Rekomendasi Lem untuk Menambal Tandon Air yang Bocor

Rekomendasi Lem untuk Menambal Tandon Air yang Bocor

Meskipun kita telah merawat tandon air dengan benar, adakalanya terdapat hal tak terduga yang menyebabkan tandon air bocor dan membutuhkan lem untuk menambal tandon air.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab tandon air bocor dan memperbaiki kebocoran tersebut.

Menambal tandon air atau membeli baru adalah satu-satunya cara untuk memperbaikinya.

Dalam perbaikan ini, Anda perlu lem yang kuat agar tidak lepas ketika dipasang. Scroll down untuk mengetahui penjelasan lengkapnya.

Penyebab Tandon Air Bocor

Kebocoran tandon air tentu bukan karena tanpa sebab. Terdapat hal-hal yang menjadi sebab tandon air bocor. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksanya agar tidak terulang kembali.

Berikut ini adalah beberapa penyebab tandon air bocor yang perlu Anda ketahui:

1. Melubangi Tandon Air

Beberapa orang sengaja melubangi tandon air untuk mempercepat debit air dari tangki ke kran. Dalam pengerjaannya, terdapat pengguna yang mengerjakannya dengan asal-asalan dan tidak memperhitungkan semua proses pengerjaan.

Dalam kenyataannya, proses yang asal-asalan akan membuat tandon air berisiko untuk rusak. Tidak hanya itu, dengan melubangi tandon air, itu artinya Anda telah menghilangkan garansi yang diberikan merk tandon tersebut.

Artikel terkait :  Rekomendasi Tandon Untuk Usaha Depo Isi Ulang Air Minum, Food Grade dan Bebas Bakteri

Akibatnya, Anda sudah tidak bisa mengklaim garansi meskipun masa garansi masih ada.

2. Landasan yang Dibuat Tidak Rata

Memasang tandon air tidak bisa sembarangan, Anda perlu memperhatikan panduan pemasangan yang diberikan oleh merk tandon tersebut. Dengan mengikuti panduan dengan benar, tidak akan terjadi risiko kerusakan tandon air.

Berbeda halnya jika terdapat langkah pemasangan yang salah, dapat berakibat fatal pada tandon air tersebut. Salah satunya adalah tidak memperhatikan permukaan tandon air.

Landasan permukaan tandon air yang tidak rata bisa menyebabkan tandon air bocor, seperti partikel kecil tajam yang mampu merusak bagian tandon air.

Anda perlu memastikan landasan benar-benar bersih dari berbagai partikel dan bersih dari benda-benda tajam.

3. Adanya Benturan Tajam

Beberapa tandon air tidak dapat menahan benturan yang terjadi di sekitar tandon air. Benturan kuat bisa membuat tandon air bocor. Anda dapat menghindari benda tajam atau lancip saat memasang tandon air.

4. Adanya Kesalahan pada Mekanis

Apabila pemasangan outlet tidak benar, dapat berakibat tandon air mengalami kebocoran. Karena pipa outlet yang tersambung ke dalam mesin pendorong menghasilkan getaran.

Apabila dibiarkan secara terus menerus bisa menyebabkan lubang outlet robek dan rusak dan menjadikan tandon air menjadi rembes.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk memasang pipa outlet dengan benar dan beri jarak antara mesin pendorong dengan tandon air.

5. Pelapukan Kimia

Pelapukan kimia bisa menjadi sebab tandon air bocor, oleh karena itu sebaik mungkin untuk menghindari menempelkan bahan kimia yang berpotensi akan lapuk.

6. Umur Tandon Air

Tidak bisa dipungkiri lagi, umur tandon air juga bisa menjadi sebab tandon air mengalami kebocoran karena kualitas tandon air menurun. Periksa kembali umur tandon air Anda sudah dalam batas wajar pemakaian atau belum, misalnya umur tandon air Anda telah mencapai 100 Tahun, tentu hal ini akan menurunkan kualitas tandon.

