Rekomendasi Kontruksi Menara Tandon Air

Rekomendasi Kontruksi Menara Tandon Air

Kontruksi Menara Tandon Air –  Menara tandon air atau yang biasanya disebut juga dengan menara tangki air adalah struktur vertikal yang dirancang untuk menyimpan dan mendistribusikan air secara efisien di berbagai jenis bangunan atau wilayah. Berikut adalah rekomendasi kontruksi menara tandon air yang bisa anda gunakan.

Fungsi Menara Tandon Air

Tandon air sebagai wadah penyimpanan air untuk berbagai macam keperluan, perlu adanya perlengkapan pendukung agar tandon air berfungsi lebih baik.

Menara tandon air merupakan salah satu komponen pendukung yang penting. Menara tandon air memiliki beberapa fungsi penting terutama dalam menjaga pasokan air yang stabil dan memadai.

Penyimpanan Air Cadangan

Fungsi utama menara tandon air adalah sebagai tempat penyimpanan air cadangan. Ini sangat bermanfaat di daerah-daerah yang mengalami gangguan pasokan air seperti pemadaman atau penghentian sementara.

Dengan adanya penyimpanan air cadangan, anda masih dapat mengakses pasokan air untuk kebutuhan dasar meskipun pasokan dari sumber utama terganggu.

Penyediaan Tekanan Air

Menara tandon air yang ditempatkan pada ketinggian tertentu dapat menghasilkan tekanan air yang cukup untuk didistribusikan ke area yang lebih rendah. Tekanan ini membantu dalam penyediaan air dengan aliran yang memadai di seluruh sistem pipa tanpa perlu mengandalkan pompa secara konstan.

Artikel terkait :  11 Rekomendasi Tandon Air 2000 Liter, Bahan Plastik Dan Stainless

Stabilisasi Pasokan Air

Jika anda menggunakan tandon air didaerah dengan pasokan air yang tidak stabil atau tidak konsisten, menara tandon air membantu menjaga pasokan air secara lebih merata.

Air dapat dikumpulkan selama periode pasokan berlimpah, seperti saat musim hujan dan disimpan untuk digunakan selama periode kering atau pasokan terbatas.

Distribusi Air Bersih

Menara tandon air sebaiknya memiliki sistem penyaringan dan pembersihan, sehingga air yang disimpan dalam tangki tetap bersih dan aman untuk digunakan. Hal ini juga berkontribusi pada penyediaan air bersih bagi keperluan minum, memasak dan keperluan lainnya.

Dukungan Untuk Kegiatan Komersial Dan Industri

Menara tandon air juga berperan dalam mendukung kegiatan komersial dan industri dengan menyediakan pasokan air yang stabil dan memadai untuk operasional sehari-hari.

Pemeliharaan Sistem Pipa

Dengan adanya menara tandon air, tekanan air dalam sistem pipa dapat diatur secara lebih efisien, mengurangi risiko kerusakan pada pipa dan komponen lainnya akibat tekanan yang berlebihan.

Peningkatan Efisiensi Pompa

Menara tandon air membantu mengurangi beban kerja pompa dengan menyediakan tekanan yang cukup untuk sebagian besar distribusi air.

Rekomendasi Kontruksi Menara Tandon Air

Kontruksi Menara Tandon AirKonstruksi menara tandon air haruslah dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan berbagai faktor teknis, lingkungan dan keamanan.

Pemilihan Lokasi Yang Tepat

Pilih lokasi yang kokoh dan stabil untuk membangun menara tandon air. Hindari lokasi yang rawan bencana alam seperti banjir, gempa bumi atau tanah longsor. Pastikan juga aksesibilitas yang baik untuk perawatan dan pemeliharaan.

Desain Struktur Yang Kuat

Desain menara tandon air harus mempertimbangkan beban air yang akan disimpan serta beban angin yang mungkin terjadi. Pastikan struktur pendukung seperti kolom dan balok dirancang dengan tepat dan menggunakan bahan yang kuat dan tahan korosi.

Artikel terkait :  Promo Natal Banjir Diskon Hingga Jutaan Rupiah

Material Tahan Korosi

Pilih material yang tahan terhadap korosi karena menara tandon air akan terus bersentuhan dengan air, jadi material yang tahan terhadap korosi merupakan pilihan yang baik.

