Perbedaan Atap Plastik Dan Atap PVC, Berikut Penjelasannya

Perbedaan Atap Plastik Dan Atap PVC, Berikut Penjelasannya – Atap menjadi bagian terpenting pada bangunan. Suatu bangunan atau rumah dapat terlindungi dari berbagai cuaca seperti hujan atau panas dengan menggunakan atap. Atap juga mampu melindungi bangunan dari segala lingkungan eksternal yang bisa membahayakan penghuni yang ada didalamnya. Pemilihan material untuk jenis atap juga penting agar atap bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Di pasaran saat ini anda dapat dengan mudah menemukan jenis atap plastik dan atap PVC. Namun, apakah ada perbedaannya di antara kedua atap ini? Untuk lebih jelasnya, maka inilah penjelasan perbedaan atap plastik dan atap PVC untuk menjadi bahan pertimbangan anda.

 

Perbedaan Atap Plastik Dan Atap PVC, Berikut Penjelasannya – Bahan Baku Atap Plastik

Meskipun sama-sama plastik, namun bahan baku dari atap plastik dan atap PVC ini memiliki perbedaan. Pada atap plastik, ada yang menggunakan bahan baku dari botol plastik sekali pakai. Untuk botol plastik sekali pakai pada umumnya menggunakan bahan baku polietilena tereftalat (PET). PET adalah jenis plastik yang ringan, tahan terhadap korosi, dan memiliki kekuatan yang cukup baik. Karena sifatnya yang transparan dan tahan terhadap cairan, maka banyak botol plastik sekali pakai yang menggunakan bahan PET ini. Menjadikan bahan PET ini juga cocok untuk dijadikan bahan baku atap yang digunakan pada rumah maupun bangunan anda.

Bahan Baku Pada Atap PVC

Sedangkan pada atap PVC sendiri terbuat dari bahan baku polivinil klorida (PVC). PVC merupakan jenis plastik yang terbuat dari polimer yang terdiri dari unit-unit vinil klorida. Bahan baku utama dari PVC ini adalah etilena dan garam natrium klorida. Proses produksi pada PVC melibatkan reaksi antara etilena dan klorin, yang menghasilkan monomer vinil klorida. Monomer vinil klorida ini kemudian diproses lebih lanjut melalui polimerisasi menjadi polimer PVC. PVC memiliki struktur molekul yang fleksibel dan dapat diubah bentuknya dengan pemanasan. Hal ini menjadikan PVC bisa digunakan untuk bahan baku atap pada bangunan atau rumah.

Proses Produksi Pada Atap Plastik Dan Atap PVC

Proses produksi atap plastik dari botol bekas sekali pakai melibatkan tahapan daur ulang yang melibatkan pemrosesan botol plastik menjadi lembaran atap yang solid dan kuat. Sedangkan pada proses produksi atap PVC melibatkan beberapa tahapan yang meliputi persiapan bahan baku hingga pembentukan lembaran atap PVC yang siap digunakan. Tahapan pada proses pembuatan atap plastik terdiri dari pengumpulan dan pemilahan botol plastik, proses pembersihan dan pengeringan botol plastik, proses pelelehan dengan suhu tinggi, pemadatan menggunakan cetakan sesuai bentuk dan dimensi yang diinginkan. Selanjutnya, plastik didinginkan membentuk lembaran atap yang padat.

 

Proses Pembuatan Pada Atap PVC

Pada tahapan pertama proses pembuatan atap PVC menggunakan polivinil klorida (PVC) dalam bentuk serbuk atau pelet. PVC biasanya dicampur dengan bahan tambahan seperti penstabil, penguat, zat pewarna, dan bahan pengisi untuk meningkatkan sifat-sifat tertentu dan kekuatan PVC. Bahan baku PVC yang telah dipersiapkan kemudian diolah melalui tahap penggilingan. Setelah tahap penggilingan, partikel-partikel PVC yang halus dicampurkan dengan bahan tambahan lainnya. Tahap selanjutnya adalah ekstrusi, di mana campuran PVC yang homogen dimasukkan ke dalam mesin ekstrusi suhu tinggi hingga leleh. Kemudian campuran ini dicetak hingga membentuk lembaran atap PVC sesuai dengan ketebalan dan lebar yang diinginkan.