Artikel terkait :  6 Langkah Membuat Kedalaman Septic Tank Yang Ideal

Rekomendasi Lem untuk Menambal Tandon Air

Jika tandon air Anda mengalami kebocoran, Anda dapat menambalnya dengan lem khusus yang kuat untuk memperbaiki kerusakan tandon. Berikut ini adalah rekomendasi lem tandon air bocor yang kuat:

1. Taffpack Lakban

Lem untuk Menambal Tandon Air Taffpack Lakban

Taffpack Lakban bisa menjadi pilihan untuk menambal tandon air sementara. Pasalnya, lakban ini dilengkapi dengan bahan waterproof dan lem perekat yang super kuat, sehingga lakban akan tetap menempel meskipun untuk menampung air.

Namun, lakban ini cocok digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum profesional memperbaikinya dengan benar. Lakban ini cocok digunakan dalam keadaan darurat dan mengantisipasi air yang bocor semakin banyak.

Harga untuk lakban ini adalah sekitar Rp11.000 – Rp.15.000 (terhitung sejak artikel ini diterbitkan).

2. Lem Dextone

Lem untuk Menambal Tandon Air Dextone

Lem Dextone menjadi lem penambal tandon bocor yang praktis dan hemat waktu. Menariknya, lem ini bisa diaplikasikan pada permukaan yang basah. Lem Dextone akan menutup tandon bocor dan mengering seketika.

Harga lem Dextone berkisar Rp12.000-Rp30.000.

3. Lem Fiber Glass Nuri

Lem untuk Menambal Tandon Air Fiberglass

Lem ini juga bisa digunakan untuk menambal tandon air. Pasalnya lem ini mempunyai daya rekat yang kuat dan tahan lama. Cocok untuk menambal tandon air. Selain itu, lem fiber glass Nuri juga tahan & kuat terhadap temperatur dan tekanan tinggi.

Tips Agar Tandon Tidak Bocor

Agar tandon Anda tidak bocor lagi, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

1. Memasang dengan Benar

Pastikan Anda memasang tandon air dengan benar dan periksa apakah permukaan tandon sudah bersih dari berbagai partikel tajam.

Dengan memasang tandon dengan benar, Risiko kebocoran tidak akan terjadi.

2. Perawatan Rutin

Setelah memasang tandon air, Anda perlu melakukan perawatan rutin dan memeriksa apakah terdapat benda yang memungkinkan bisa menjadi penyebab kendala apabila di dekat dengan tandon air.

Artikel terkait :  Jual Tandon Air di Kota Banjarmasin, Free Ongkir Tanpa Minimal Pembelian

3. Bahan Berkualitas

Pastikan menggunakan tandon air yang berkualitas, sehingga kuat terhadap benturan atau hantaman dari luar. Ini memungkinkan untuk menjaga tandon air dari kerusakan karena bahannya yang awet.

4. Tidak Berkarat

Menggunakan tandon air yang anti karat dapat menjaga kualitas air dan tidak merusak komponen tandon.

Tandon Air Anti Karat dan Anti Bocor

Apabila tandon Anda bocor karena kualitas tandon yang kurang memadai, sudah saatnya Anda beralih ke tandon air Grand. Keunggulan tandon air Grand:

  • Terbuat dari material HDPE dan Stainless Steel 304 yang digadang-gadang memiliki kualitas tinggi.
  • Anti karat dan anti bocor.
  • Bergaransi.
  • Tersedia berbagai variasi ukuran dan jenis.

Konsultasi dan pemesanan bisa langsung klik Official kami di bawah:

Penutup

Itulah lem untuk menambal tandon air yang bocor dan kuat tahan lama. Apabila Anda tidak ingin mengalami hal yang sama, alangkah baiknya menggunakan tandon air Grand berkualitas dan memasang tandon dengan benar.