Apa Pentingnya Mematikan Keran Air Jika Tidak Dipakai?

Mematikan Keran Air Jika Tidak Dipakai

Mematikan Keran Air Jika Tidak Dipakai – Seperti saat sekarang ini, kita semua memasuki masa musim kemarau panjang dimana hujan jarang sekali. Bahkan, di beberapa wilayah mengalami panas terus menerus tanpa ada hujan. Hal ini tentu bisa menyebabkan pasokan air di berbagai tempat berkurang.

Nah, tentunya anda tidak ingin kekurangan air untuk kebutuhan anda maupun keluarga sehari-hari bukan? Oleh karena itu berikut penjelasan artikel tentang pentingnya mematikan keran air jika tidak dipakai!

Kenapa Kita Harus Hemat Air?

Meskipun pada planet Bumi ini sebagian besarnya merupakan daerah lautan, namun nyatanya hanya sekitar 2,5 persen air tawar di Bumi yang bisa kita konsusmsi sehari-hari. Sisanya masih terjebak dalam kutub es atau pada bawah tanah yang sulit untuk diakses. Karena keterbatasan sumber air bersih untuk digunakan inilah yang membuat kita semua perlu menghemat air.

Untuk Menghindari Krisis Air

Seperti yang diketahui dan banyaknya berita yang beredar bahwa banyak daerah di dunia yang mengalami krisis air, yaitu pasokan air tidak cukup guna memenuhi kebutuhan keluarga maupun masyarakat. Maka dari itu, menghemat air bisa mencegah krisis air pada masa yang akan datang.

Artikel terkait :  Tips Memilih Plafon Untuk Rumah, Jangan Salah Pilih!

Agar Sumber Air Terjaga

Menghemat air juga menjadi upaya penting dalam menjaga ketersediaan sumber air alami seperti sungai dan danau. Lingkungan sekitar tidak hanya manusia, tetapi juga hewan dan tumbuhan perlu air bersih untuk bisa tetap hidup dan berkembang biak. Sehingga keberlanjutan populasi hewan dan tumbuhan dapat terjaga.

Kenapa Perlu Mematikan Keran Air Jika Tidak Dipakai?

Kalau anda sering membiarkan air keran menyala bahkan ketika tidak dipakai, sebaiknya anda perlu mengubah kebiasaan tersebut dari sekarang. Karena beberapa alasan seperti yang akan dijelaskan berikut bisa memperkuat akan pentingnya mematikan keran air ketika tidak terpakai:
Apa Pentingnya Mematikan Keran Air Jika Tidak Dipakai?

Menghemat Air

Alasan utama kenapa anda harus mematikan keran air yaitu untuk menghemat air. Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa air merupakan sumber daya yang terbatas. Maka, jangan biarkan air mengalir tanpa henti dan terbuang percuma. Karena bisa digunakan untuk kebutuhan lain dan untuk generasi mendatang.

Mengurangi Pemborosan

Penyaluran air ke tempat tinggal kita sebenarnya memerlukan energi. Ketika air keran yang sudah tidak digunakan mati, maka dapat mengurangi pemakaian energi baik pada keran air maupun pada pompa.

Mengurangi Biaya

Membiarkan air mengalir secara terus menerus bisa meningkatkan tagihan air di tempat tinggal anda. Ketika sudah tidak dipakai lagi, lebih baik keran dimatikan agar mengurangi biaya tagihan bulanan.

Mencegah Kebocoran

Air yang terus menerus mengalir dari keran air yang masih menyala lama kelamaan bisa menyebabkan kebocoran pada pipa. Dengan mematikannya, maka bisa mengurangi resiko kebocoran atau masalah-masalah lainnya yang memerlukan perbaikan mahal.

Menghindari Banjir

Jika anda membiarkan air mengalir terus menerus pada keran milik anda, bisa menyebabkan resiko banjir kecil pada tempat tinggal anda. Sebaiknya matikan air setelah menggunakannya agar bisa mencegah hal-hal seperti ini terjadi.

Kesadaran Akan Lingkungan

Mematikan keran ketika sudah tidak digunakan lagi merupakan cara yang sangat tepat untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menghargai dan menjaga sumber daya alam air agar tetap tersedia dan terjaga.

Tips Agar Tidak Lupa Mematikan Keran Air

Supaya anda maupun pengguna tidak lupa mematikan keran air serta membantu untuk menghemat air, sebaiknya ikuti tips-tips yang bisa diikuti berikut ini:

Buat Pengingat

Tempelkan kertas pesan atau stiker yang dekat dengan keran air untuk mengingatkan anda maupun penghuni untuk mematikan keran setelah dipakai. Pesan ini akan memberikan pengingat secara langsung untuk segera dimatikan.

Pakai Sensor Keran

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan keran yang ada sensor otomatisnya. Sehingga bisa secara otomatis mendeteksi ada tangan atau kaki, yang kemudian bisa aktif dan mati secara otomatis ketika anda menjauh.

Peraturan Keluarga

Beri tahu seisi tempat tinggal tentang pentingnya untuk mematikan keran setelah digunakan. Diskusikan dengan mereka tentang dampak pemborosan air dan buat peraturan untuk selalu mematikan setelah setiap kali digunakan.

Pakai Keran Yang Mudah Dimatikan

Gunakan keran air yang punya pegangan mudah untuk dijangkau dan diputarnya. Keran air yang desainnya sulit untuk dimatikan atau dinyalakan membuat orang malas untuk mematikannya.

Pikirkan Tentang Tagihan Air

Pantau terus tagihan air yang ada pada tempat tinggal anda. Ketika ada yang lupa mematikan, anda bisa melacak pemborosan air akibat tidak mematikan setelah digunakan atau karena keran tidak sengaja terbuka.

Tangki Untuk Menghemat Air

Setelah penjelasan ini, diharapkan anda semua bisa lebih bijak lagi dalam mengelola ketersediaan air bersih pada tempat tinggal anda. Salah satunya dengan menggunakan tangki air dari GRAND Luxe. Tangki air ini terdiri dari 3 lapisan pelindung yang dapat melindungi air bersih yang tersimpan pada tangki air GRAND Luxe.

Warna Hitam Yang Elegan Pada Tangki

Menggunakan warna hitam pada tangki air GRAND Luxe ini dapat memberikan tampilan yang elegan dan menarik. Oleh karena itu, tangki air GRAND Luxe ini tahan terhadap segala suhu tinggi dan perubahan cuaca. Jadi, air bersih pada tangki air GRAND Luxe tetap terjaga dan aman untuk langsung dikonsumsi.
Apa Pentingnya Mematikan Keran Air Jika Tidak Dipakai?

Penutup

Anda tidak perlu ragu dalam menggunakan tangki air GRAND Luxe ini karena sudah memiliki garansi. Nah, jadi itulah beberapa alasan pentingnya untuk mematikan keran air jika tidak dipakai. Semoga penjelasan ini bisa membantu anda dalam menghemat air dengan baik. Sampai jumpa lagi pada penjelasan menarik lainnya.