Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Membuka Usaha Steam Cuci Motor?

Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Membuka Usaha Steam Cuci Motor?

Steam Cuci Motor – Bagi anda yang punya modal berlebih namun tidak tahu mau dikemanakan, tidak ada salahnya jika mencoba untuk membuka usaha. Salah satu usaha yang bisa menghasilkan cuan dan banyak yang menggunakan jasa satu ini, yaitu steam cuci motor. Karena saat ini banyak yang sudah punya motor untuk kebutuhan mobilitas.

Pada artikel kali ini, akan dibagikan mengenai apa saja yang diperlukan jika anda ingin memulai usaha steam cuci motor. Anda bisa simak dengan baik penjelasannya hingga akhir.

Pengertian Dari Steam Cuci?

Sebelum mengetahui apa saja yang diperlukan jika anda akan membuka usaha cuci steam motor, anda semua perlu tahu sebenarnya cuci steam itu apa. Steam cuci merupakan proses membersihkan dan mencuci kendaraan baik motor atau mobil yang menggunakan uap air panas bertekanan tinggi.

Uap Air Panas Pada Steam

Air biasa dipanaskan sampai suhunya tinggi sehingga menghasilkan uap air panas untuk membersihkan keseluruhan kendaraan. Uap ini dapat membersihkan dengan baik untuk mengurai lemak dan noda. Terutama kotoran-kotoran dan noda yang susah untuk dijangkau seperti bagian sela-sela motor yang dekat dengan mesin.

Artikel terkait :  Bikin Kaget! Cara Kerja Pelampung Toren Otomatis!

Alat Yang Diperlukan Untuk Steam Cuci Motor

Untuk anda yang berniat untuk membangun usaha cuci motor steam, anda perlu tahu alat-alat apa saja yang diperlukan agar usaha cuci steam motor banyak pelanggannya, yaitu:

Mesin Steam Cuci Motor

Alat satu ini merupakan perangkat utama yang menghasilkan uap air panas bertekanan tinggi. Alat ini dipakai untuk membersihkan permukaan motor maupun bagian-bagian motor yang susah dijangkau.
Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Membuka Usaha Steam Cuci Motor?
Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Membuka Usaha Steam Cuci Motor?

Kompresor Udara

Alat ini dipakai untuk memberikan udara bertekanan tinggi. Kompresor udara dapat membantu menghilangkan debu atau kotoran yang melekat pada motor.

Alat Pembersih

Siapkan juga alat-alat pembersih seoerti sikat khusus, lap yang terbuat dari bahan microfiber, maupun spons untuk membersihkan permukaan motor dengan efektif.

Alat Listrik

Agar tetap terjaga keamanan listriknya, anda perlu peralatan seperti stop kontak yang tahan air sehingga kabel listrik untuk peralatan-peralatan cuci steam tetap aman.

Wadah Air

Untuk memenuhi kebutuhan cadangan air yang diperlukan dalam menjalankan usaha steam cuci motor, maka perlu wadah air berupa tangki air berkualitas. Agar jika sewaktu-waktu ada pemadaman dan kegiatan mencuci motor sedang berlangsung maka tidak terhambat sehingga pelanggan tidak kecewa.

Alat Pengering

Anda juga perlu alat-alat untuk mengeringkan motor ketika selesai dicuci, agar motor tetap bersih dan dapat digunakan kembali oleh pelanggan.

Produk Pembersih Khusus Motor

Gunakan produk pembersih yang khusus untuk motor seperti shampo atau pembersih lainnya, tentunya yang aman untuk bagian-bagian pada motor seperti mesin, bodi, atau komponen lainnya.

Kartu Identitas Untuk Promosi

Untuk lebih mengenalkan usaha cuci steam motor milik anda, buat kartu identitas usaha, brosur, maupun materi-materi promosi lainnya untuk memasarkan layanan anda pada calon pelanggan.

Tips Membangun Usaha Steam Cuci Motor

Kalau anda sudah tahu alat-alat apa saja yang diperlukan untuk membangun usaha cuci motor steam, maka anda bisa simak tips-tips berikut dalam membangun suatu usaha di bidang cuci motor yaitu:

Artikel terkait :  Apa Jadinya Kalau Tidak Ada Cone Lalu Lintas?

Rencanakan Secara Matang

Anda bisa mulai dengan merencanakan usaha secara detail. Lakukan riset pasar untuk memahami permintaan dan kebutuhan pelanggan, serta pahami pesaing di wilayah sekitar usaha anda.

Pilih Lokasi Yang Strategis

Anda perlu memilih lokasi tepat dan strategis, yang dimana banyak kendaraan bermotornya sehingga dapat menarik banyak pelanggan.

Perlu Perizinan

Pastikan anda memahami semua izin dan peraturan yang berlaku untuk membangun bisnis cuci motor. Agar tidak terjadi masalah mengenai perizinan di kemudian hari.

Pakai Alat-Alat Yang Berkualitas

Anda perlu memilih peralatan cuci steam yang berkualitas tinggi. Hal ini berguna agar hasil mencuci motor bisa bersih dan kinclong. Jadi, jangan asal-asalan dalam memilih alat-alat untuk membangun usaha satu ini.

Berikan Pelayanan Yang Luar Biasa

Perlu memberikan pelayanan yang luar biasa pada pelanggan anda. Sambutlah dengan ramah, dengarkan apa yang menjadi kebutuhan mereka, serta berikan hasil membersihkan motor yang memuaskan dan terbaik agar pelanggan kembali lagi.

Pakai Produk Pembersih Yang Berkualitas

Pastikan anda memakai produk kimia pembersih yang aman dan efektif untuk membersihkan berbagai jenis motor. Anda perlu mengenal produk-produk ini dan cara memakainya dengan baik.

Tawarkan Diskon Yang Menarik

Pertimbangkan juga untuk menawarkan diskon kepada pelanggan anda. Hal ini penting untuk keberlangsungan usaha cuci steam agar pelanggan tetap setia.

Tangki Air Untuk Menyimpan Cadangan Air

Tentunya anda tidak mau sampai pelanggan untuk mencuci motor kabur karena air yang digunakan untuk usaha anda tiba-tiba padam bukan? Oleh karena itu agar cadangan air dapat terjaga dan bisa kapan saja anda gunakan, tanpa perlu khawatir padam, maka solusinya dengan menggunakan tangki air berkualitas dari GRAND.
Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Membuka Usaha Steam Cuci Motor?

Dinding Tangki Yang Kuat

Keunggulan dari tangki air GRAND ini yaitu memiliki lapisan dinding yang tebal dan kuat. Sehingga aman untuk menyimpan air bersih untuk berbagai keperluan terutama untuk mencuci motor. Tangki air GRAND ini juga tidak mudah ditumbuhi lumut, jamur, maupun bakteri yang bisa merusak cat maupun bodi motor.

Akhir Kata

Jadi, segera beralih menggunakan tangki air yang berkualitas untuk tempat tinggal maupun untuk kebutuhan usaha anda. Sampai disini dulu penjelasan mengenai alat-alat dan tips apa saja yang diperlukan dalam membangun usaha mencuci kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.