Inilah Cara Menghilangkan Karat pada Kitchen Sink dengan Sitrun yang Benar

Inilah Cara Menghilangkan Karat pada Kitchen Sink dengan Sitrun yang Benar

Ternyata cara menghilangkan karat pada Kitchen Sink tidaklah sulit, lho. Bahkan Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar.

Karena Anda bisa menggunakan Sitrun yang harganya relatif murah. Sitrun juga mudah dijumpai di beberapa toko terdekat Anda.

Sitrun sendiri merupakan senyawa kimia yang dapat Anda temukan pada buah Lemon. Buah lemon sendiri dikenal dengan nama ilmiah Citrus Limon.

Anda bisa memanfaatkan Sitrun ini untuk menghilangkan karat pada Kitchen Sink yang Anda miliki.

Cara Menghilangkan Karat pada Kitchen Sink dengan Sitrun

Cara Menghilangkan Karat pada Kitchen Sink dengan Sitrun

Sebelum Anda melakukan cara menghilangkan karat, alangkah baiknya mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan yang Anda Butuhkan

Inilah daftar bahan yang Anda butuhkan:

  • 2 atau 3 buah sitrun, tergantung dari ukuran Kitchen Sink yang Anda miliki, Anda dapat menggunakannya secukupnya saja.
  • Garam sebagai campuran.
  • Sikat berbulu lembut, untuk menyikat karat.
  • Air hangat.
  • Lap kering untuk proses akhir.

Langkah-langkah Menghilangkan Karat

Inilah langkah-langkah menghilangkan karat pada Kitchen Sink / Bak Cuci Piring Stainless Steel, sebagai berikut:

  1. Potonglah sitrun mnejadi 2 bagian. Bagian dalam sitrun bisa Anda gunakan untuk menghilangkan karat.
  2. Taburkan garam secukupnya ke permukaan Kitchen Sink yang telah berkarat, Pastikan juga garam yang Anda tabur merata pada area yang terkena karat.
  3. Gosokkan sitrun di permukaan Kitchen Sink yang telah berkarat dengan bagian yang telah Anda potong sebelumnya.
  4. Tekan dan gosok dengan sangat lembut, dan ratakan ke seluruh bagian permukaan.
  5. Biarkan campuran sitrun dan garam yang telah dioleh ke permukaan meresap selama 15 hingga 30 menit. Tujuannya untuk memberikan asam sitrat dengan sitrun dan garam agar bisa menguraikan karat.
  6. Setelah dirasa campuran sitrun dan garam meresap dengan sempurna, gunakanlah sikat yang Anda siapkan untuk menggosok wilayah yang telah berkarat. Gosokkan dengan lembut dan ulangi jika perlu.
  7. Bilaslah dengan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa sitrun dan garam.
  8. Jika dirasa Kitchen Sink sudah bebas dari karat, keringkan dengan menggunakan lap hingga kering dan bersih.

Pilihan Opsional, Apabila Anda hendak mengembalikan kilauan pada Kitchen Sink, Anda bisa memoleskannya menggunakan bahan pelapis sejenis Sink atau gunakan lilin untuk membuat efek kilauan kembali sehingga seperti baru..

Kenapa Karat Bisa Terjadi pada Stainless Steel?

Pasalnya, karat yang ada pada Kitchen Sink berasal dari benda logam lainnya.

Artikel terkait :  Ciri-Ciri Pencemaran Air (Terkontaminasi Limbah)

Penyebab utama dari karat-karat kecil yang terjadi di Kitchen Sink / Bak Cuci Stainless Steel adalah peralatan masak yang terbuat dari besi dan kaleng makanan yang tertinggal lama pada wastafel cuci piring.

Terdapat faktor lain juga yang bisa menyebabkan wastafel cuci piring berkarat, seperti rusaknya Kitchen Sink tersebut.

Hal ini karena kandungan Kromium rusak akibat amonia. Kandungan kromium berfungsi untuk melindungi Stainless Steel dari karatan.

Ketika oksigen mencapai kromium, reaksi akan terjadi dan menciptakan lapisan pelindung ke permukaan Stainless Steel.

Namun, jika bahan kimia keras seperti amonia ada pada Kromium dan merusaknya maka Kroium tidak dapat melindungi permukaan Stainless Steel dari karat.

Meskipun demikian, kromium bisa memperbaiki dirinya sendiri, ketika Anda membersihkan bak cuci dengan sabun cuci piring yang ringan.

Cara Perawatan Kitchen Sink yang Benar

Setelah Anda membersihkan Kitchen Sink, Anda bisa melakukan perawatan secara rutin untuk mengurangi kemungkinan munculnya noda karat dan meminimalisir terjadinya karatan baik kecil maupun besar.

Penting untuk tidak menggunakan sikat atau alat penggosok yang terbuat dari logam karena hal ini dapat mengakibatkan goresan dan merusak lapisan pelindung yang mencegah timbulnya karat. Jika rusak, kemampuan kromium akan menurun.

Sikat dengan bahan logam juga berpotensi mengeluarkan serpihan logam kecil yang bisa terjebak dalam goresan wastafel, yang pada akhirnya dapat menyebabkan bintik-bintik karat muncul.

Selanjutnya, Anda perlu menghindari penggunaan pemutih atau pembersih yang mengandung klorida serta bahan kimia keras lainnya karena bisa merusak material stainless steel yang tahan karat. Namun, jika tidak dapat dihindari untuk menggunakan pemutih di kitchen sink, pastikan untuk menyiramnya dengan baik dan mengeringkannya dengan handuk.

Artikel terkait :  Apa Itu Coating Pada Tandon, Amankah Digunakan?

Anda dapat menggunakan bahan yang lebih ringan untuk membersihkannya.

Selain itu, disarankan untuk membilas kitchen sink dengan air hangat setelah digunakan. Ini akan membantu menghilangkan residu sabun dan kotoran yang mungkin menempel di wastafel. Dan, pastikan untuk mengeringkan wastafel agar tidak terbentuk bercak air.

Gunakan Kitchen Sink Grand

Bak Cuci Piring Stainless Grand

Bak Cuci Piring Grand

Rp141.400

Untuk menghindari terjadinya karatan pada Kitchen Sink, Anda bisa menggunakan produk yang berkualitas yaitu Kitchen Sink Grand atau Bak Cuci Piring Stainless Steel Grand.

Kenapa memilih Kitchen Sink Grand?

  • Mampu menahan beban berat dan tidak akan penyok.
  • Bahan telah teruji Food Grade Material.
  • Karena bak cuci piring terbuat dari bahan Stainless Steel 304 BA, Grade terbaik.
  • Desain Ergonomis.

Konsultasi dan pembelian mengenai produk Kitchen Sink di Customer Service kami melalui Whatsapp.

Penutup

Itulah cara menghilangkan karat pada Kitchen Sink / Bak Cuci Piring Stainless Steel dengan Sitrun. Jika Anda tidak menginginkan karatan terjadi maka gunakanlah produk berkualitas yang mengandung kromium tinggi sehingga bisa melindungi dari karat, yakni Kitchen Sink Grand.