Pengertian Dan Jenis Sumber Mata Air, Pahami Dengan Baik!

Pengertian Dan Jenis Sumber Mata Air, Pahami Dengan Baik!

Sumber Mata Air – Anda sekalian yang sehari-harinya menggunakan air untuk berbagai kebutuhan, mungkin pada umumnya anda tahu bahwa memperolehnya dari keran, shower, maupun pipa. Tapi tahukah anda bahwa dari mana asalnya air yang ada dapatkan untuk sampai pada rumah anda?

Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pengertian dan jenis sumber mata air. Hal ini agar anda bisa semakin bijak dan memahami asal mulanya dengan baik.

Pengertian Dari Sumber Mata Air

Sumber mata air sendiri dapat diartikan sebagai suatu lokasi atau tempat yang mana air muncul secara alami dari dalam tanah dan kemudian membentuk suatu aliran atau genangan yang mudah untuk siapa saja mengaksesnya. Sumber mata air ini menjadi salah satu sumber yang penting dan memegang peran vital dalam menyediakan cadangan air bersih bagi semua masyarakat.

 

Pengertian Dan Jenis Sumber Mata Air, Pahami Dengan Baik!
Pengertian Dan Jenis Sumber Mata Air, Pahami Dengan Baik!

Asal Munculnya Sumber Ini

Kemunculan dari sumber air ini bisa berasal dari berbagai proses. Contohnya saja infiltrasi air hujan, penyaringan air yang muncul dari bebatuan, maupun sumber yang keluar dari pegunungan maupun dataran tinggi. Sumber ini bisa saja muncul melalui celah, retakan, maupun lapisan bebatuan yang tembus dengan air.

Sifat Aliran Airnya

Aliran air dari berbagai sumber bisa bervariasi dari yang kecil seperti tetesan sampai yang besar seperti sungai atau danau yang kecil. Sifat alirannya juga bergantung pada seberapa besar debit air yang keluar pada sumber mata air ini. Pada umumnya juga sumber ini menghasilkan air yang bersih, jernih, dan bebas dari kontaminasi apapun.
Kualitas air ini biasanya lebih baik jika dibandingkan dengan yang ada di permukaan karena melalui proses penyaringan alami melalui tanah dan bebatuan.

Jenis-Jenis Sumber Mata Air

Sebenarnya ada berbagai jenis sumber mata air yang ada di dunia ini. Biasanya banyak orang yang menggunakan air bersih dari sumber-sumber ini untuk berbagai keperluan. Jenis-jenis sumber mata air yang perlu anda ketahui dalam memperoleh air yang berish yaitu:

Artikel terkait :  10 Rekomendasi Kran Shower, Gak Gampang Karat Dan Terjangkau

Dari Sumur

Sumur sendiri ada yang dangkal, gali, dan juga artesis. Sumur dangkal yaitu sumur dengan kedalaman terbatas, biasanya penggaliannya hanya mencapai air tanah yang cetek saja. Sumur gali sendiri yang penggaliannya lebih dalam untuk mencapai lapisan air tanah yang lebih dalam lagi.

Sedangkan artesis yaitu sumur yang air tanahnya ditekan hingga naii ke permukaan tanpa bantuan pompa.

Mata Air

Titik pada air bawah tanah yang alami muncul ke permukaan tanah dan bisa digunakan sebagai sumber air yang bersih.

Air Hujan

Proses mengumpulkan air hujan dari bagian atas bangunan dan kemudian ditampung pada suatu wadah bisa menjadi salah satu sumber air.

Sungai, Danau, Waduk

Ketiga tempat ini bisa dipakai sebagai sumber juga. Akan tetapi perlu melalui proses penyaringan dan pengolahan agar lebih layak untuk mengonsumsinya langsung.

Desalinasi Air Laut

Mengubah air laut menjadi yang tawar bisa dengan proses desalinasi. Hal ini agar sumber dari lautan yang tersedia sangat luas bisa digunakan juga untuk masyarakat luas.

Air Embun Dan Embun Yang Membeku

Biasanya embun ada di saat cuaca dingin. Mengumpulkan air yang mengembun pada saat pagi atau malam hari untuk penggunaan kebutuhan sehari-hari.

Salju

Pada tempat-tempat atau negara yang mengalami empat musim, ada salju untuk digunakan sebagai salah satu sumber air bersih. Tampung salju pada wadah yang bersih dan ketika mencair maka bisa digunakan.

Air Dari Saluran Irigasi

Mengambil air dari saluran irigasi maupun sumber alami lainnya yang sudah melalui proses penyaringan bisa menjadi salah satu pilihan untuk digunakan sehari-hari. Saluran irigasi biasanya pemasangannya pada berbagai penjuru sehingga semua bisa mendapatkannya.

Perpipaan Air Minum

Air yang disalurkan melalui jaringan perpipaan air minum biasanya bisa berasal dari sumber yang terpercaya. Apalagi langsung dikonsumsi oleh manusia maupun makhluk hidup.

Air Bersih Botolan

Biasanya air bersih yang sudah didapatkan pada beragam sumber dikemas dalam botol dan kemudian diproses secara khusus agar bisa manusia konsumsi baik itu dingin maupun biasa.

Pentingnya Tersedia Air Bersih

Tersedianya air bersih dari berbagai jenis sumber ini sangatlah penting. Karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti untuk minum, mandi, masak, maupun untuk kebutuhan sanitasi. Kalau anda tahu dari mana proses dan sumbernya, maka anda akan lebih bijak dalam menggunakan air untuk menjaga kesehatan diri maupun untuk melestarikan lingkungan.

Penyimpanan Air Bersih

Setelah kita semua mengetahui air dari berbagai sumber, sudah saatnya untuk menentukan wadah penyimpanan air bersihnya. Untuk urusan yang satu ini memang tidak bisa dianggap enteng. Oleh karena itu perlu tangki air yang terbuat dari bahan stainless seperti merek Grand ukuran 8800 liter ini.
Pengertian Dan Jenis Sumber Mata Air, Pahami Dengan Baik!
Pengertian Dan Jenis Sumber Mata Air, Pahami Dengan Baik!

Tangki Stainless Tahan Panas

Tandon stainless dari merek Grand ini tahan terhadap suhu tinggi dan cuaca ekstrim. Sehingga bisa menampung air bersih dengan aman dan tetap baik. Tampilan dari tangki air stainless steel Grand ini mengkilap dan mewah. Karena terbuat dari bahan stainless berkualitas yang langsung diimpor dari Jepang.
Menggunakan tipe stainless steel 304 yang dikenal punya ketahanan akan karat yang bagus dibandingkan dengan tipe lainnya.

Akhir Kata

Sebagai pengguna air bersih, pastikan memilih sumber dan juga tangki stainless yang berkualitas seperti dari Grand ini. Tidak hanya yang ukurannya 8800 liter saja, ada juga berbagai ukuran lainnya yang bisa anda pilih untuk kebutuhan penyimpanan air bersih. Demikian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat selalu! Sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya!