Perbedaan Kitchen Set APC Dan HPL, Mana Lebih Baik?

Perbedaan Kitchen Set APC Dan Kitchen Set HPL

Perbedaan Kitchen Set APC Dan HPL, Mana Lebih Baik? – Setiap orang pasti menginginkan dapur yang bersih dan indah. Namun kebanyakan dari mereka masih bingung harus memakai jenis kitchen set yang seperti apa. Disini, admin akan merekomendasikan 2 jenis kitchen set. Berikut penjelasan diantara keduanya.

Pengertian Kitchen Set

Kitchen set adalah sebuah sistem atau rangkaian furnitur yang terdiri dari berbagai elemen, seperti lemari, rak, laci, dan meja yang dirancang khusus untuk keperluan dapur.

Kitchen set biasanya dipasang di dinding dan lantai dapur untuk memberikan area kerja yang efisien, penyimpanan yang optimal, serta estetika yang sesuai dengan desain interior.

Tujuan Pemasangan Kitchen Set

Tujuan utama pemasangan kitchen set adalah untuk menciptakan dapur yang fungsional, terorganisir, dan estetis. Kitchen set APC dan HPL memiliki tujuan pemasangan yang berbeda.

Dengan pemasangan kitchen set APC, anda dapat menciptakan dapur yang estetis, tahan terhadap air dan kelembapan, mudah perawatannya, serta memiliki daya tahan yang baik.

Sedangkan dengan pemasangan kitchen HPL, anda dapat memberikan dapur yang estetis, tahan terhadap air dan kelembapan, mudah perawatannya, serta memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik.

Perbedaan Kitchen Set APC Dan HPL

Kitchen Set APC dan HPL merupakan dua jenis bahan yang umum digunakan dalam pembuatan kitchen set. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

APC (Acrylic Polymer Composite) :

  • APC merupakan bahan komposit yang terbuat dari serbuk kayu dan resin akrilik.
  • Bahan ini tahan terhadap air, kelembapan, dan perubahan suhu.
  • Permukaan APC halus dan dapat dicetak dengan berbagai tekstur dan motif.
  • APC memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan dan benturan.
  • Warna dan pola APC dapat disesuaikan dengan keinginan anda.
Artikel terkait :  Tips Pengolahan Air Bersih Secara Efektif

HPL (High-Pressure Laminate) :

  • HPL terbuat dari lapisan tipis kertas yang diresinasi dan ditempelkan pada substrat kayu.
  • Bahan ini juga tahan terhadap air, kelembapan, dan perubahan suhu.
  • Permukaan HPL memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap goresan dan benturan.
  • HPL tersedia dalam berbagai pola, tekstur, dan warna yang menyerupai kayu alami atau bahan lainnya.

Dapur Seperti Apa Yang Cocok ??

Dapur yang cocok dengan penggunaan bahan APC (Acrylic Polymer Composite)

Berikut adalah beberapa contoh dapur yang cocok dengan penggunaan APC :

  1. Dapur dengan akses ke ruang cuci atau wastafel : Bahan APC tahan terhadap air dan kelembapan, sehingga cocok untuk dapur yang sering terkena percikan air atau uap air. Dapur dengan akses yang dekat ke ruang cuci atau wastafel biasanya memiliki risiko kelembapan yang lebih tinggi, dan dapat membantu menjaga keawetan dan keindahan dapur.
  2. Dapur dengan tampilan alami : APC dapat memberikan tampilan yang menyerupai kayu alami dengan berbagai pilihan warna, tekstur, dan motif. Oleh karena itu, dapur dengan tema alami atau ingin memberikan kesan alami dalam desain interior akan cocok dengan penggunaan kitchen set APC.
  3. Dapur dengan gaya modern atau kontemporer : APC dapat memberikan tampilan yang modern dan segar dalam desain dapur. Dapur dengan gaya modern atau kontemporer yang mencari tampilan yang bersih, halus, dan bervariasi dalam pilihan warna dan tekstur dapat memilih kitchen set APC sebagai opsi yang sesuai.
  4. Dapur yang sering digunakan : Kitchen set APC memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan dan benturan. Oleh karena itu, dapur yang sering digunakan dan memerlukan kekuatan dan daya tahan tambahan dapat diuntungkan dari penggunaan kitchen set APC.
  5. Dapur dengan anggaran terbatas : APC cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa bahan kitchen set lainnya. Dapur dengan anggaran terbatas dapat memilih kitchen set APC untuk memenuhi kebutuhan fungsional dan estetika tanpa melebihi batas anggaran.
Artikel terkait :  Harga Tandon Air 1200 Liter Termurah

