu mengetahui cara menentukan ukuran tandon air lho! Gunanya untuk apa? Supaya tandon air yang Anda gunakan tepat dan sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

Sesuai dengan fungsinya, tandon air berguna untuk menyimpan air. Sehingga Anda perlu memastikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum membelinya, termasuk ukuran, jenis, dan kualitas tandon air, supaya air Anda tetap terjaga dan bebas dari bakteri dan lumut. Sehingga air Anda tetap bersih.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai ukuran tandon, hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih tandon air, dan tandon air yang ideal untuk kebutuhan rumah tangga. Simak ulasan dengan seksama ya!

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Tandon Air sesuai Kebutuhan Rumah Tangga?

Adapun rumus yang dapat Anda pakai untuk mengukur tandon air buat kebutuhan rumah tangga, adalah sebagai berikut:

Penggunaan Air x Jumlah Pengguna = Kapasitas

Penjelasang:

  • Kapasitas : Luasnya volume tandon air yang bisa menampung air dalam satuan liter.
  • Penggunaan Air: Jumlah penggunaan air bersih dalam sehari.
  • Jumlah Pengguna: Banyaknya pengguna air bersih dalam sehari.
Artikel terkait :  Jual Tandon Air di Klaten, Gratis Ongkir Berikut Informasinya

Contoh Perhitungan Ukuran Tandon Air yang Benar:

Contoh kasus: Diperkirakan dalam suatu rumah tangga, kebutuhan air bersih setiap orang dalam hunian tersebut adalah sebesar 125 liter dalam sehari. Berapa kapasitas tandon air supaya dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga dengan penghuni rumah sebanyak 4 orang?

Maka jawaban dari kasus tersebut dapat dihitung dengan perhitungan seperti berikut ini:

Kapasitas tangki yang dibutuhkan = 125 Liter x 8 Penghuni = 1.000 liter/hari.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, sebuah rumah yang ditempati oleh 8 orang yang membutuhkan 125 liter per harinya, maka dapat menggunakan dan mengaplikasikan tandon air yang berkapasitas minimal 1000 liter. Sehingga kebutuhan air dalam rumah tangga tersebut terpenuhi.

Catatan: Contoh perhitungan ini hanya sebagai gambaran kasar, pada praktiknya tentu berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga. Misalnya kebutuhan penggunaan air tiap orang berbeda dan jumlah rumah tangga setiap orang pun berbeda. Anda dapat memperkirakan kebutuhan Anda sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menentukan Ukuran Tandon Air untuk Rumah Tangga

Jika Anda masih merasa bingung tentang ukuran tandon yang akan Anda pakai, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Jumlah Pengguna Air dalam 1 Rumah

Hitung jumlah pengguna air dalam hunian rumah sebelum memutuskan untuk membeli tandon air. Untuk meminimalisir kekurangan jumlah air yang diperlukan dalam penampungan. Semakin banyak jumlah pengguna air maka kapasitas tandon air juga besar.

2. Estimasi Jumlah Penggunaan Air

Tidak hanya jumlah pengguna yang akan memakai tandon air, Anda juga perlu mengestimasi jumlah penggunaan air setiap orang berapa liter.

3. Kualitas Tandon Air

Anda dapat menggunakan Tandon Air Grand dengan kualitas terbaik yang bersertifikat halal untuk memastikan produk dan air yang Anda minum setiap harinya halal tanpa adanya bahan atau partikel yang najis. Tandon Air Grand memiliki beberapa produk yang dapat menyesuaikan kebutuhan Anda. Kualitas tandon air sangat penting untuk diperhatikan supaya awet dan tahan lama.

Artikel terkait :  Jangan Salah! Inilah Ukuran Septic Tank Untuk 4 Orang yang Ideal

4. Harga Tandon Air

Semakin besar kebutuhan tangki air yang Anda butuhkan, maka harga tangki air juga semakin besar. Ini juga bisa Anda pertimbangkan sesuai dengan budget yang Anda miliki (atau Anda dapat menabungnya menyesuaikan jumlah kebutuhan kapasitas tandon air Anda.

5. Ukuran Tandon Air

Setelah Anda mempertimbangkan keempat faktor pemilihan tanda, Anda dapat memilih ukuran tandon dengan menghitung kapasitas tandon sesuai rumus yang telah dijelaskan di atas.

Ukuran Tandon Air Paling Ideal untuk Rumah Tangga

Cara Menentukan Ukuran Tandon Air yang Tepat untuk Rumah Tangga

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya di Indonesia, telah menetapkan kebutuhan air setiap orang berkisar sebagai berikut ini:

Jumlah Kebutuhan Air Tempat Tinggal
60 liter per kapita Pedesaan
90 liter per kapitas Kota yang Kecil
110 liter per kapitas Kota yang Sedang
150 liter per kapitas Kota Metropolitan

Terdapat beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa, rata-rata orang dewasa di Indonesia setiap hari menghabiskan sekitar 125 liter sampai 150 liter. Adapun detail rinciannya di bawah ini:

Jumlah Kebutuhan Air Keperluan Air
20 liter Mandi 2x sehari
15 liter Menyiram Toilet
5 liter Mencuci Tangan
10 liter Mencuci Pakaian
5 liter Mencuci Peralatan Masak
5 liter Wudhu
2 liter Makan dan Minum
10 liter Menyiram Tanaman
30 liter Membersihkan dalam Rumah
20 liter Mencuci Kendaraan

Keunggulan Tandon Air Grand Tedmond untuk Rumah Tangga

Tentu, untuk memilih tandon air harus memilah sesuai dengan kualitas dan kehalalan produk tersebut. Salah satu produk tandon air yang mengklaim garansi hingga 15 tahun adalah Tandon Air Grand. Tidak hanya itu, Tandon Air Grand juga memiliki variasi ukuran lho! Anda dapat memutuskan untuk membeli menyesuaikan kebutuhan Anda

Artikel terkait :  Upaya Apa yang Dapat Dilakukan untuk Mengurangi Krisis Air Bersih?

Terdapat keunggulan tandon air Grand untuk keperluan rumah tangga Anda. Apa saja keunggulannya? Berikut daftarnya:

Bersertifikat Halal

Tandon Air Grand telah bersertifikat halal dan terjamin kehalalannya terbebas dari benda-benda najis.

Anti Lumut

Tandon Air Grand dapat mencegah agar lumut tidak tumbuh dan menempel pada tangki.

Banyak Pilihan Ukuran untuk Rumah Tangga

Terdapat berbagai ukuran tandon air yang bisa dipakai untuk keperluan rumah tangga. Mulai dari ukuran terkecil hingga besar.

Bersertifikat FDA

Tandon Air Grand telah bersertifikat Food Drugs Administration of United States of America.

Awet dan Tahan Lama

Salah satu material yang digunakan Grand di-import dari Jepang adalah 304 BA (Bright Annealed) yang merupakan material terbaik.

After Sales yang Baik

Anda akan dilayani dengan baik, sebelum dan sesuah pembelian.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara menentukan ukuran tandon air yang dapat Anda ketahui. Dalam memilih tandon air, pastikan merk tersebut sudah bersertifikat halal karena kehalalan sebuah produk menjadi poin penting untuk dikonsumsi atau dipakai bagi setiap muslim.