 

Harga Dari Atap Plastik Dan Atap PVC

Dari segi harga atap plastik lebih murah dibandingkan dengan atap PVC. Hal ini dikarenakan dari bahan baku sendiri atap plastik menggunakan bahan daur ulang seperti botol plastik bekas sekali pakai. Penggunaan daur ulang botol plastik dapat mengurangi biaya produksi. Sedangkan pada atap plastik PVC, menggunakan bahan baku plastik melalui proses panjang. Seperti pada penjelasan diatas, proses produksi atap plastik lebih sederhana jika dibandingkan dengan PVC. Sehingga hal ini dapat mempengaruhi biaya produksi dan akhirnya mempengaruhi harga jual dari masing-masing jenis atap ini. Dikarenakan harga dari atap plastik ini lebih rendah, maka permintaan pasar juga menjadi tinggi.

 

Atap Plastik Yang Aman Untuk Sekitar

Jika dibandingkan dengan atap PVC, atap plastik cenderung lebih aman untuk sekitar. Penggunaan bahan baku dari atap plastik yang dapat didaur ulang. Hal ini dapat mengurangi jumlah sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir. Menjadikan sampah plastik botol sekali pakai bisa optimal dimanfaatkan dengan baik. Proses produksi pada atap plastik juga minim menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Selain itu, proses produksi pada atap plastik meminimalisir penggunaan sumber daya alam yang berlebihan. Menjadikan atap plastik ini pilihan yang aman bagi keberlanjutan lingkungan sekitar. Pada beberapa jenis atap PVC terkadang menggunakan bahan tambahan berbahaya seperti klorin dan fosforus dalam proses produksinya.

 

Atap Plastik Yang Ramah Lingkungan

Pilihan atap plastik yang aman dan ramah bagi lingkungan yaitu atap GRAND. Perusahaan dari atap GRAND ini berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan yaitu adanya sampah plastik botol kemasan bekas sekali pakai. Bahan botol kemasan bekas sekali pakai ini dikenal kuat dan tidak mudah pecah meskipun terkena panas sinar matahari terus menerus ataupun terkena hujan deras. Hal ini menjadikan atap plastik GRAND tahan terhadap cuaca ekstrim maupun suhu tinggi pada lingkungan. Atap plastik GRAND ini memiliki material yang lentur. Sehingga, anda dapat memasang atap GRAND ini dengan mudah.

Atap Plastik Tidak Mudah Bocor

Keunggulan lain dari atap plastik GRAND ini yaitu tidak mudah bocor. Meskipun material dari atap plastik GRAND ini lentur, namun tetap tidak mudah bocor dan tetap kuat dari segala benturan. Atap plastik GRAND ini juga sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung sinar Ultraviolet. Sehingga dapat melindungi bangunan atau rumah anda dari paparan sinar matahari yang berbahaya secara langsung. Bangunan atau rumah anda dapat terlindungi dengan baik dari berbagai cuaca ekstrim maupun suhu tinggi secara langsung. Anda dapat menggunakan atap plastik GRAND ini pada rumah, outdoor space, car port, maupun tempat-tempat lainnya.

Penutup

Anda dapat memilih atap plastik GRAND sesuai dengan keinginan anda. Karena atap plastik GRAND ini tersedia dalam berbagai warna pilihan yang dapat anad pilih seperti warna hijau, warna merah, hingga warna transparan. Jadi, gunakan atap plastik GRAND sebagai solusi perlindungan atap anda! Karena atap plastik GRAND memiliki banyak keunggulan dan ramah bagi lingkungan. Sekian penjelasan informasi mengenai perbedaan atap plastik dan atap PVC ini. Semoga penjelasan ini dapat memberikan informasi baru bagi anda dalam memilih atap untuk bangunan maupun rumah anda. Sampai jumpa pada informasi menarik berikutnya.