Lapisan Pelindung

Pastikan tandon penyimpanan dilapisi dengan lapisan pelindung yang sesuai untuk mencegah kontaminasi air dan kerusakan struktural. Lapisan ini harus aman untuk air minum dan sesuai dengan standar kesehatan.

Sistem Pengamanan

Pertimbangkan pemasangan sistem pengamanan seperti tangga yang aman dan pegangan untuk memudahkan akses ke bagian atas tangki untuk tujuan pemeliharaan dan perbaikan jika diperlukan.

Pengaturan Katub Yang Efisien

Pasang sistem katub yang baik untuk mengontrol aliran air masuk dan keluar dari tangki. Ini akan membantu mengelola tekanan air dan mencegah kerusakan pada pipa dan komponen lainnya.

Pembersihan Dan Pemeliharaan

Desain menara tandon harus mempertimbangkan kemudahan dalam pembersihan dan pemeliharaan. Pertimbangkan akses yang mudah untuk membersihkan tangki, memeriksa kondisi pipa dan melakukan perawatan.

Sistem Pengisian Otomatis

Pilih tandon yang memiliki sistem pengisian otomatis agar dapat membantu menjaga pasokan air yang konsisten.

Patuhi Regulasi Dan Standar

Pastikan bahwa konstruksi menara tandon air mematuhi semua regulasi dan standar yang berlaku, termasuk yang terkait dengan kualitas air, keamanan struktural dan lingkungan.

Tandon Air Atas Menara

Tandon Air Atas MenaraTandon air yang diletakkan diatas menara umumnya digunakan dalam lingkungan perkotaan atau daerah yang memiliki keterbatasan lahan, di mana ruang untuk membangun tangki penyimpanan air di halaman terbatas. Tandon air atas menara harus kuat dan stabil karena tekanan yang diberikan cukup besar.

Tangki Air Grand

Tangki air Grand terbuat dari bahan HDPE yang tahan terhadap goncangan. Tangki air ini cocok diletakkan diatas menara dengan kontruksi yang kuat dan stabil untuk membantu menopang beban dari tangki air.

Artikel terkait :  Apa Warna Terbaik Untuk Tandon Air Yang Direkomendasikan? 

Dilapisi dengan pelindung sinar UV untuk mencegah masuknya sinar matahari tandon air lebih awet. Tangki air Grand sudah bersertifikasi FDA sehingga aman untuk digunakan sebagai wadah penyimpanan air yang akan dikonsumsi.

Tangki air Grand memilii gransi pabrik 15 tahun dengan catatan 1 tahun ganti baru dan 14 tahun servis sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Tangki air Grand memiliki berbagai ukuran, mulai dari 300 liter hingga 12.000 liter.

Berikut daftar harga tangki air Grand di Pulau Jawa

Ukuran (Liter)Harga di Pulau Jawa (Rp)
300704.500
6001.158750
7001.288.530
9001.509.600
11001.685.000
12001.785.000
22003.570.000
33004.845.000
55007.446.000
1200023.314.140

Tangki Air Grand Luxe

Tangki air Grand Luxe merupakan tangki air yang terbuat dari bahan HDPE. Sama halnya dengan tangki air Grand, tangki air Grand Luxe juga sangat cocok jika diletakkan diatas menara.

Tangki air Grand Luxe dilapisi pelindung sinar UV dan sudah bersertifikasi FDA sehingga aman digunakan. Perbedaannya dengan tangki air Grand adalah terletak pada desain dindingnya yang bergelombang.

Desain yang bergelombang membuat tangki air Grand Luxe terlihat lebih mewah dengan strukstur tangki yang lebih stabil. Meskipun demikian, tangki air Grand Luxe juga memiliki garansi pabrik selama 15 tahun dengan catatan 1 tahun ganti baru dan 14 tahun servis sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tangki air Grand Luxe memiliki ukuran yang lebih kecil daripada tangki Grand, yaitu mulai dari 300 liter hingga 2200 liter saja.

Berikut daftar harga tangki air Grand Luxe di Pulau Jawa

Ukuran (Liter)Harga di Pulau Jawa (Rp)
300637.350
6001.063.650
11001.687.920
22003.436.080

Penutup

Baiklah, cukup sekian rekomendasi kontruksi menara tandon air kali ini. Sampai jumpa dengan rekomendasi-rekomendasi lainnya.