Denah Sanitasi Air Bersih Dan Air Kotor Seperti Apa? Ini Ulasannya!

Denah Sanitasi Air Bersih Dan Air Kotor Seperti Apa Ini Ulasannya!

Denah Sanitasi Air Bersih Dan Air Kotor – Banyak hal yang perlu dipikirkan ketika akan membangun suatu gedung tertentu. Tidak hanya pemilihan material bangunannya saja, akan tetapi juga bagaimana sistem sanitasi airnya agar dapat berjalan dengan baik dan tidak terganggu dengan masalah lainnya.

Oleh karena itu, anda perlu memahami dengan baik bagaimana denah sanitasi air bersih dan air kotor seperti apa pada ulasan ini. Agar nantinya tidak terjadi masalah pada kemudian hari.

Kenapa Perlu Pembedaan Sanitasi Air?

Jika dibandingkan dengan pemilihan material bangunan sebelum nantinya akan dibangun, pembedaan jalur sanitasi antara air bersih dan air kotor sangat penting untuk perencanaan dan pengelolaan instalasi untuk kegiatan sanitasi yang efisien dan juga aman. Alasan lain kenapa perlu pembedaan sanitasi ini yaitu:

Untuk Keamanan Dan Kesehatan Masyarakat

Dengan memisahkan antara sistem air bersih dan air kotor bisa membantu mencegah pencemaran antara air minum yang bersih dan limbanh yang bisa membahayakan kesehatan masyarakat. Jadi, pasokan air bersih yang aman dan bisa langung diminum maupun anda pakai dalam kehidupan sehari-hari

Mencegah Pencemaran

Dengan membedakan antara air bersih dan air kotor bisa membantu mencegah dari berbagai kontaminasi dan pencemaran pada berbagai sumber air bersih. Pemasangan yang tepat pada saluran air bersih maupun air kotor bisa membantu mengurangi resiko pencemaran limbah pada air untuk minum, sungai, maupun lingkungan yang ada di sekitar.

Artikel terkait :  Daftar Harga Tandon Air 5000 Liter Lengkap

Memenuhi Standar Kebersihan

Kalau ada pembedaan antara air bersih dan kotor dengan baik maka bisa mendukung pemenuhan standar kebersihan dan sanitasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini berarti termasuk memastikan bahwa penyediaan air minum dan pengelolaan air limbah bisa sesuai dengan persyaratan kebersihan dan keamanan yang sudah ditetapkan.

Perawatan Yang Lebih Efisien

Denah sanitasi yang terpisah bisa memudahkan perawatan dan pemeliharaan pada sistem air bersih maupun kotor. Petugas bisa memperbaiki saluran jika ada kendala dengan lebih efisien dan bisa mengidentifikasi permasalahan dengan benar tanpa khawatir ada kebingungan pada sistemnya.

Denah Sanitasi Air Bersih Dan Air Kotor

Denah sanitasi air baik yang bersih dan yang kotor merupakan representasi dari sistem pipa maupun saluran yang memisahkan antara air yang bersih (untuk minum, mandi, dan lainnya) dengan air kotor (limbah yang dihasilkan) pada suatu bangunan maupun perumahan. Gambaran umumnya yaitu sebagai berikut:

<yoastmark class=

Denah Sanitasi Air Bersih

  • Sumber air bersihnya: menunjukkan titik masuk air ke dalam bangunan. Misalnya saja dari sumur, PDAM, maupun sumber air lainnya.
  • Pompa air (pilihan): Jika memang perlu, tunjukkan saja tempat pompa air untuk memompa sumber air ke dalam penyimpanan maupun sistem distribusi.
  • Tangki penyimpanan air bersih: Tempat satu ini berfungsi untuk menyimpan air sebelum nantinya disebarkan ke seluruh bangunan. Letaknya bisa di bagian atas pada bangunan untuk memastikan tekanan airnya cukup.
  • Sistem distribusi air: bisa melalui pipa-pipa yang mengarahkan air bersih ke berbagai titik pada keseluruhan bangunan seperti kran, shower, maupun toilet.
  • Titik-titik dalam menggunakan air bersih ini: Tentukan saja lokasi-lokasi yang mana air bersih biasanya dipakai seperti kamar mandi, dapur, maupun ruang untuk mencuci.

Denah Sanitasi Air Kotor

  • saluran pembuangan utama: menunjukkan saluran pembuangan yang utama untuk mengarahkan air kotor dari berbagai tempat pada bagunan untuk selanjutnya disalurkan pada pembuangan utama.
  • septic tank: lokasi septic tank yang mana air kotor dari bangunan akan ditampung dan diolah sebelum dibuang ke lingkungan.
  • Saluran pembuangan sekunder: saluran yang menghubungkan septic tank ke sistem pembuangan umum atau ke tempat penampungan akhir.
  • Tempat penampungan akhir (jika ada): kalau diperlukan, perlu menunjukkan juga tempat penampungan akhir dari air kotor ini sebelum nantinya dibuang ke lingkungan.
  • Pembuangan akhir ke lingkungan: Lokasinya juga perlu ditentukan, agar tidak mengganggu kenyamanan dan aliran air bersih pada rumah maupun bangunan tertentu.
Artikel terkait :  Apa Saja Obat Pengurai Tinja Terbaik? Berikut Rekomendasinya

Produk-Produk Dari Tedmond Groups

Perusahaan Tedmond Groups ini salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia dalam bidang barang-barang untuk kebutuhan rumah tangga. Berdiri sejak tahun 1983, maka perusahaan satu ini sudah menbuat banyak produk yang berkualitas baik dan bermutu. Menyediakan berbagai produk yang sudah punya garansi sehingga bisa anda sekalian gunakan keseharian.

Produk Tangki Air Grand

Untuk menampung air bersih yang nantinya akan disalurkan ke semua penjuru, maka anda bisa gunakan tangki air Grand ini. Terbuat dari bahan HDPE murni, sehingga mempunyai dinding yang tebal dan juga kuat untuk menampung air bersih. Tangki air ini tidak mudah ditumbuhi lumut dan virus, jadi aman untuk penyimpanan air bersih tanpa khawatir terkontaminasi.

Tangki air ini sudah memiliki garansi selama 15 tahun. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan pelampung otomatis secara gratis setiap pembelian tangki air Grand berbagai ukuran.

<yoastmark class=

Produk Septic Tank Grand

Sedangkan untuk penampungan limbahnya, perusahaan Tedmond Groups menghadirkan septic tank Grand yang kuat, tidak mudah retak, dan tidak berkarat. Menggunakan teknologi penyaringan dengan sistem filtrasi “Multi Stage” sehingga menghasilkan endapan lumpur yang lebih sedikit.

Selain itu, terdapat teknologi Dual Faced Bioball, yaitu bola crusher untuk memecah limbah dengan baik sehingga kotoran tidak menempel dan menimbulkan penyumbatan.

<yoastmark class=

Penutup

Baik untuk kebutuhan penyimpanan air bersih maupun penampungan limbah, solusinya dengan menggunakan produk-produk dari perusahaan Tedmond Groups ini. Demikian penjelasan dari artikel satu ini, semoga bisa memberi informasi tambahan untuk anda sekalian. Sampai jumpa lagi!