Tips Jitu Mengetahui Letak Tandon Air Rumah Minimalis

letak tandon air rumah minimalis

Letak Tandon Air Rumah Minimalis – Tandon air tidak hanya dibutuhkan di rumah-rumah yang berukuran besar. Bahkan rumah dengan ukuran minimalis juga memerlukannya. Lalu bagaimana cara mengetahui letak tandon yang baik untuk rumah minimalis? yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Tandon Air

Tandon air adalah wadah atau tangki yang dirancang khusus untuk menyimpan air di rumah atau bangunan.

Fungsi Tandon Air

Fungsi tandon air adalah untuk menyediakan pasokan air cadangan yang dapat digunakan saat terjadi kekurangan atau gangguan pasokan air utama. Dengan memiliki tandon air, pengguna dapat tetap memiliki akses ke air bersih untuk keperluan sehari-hari ketika pasokan air terganggu.

Ciri Tandon Air Yang Bagus

Berikut adalah beberapa ciri tandon air yang cocok dengan letak tandon air rumah minimalis

Kapasitas Yang Mencukupi

Tandon air yang bagus memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga atau bangunan.

Material Yang Berkualitas

Tandon air yang bagus dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan tahan terhadap korosi serta kebocoran. Bahan yang umum digunakan termasuk plastik berkualitas tinggi atau beton bertulang yang tahan terhadap kekuatan tekan air.

Artikel terkait :  Rekomendasi Ukuran Toren Air Diatas Dan Ditanam

Desain Yang Kuat Dan Tahan Lama

Tandon air yang bagus memiliki desain yang kuat dan tahan lama. Desain ini akan memastikan kestabilan dan ketahanan tandon air terhadap tekanan air di dalamnya serta faktor eksternal seperti guncangan atau perubahan suhu.

Kemudahan Instalasi Dan Pemeliharaan

Tandon air yang mudah dipasang dan memiliki akses yang nyaman untuk membersihkan atau memperbaiki akan memudahkan pengguna dalam penggunaan dan perawatan tandon air.

Fitur Keamanan Tambahan

Tandon air yang bagus mungkin memiliki fitur keamanan tambahan, seperti penutup yang rapat untuk mencegah kontaminasi air oleh serangga atau kotoran, atau sistem pengaman yang mengurangi risiko tumpahan air.

Perlindungan Terhadap Sinar UV

Tandon air yang bagus akan memiliki lapisan perlindungan terhadap sinar UV. Ini akan membantu mencegah kerusakan dan penuaan dini pada tandon air akibat paparan sinar matahari.

Sertifikasi Dan Standar Kualitas

Memilih tandon air yang sudah tersertifikasi dan memenuhi standar kualitas yang diakui akan memberikan kepercayaan bahwa tandon air tersebut memenuhi kriteria kualitas yang baik dan dapat diandalkan.

Pengertian Rumah Minimalis

Rumah minimalis adalah konsep desain rumah yang mengutamakan kesederhanaan, kebersihan, dan efisiensi ruang. Rumah minimalis cenderung memiliki desain yang sederhana dengan penggunaan elemen-elemen yang minimalis.

Ciri Khas Rumah Minimalis

Desain Yang Sederhana

Rumah minimalis memiliki bentuk yang simpel dengan garis-garis yang jelas dan tegas. Detail ornamentasi yang berlebihan dihindari, sehingga kesan bersih dan teratur tercipta.

Ruang Terbuka

Rumah minimalis seringkali memiliki ruang terbuka yang luas, dengan penggunaan dinding-dinding yang minim. Ini memberikan kesan lapang dan nyaman, serta memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah.

Warna Netral

Palet warna yang dominan dalam rumah minimalis adalah warna netral seperti putih, abu-abu, coklat, atau hitam untuk memberikan kesan yang tenang dan elegan.