Dapur yang cocok dengan penggunaan bahan HPL (High-Pressure Laminate)

Berikut adalah beberapa contoh dapur yang cocok dengan penggunaan HPL:

  1. Dapur dengan tampilan yang alami : HPL tersedia dalam berbagai pola, tekstur, dan warna yang menyerupai kayu alami. Oleh karena itu, dapur dengan tema alami atau ingin memberikan kesan alami dalam desain interior akan cocok dengan penggunaan kitchen set HPL.
  2. Dapur dengan tampilan yang beragam : HPL juga tersedia dalam berbagai pilihan pola, tekstur, dan warna yang tidak hanya menyerupai kayu, tetapi juga batu, logam, atau bahan lainnya. Dapur dengan tampilan yang beragam dan ingin eksperimen dengan desain dapat memilih kitchen set HPL sebagai opsi yang sesuai.
  3. Dapur dengan gaya desain modern atau kontemporer : HPL dapat memberikan tampilan yang modern, segar, dan polos dalam desain dapur. Dapur dengan gaya desain modern atau kontemporer yang mencari tampilan yang bersih, halus, dan polos dapat memilih kitchen set HPL untuk mencapai estetika yang diinginkan.
  4. Dapur dengan kebutuhan tahan lama dan mudah perawatan : HPL memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan, noda, dan deformasi. Oleh karena itu, dapur yang membutuhkan permukaan yang tahan lama, mudah dibersihkan, dan memerlukan perawatan yang minimal akan cocok dengan penggunaan kitchen set HPL.
  5. Dapur dengan anggaran terbatas : HPL cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa bahan kitchen set lainnya, seperti kayu alami. Dapur dengan anggaran terbatas dapat memilih kitchen set HPL untuk memenuhi kebutuhan fungsional dan estetika tanpa melebihi batas anggaran.

Mana Yang Lebih Baik ??

Mana yang lebih baik antara Kitchen Set APC dan HPL? Hal tersebut tergantung pada keinginan dan kebutuhan anda. Berikut beberapa pertimbangan yang bisa digunakan :

  1. Tampilan : Jika anda menginginkan tampilan yang lebih alami dan mendekati kayu asli, HPL bisa menjadi pilihan yang baik karena tersedia dalam pola kayu yang beragam. Namun, jika anda menginginkan pilihan warna dan tekstur yang lebih bervariasi, APC mungkin lebih cocok.
  2. Ketahanan : Baik APC maupun HPL memiliki ketahanan yang baik terhadap air, kelembapan, goresan, dan benturan. Namun, APC cenderung lebih tahan terhadap goresan karena permukaannya yang halus.
  3. Biaya : Secara umum, HPL memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan APC. Jadi, jika anggaran menjadi pertimbangan utama, HPL bisa menjadi opsi yang lebih ekonomis.
Artikel terkait :  Inilah Penyebab Air Tandon Tidak Mengalir Deras

Namun, penting untuk dicatat bahwa kualitas dan daya tahan kitchen set tidak hanya ditentukan oleh jenis bahan yang digunakan, tetapi juga oleh kualitas instalasi, perawatan, dan penggunaan yang tepat. Selan itu, pastikan bahwa kitchen set dipasang dengan baik agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Elemen Tambahan Untuk Kitchen Set

Setelah anda mengetahui perbedaan fungsi dari kitchen set APC dan HPL, penting juga untuk memperhatikan tangki air yang anda gunakan. Gunakan tangki air yang tidak mudah bocor dan tidak mudah berlumut, seperti tangki air dari GRAND.

Penutup

Tangki air Grand adalah tangki air pertama dan satu-satunya tangki halal di Indonesia. Memiliki beragam ukuran dengan kapasitas yang berbeda sesuai dengan kebutuhan anda. Cukup sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa di pembahasan lain berikutnya ya.