Waspada! Ketahuilah Penyebab Jalan Berlubang

Waspada! Ketahuilah Penyebab Jalan Berlubang

Jalan Berlubang – Jalan atau permukaan jalan yang rusak, retak atau memiliki lubang-lubang yang disebabkan oleh berbagai faktor. Apa saja faktor penyebab jalan berlubang? simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Jalan Berlubang

Penyebab Jalan Berlubang

Jalan berlubang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca ekstrim, lalu lintas kendaraan berat, kualitas material jalan, ketidakcukupan perawatan, usia jalan, pencemaran air dan bahan kimia, geologi lokal dan kemacetan lalu lintas.

Cuaca Ekstrim

Perubahan cuaca ekstrim seperti hujan berkepanjangan dapat merusak permukaan jalan. Air yang masuk ke dalam retakan di jalan akan membeku saat suhu turun dan meleleh saat suhu naik. Proses inilah yang dapat melemahkan permukaan jalan dan menyebabkan retakan atau lubang.

Lalu Lintas Kendaraan Berat

Kendaraan berat seperti truk, bus dan kendaraan kontruksi dapat memberikan tekanan besar pada permukaan jalan. Beban berat inilah yang dapat mengakibatkan penekanan berlebihan pada aspal atau bahan jalan lainnya, sehingga menyebabkan retakan dan kerusakan.

Kualitas Material Jalan

Kualitas aspal atau bahan lain yang digunakan untuk membangun jalan dapat mempengaruhi seberapa tahan jalan tersebut terhadap kerusakan. Bahan berkualitas rendah atau penerapan yang buruk dapat membuat jalan lebih rentan terhadap lubang atau lebih mudah berlubang.

Artikel terkait :  Ukuran Tangki Air Stainless Untuk Penyimpanan Cairan Efektif!

Ketidakcukupan Perawatan

Jika jalan tidak dipelihara dengan baik atau perbaikan tidak dilakukan secara rutin, kerusakan kecil pada jalan dapat berkembang menjadi lubang yang lebih besar dan bisa menjadi lebih serius.

Usia Jalan

Semakin tua usia jalan biasanya akan lebih rentan terhadap kerusakan. Proses penuaan alami, seperti retakan pada aspal dan deformasi struktural dapat membuat jalan lebih mudah berlubang.

Pencemaran Air Dan Bahan Kimia

Paparan jalan terhadap air, bahan kimia dan polusi udara dapat merusak permukaan jalan. Air hujan yang mengandung bahan kimia atau garam juga dapat mengikis aspal.

Geologi Lokal

Faktor geologi seperti tanah yang mengalami pergerakan tanah dapat menyebabkan perubahan pada struktur jalan dan mengakibatkan kerusakan.

Kemacetan Lalu Lintas

Kemacetan lalu lintas yang berkepanjangan dapat menyebabkan tekanan dan gesekan yang berlebihan pada permukaan jalan.

Bahaya Jalan Berlubang

Bahaya Jalan Berlubang

Jalan berlubang yang tidak segera diperbaiki dapat menjadi bahaya yang serius bagi pengendara, pejalan kaki dan kendaraan bermotor. 

Kecelakaan Lalu Lintas

Lubang di jalan dapat menyebabkan kendaraan kehilangan kontrol. Hal ini dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang serius, terutama jika pengendara tidak dapat menghindari lubang tersebut.

Kerusakan Kendaraan

Roda, ban, suspensi dan bagian bawah kendaraan bisa rusak jika kendaraan melintasi lubang dengan kecepatan tinggi atau tidak dapat menghindarinya dengan baik.

Cedera Pengemudi Dan Penumpang

Saat kendaraan melewati lubang di jalan, pengemudi dan penumpang dapat mengalami goncangan yang keras. Hal ini bisa menyebabkan cedera seperti cedera punggung, leher dan kepala.

Pecahnya Ban

Lubang di jalan bisa menjadi penyebab ban pecah. Ini adalah bahaya umum bagi pengendara sepeda motor yang lebih rentan terhadap kerusakan seperti ini.

Artikel terkait :  Jangan Salah! Inilah Ukuran Septic Tank Untuk 4 Orang yang Ideal

Biaya Perbaikan Kendaraan

Kerusakan yang disebabkan oleh lubang di jalan dapat mengakibatkan biaya perbaikan bagi pemiliki kendaraan. Biaya perbaikan ini biasanya termasuk suspensi, roda dan bagian kendaraan lainnya.

Terkendalanya Lalu Lintas

Pengendara harus lebih melambatkan atau menghindari lubang dan hal ini dapat mengganggu aliran lalu lintas dan menyebabkan kemacetan.

Kerugian Ekonomi

Dapat berdampak negatif pada ekonomi, seperti bisnis yang mengirim barang melalui jalan berlubang dapat mengalami penundaan dan kerugian.

Bahaya Pejalan Kaki Dan Sepeda

Pejalan kaki dan pengendara sepeda juga berisiko terjatuh atau terluka jika tidak berhati-hati saat berjalan atau bersepeda di sekitar jalan berlubang.

Tanda Jalan Berlubang

Jalan berlubang yang disebabkan oleh berbagai faktor dapat membahayakan baik bagi pengendara, pejalan kaki ataupun kendaraan bermotor. Jadi, sebaiknya jalan berlubang diberikan tanda untuk memberikan peringatan kepada pengendara atau pejalan kaki.

Traffic Cone Grand

Traffic Cone Grand ini terbuat dari bahan soft PVC yang membuatnya lentur dan super kuat. Anda dapat menggunakan traffic cone Grand ini sebagai tanda jalan berlubang yang memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah:

  • Relatif ringan dan mudah dipindahkan sehingga dapat dengan cepat ditempatkan di sekitar lubang tanpa memerlukan peralatan khusus
  • Tahan benturan tanpa rusak yang membuatnya cocok untuk situasi di mana kendaraan dapat melintas di dekatnya
  • Harganya yang lebih terjangkau sehingga dapat digunakan dalam jumlah besar untuk menandai lubang di berbagai lokasi 
  • Merupakan pilihan yang baik untuk penandaan sementara jalan berlubang atau perbaikan jalan yang sedang berlangsung
  • Bisa digunakan dijalan yang sempit karena penggunaannya yang praktis

Tanda Jalan Berlubang

Road Barrier Grand

Road Barrier Grand terbuat dari bahan HDPE yang membuatnya tahan terhadap benturan dan tidak mudah pecah. Anda dapat menggunakan road barrier Grand ini sebagai tanda jalan berlubang dengan banyak kelebihan, diantaranya adalah:

  • Terbuat dari bahan yang lebih kuat sehingga memberikan perlindungan fisik yang lebih kuat terhadap kendaraan yang mungkin mengabaikan tanda peringatan
  • Dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih baik terutama di jalan dengan lalu lintas berat atau kecepatan tinggi di mana risiko kecelakaan lebih tinggi
  • Dapat mengalihkan lalu lintas dengan lebih efektif dan aman terutama di jalan yang lebar atau dalam kasus penutupan jalan sementara
  • Sering digunakan dalam proyek konstruksi jangka panjang atau untuk penandaan yang akan berlangsung dalam jangka panjang
  • Lebih tahan terhadap kerusakan dan cuaca yang ekstrim, sehingga lebih tahan lama
Artikel terkait :  Kenapa Batu Empedu Bisa Terjadi Karena Air Minum Yang Buruk? Ini Penjelasannya

Penutup

Demikianlah penyebab jalan berlubang yang harus Anda waspadai agar dapat menghindari bahaya yang disebabkan oleh jalan berlubang. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.