Artikel terkait :  Toren Air Grand Anti Lumut Gratis Ongkir

Fungsi Dan Efisiensi Ruang

Rumah minimalis dirancang dengan mempertimbangkan efisiensi penggunaan ruang. Setiap ruangan memiliki fungsi yang jelas dan tidak ada pemborosan ruang yang tidak perlu.

Penekanan Pada Bahan Alami

Dalam desain rumah minimalis, bahan-bahan alami seperti kayu, batu, dan beton sering digunakan. Hal ini memberikan kesan alami dan memberikan sentuhan hangat pada rumah.

Ukuran Tandon Air

Ukuran tandon air yang cocok untuk rumah minimalis bervariasi tergantung pada kebutuhan air rumah anda. Berikut adalah beberapa ukuran tandon air yang umum digunakan untuk rumah minimalis:

500-1000 Liter

Jika anda memiliki rumah minimalis dengan jumlah penghuni yang sedikit dan tidak memiliki kebutuhan air yang terlalu besar, tandon air dengan kapasitas sekitar 500 hingga 1000 liter mungkin sudah cukup. Ukuran ini cocok untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti mandi, mencuci, dan memasak.

1000-2000 Liter

Jika rumah minimalis anda memiliki penghuni yang sedang dan kebutuhan air yang sedang, tandon air dengan kapasitas sekitar 1000 hingga 2000 liter dapat menjadi pilihan yang baik. Ukuran ini akan memberikan pasokan air yang cukup selama periode kekurangan air atau gangguan pasokan sementara.

2000 Liter Atau Lebih

Jika rumah minimalis anda memiliki jumlah penghuni yang banyak atau kebutuhan air yang lebih tinggi, Anda mungkin memerlukan tandon air dengan kapasitas lebih besar, seperti 2000 liter atau lebih. Ukuran ini akan memberikan pasokan air yang mencukupi untuk kebutuhan rumah tangga yang lebih intensif.

Letak Tandon Air Rumah Minimalis

iniah contoh letak tandon air rumah minimalis

Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan letak tandon air dalam rumah minimalis:

Pilih Lokasi Yang Strategis

Pastikan letaknya tidak mengganggu tata ruang rumah minimalis anda dan tetap mudah dijangkau untuk pengisian ulang atau perawatan. Contohnya di atap rumah, halaman belakang, garasi, atau area terbuka di sekitar rumah anda.

Artikel terkait :  Inilah Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras

Pertimbangkan Ruang Yang Tersedia

Pilih tandon air dengan ukuran yang sesuai dengan ruang yang ada agar tidak mengganggu tata ruang rumah anda.

Hindari Area Yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Jika memungkinkan, hindari menempatkan tandon air di area yang terkena sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari secara langsung dapat mempercepat penuaan dan kerusakan pada tandon air. Jika tidak ada pilihan lain, pastikan tandon air dilindungi dengan penutup atau lapisan perlindungan UV yang sesuai.

Perhatikan Kestabilan Dan Keamanan

Pastikan permukaan di mana tandon air ditempatkan cukup kuat untuk menopang bobot tandon air yang penuh. Jika memungkinkan, tambahkan dasar atau fondasi yang kuat untuk tandon air.

Jaga Jarak Dengan Saluran Air

Jaga jarak yang aman antara tandon air dengan saluran air. Hal ini akan membantu mencegah kontaminasi air dan memastikan kebersihan air yang disimpan dalam tandon.

Tandon air Grand bisa menjadi salah satu pilihan anda. Karena tangki ini terdapat beberapa ukuran yang cocok untuk rumah dengan ukuran minimalis, contohnya tandon air Grand yang berukuran 300L, 600L, 700L, 900L dan 1100L. Tandon air Grand ini bergaransi 15 tahun (14 tahun servis dan 1 tahun ganti baru sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku).

Penutup

Setelah mengetahui tips letak tandon air di rumah minimalis, sekarang saatnya anda memilih tandon air yang berkualitas tinggi, ramah lingkungan dan sudah bersertifikasi halal seperti tandon air Grand. Baiklah cukup sekian tips dari admin sampai jumpa di tips-tips lainnya ya.