Atap Plastik Vs Atap Asbes, Manakah Yang Lebih Bagus?

Atap Plastik Vs Atap Asbes, Manakah Yang Lebih Bagus? – Untuk dapat melindungi bangunan atau rumah anda, anda dapat menggunakan atap. Pada saat ini banyak ditemukan jenis atap dari bahan yang berbeda yang dapat anda pilih. Salah satu jenis atap yang ada di pasaran yaitu atap plastik dan atap asbes. Dari kedua jenis atap ini, tentunya memiliki perbedaan yang signifikan. Pemilihan atap yang tepat untuk bangunan atau rumah anda, dapat memastikan perlindungan yang lebih baik dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, anda perlu mengenal lebih jauh mengenai perbedaan dari atap plastik dan atap asbes ini. Selain itu, diantara kedua jenis antara atap plastik dan atap asbes ini manakah yang lebih bagus untuk anda gunakan.

Atap Plastik Vs Atap Asbes, Manakah Yang Lebih Bagus? – Dari Segi Bahan Utamanya

Kedua jenis atap plastik maupun atap asbes terbuat dari jenis bahan yang berbeda. Untuk atap plastik sendiri biasanya terbuat dari botol plastik kemasan sekali pakai yang di daur ulang. Untuk penjelasan mengenai bahan baku serta proses dari pembuatan dari atap plastik ini, anda sekalian bisa cek lebih lanjut pada artikel disini. Sedangkan pada atap asbes, bahan baku yang digunakan yaitu asbes. Asbes sendiri merupakan sejenis mineral alam yang terdiri dari serat-serat halus. Mineral ini terbentuk secara alami oleh serangkaian reaksi geologi yang melibatkan batuan beku, metamorf, atau sedimen yang mengandung serat asbes.

Artikel terkait :  Bagaimana Menentukan Harga Tukang Galian Septic Tank, Ini Informasinya

Proses Pembuatan Pada Atap Asbes

Proses pembentukan atap asbes sendiri melibatkan beberapa tahap yang melibatkan pengolahan serat asbes mentah menjadi bahan konstruksi yang siap dipasang sebagai atap asbes. Proses dimulai dengan penggalian batuan asbes dari tambang terbuka. Setelah penggalian, batuan asbes yang telah diekstraksi kemudian dibersihkan dan dipisahkan dari material yang tidak diinginkan. Asbes kemudian dibersihkan menggunakan air dan alat pemisahan untuk memisahkan serat asbes dari material lainnya. Serat asbes yang telah dipisah kemudian diolah lebih lanjut dengan mencampurkan bahan tambahan lainnya. Campuran serat asbes yang telah dicampur dengan bahan tambahan kemudian dibentuk menjadi lembaran atau atap menggunakan mesin pencetak yang sesuai.

Keunggulan Dari Atap Plastik

Atap plastik memiliki sejumlah keunggulan yang dapat memberikan keuntungan pada penggunanya. Sehingga membuat atap plastik menjadi kian populer untuk digunakan pada bangunan atau rumah. Berikut ini penjelasan mengenai keunggulan dari atap plastik :
  • Ringan : Salah satu keunggulan utama atap plastik adalah bobotnya yang ringan. Bobot yang ringan membuatnya lebih mudah diangkut, dipasang, dan mengurangi beban pada struktur bangunan. Hal ini juga mengurangi risiko kerusakan dan mempermudah proses pemasangan.
  • Tahan Terhadap Karat : Atap plastik umumnya tahan terhadap karat dan tidak mudah teroksidasi seiring waktu. Ketahanan terhadap karat dapat memperpanjang pemakaian atap plastik dan mengurangi biaya perawatan.
  • Tahan Terhadap Cuaca Ekstrim : Atap plastik memiliki ketahanan terhadap cuaca ekstrem, termasuk sinar Ultraviolet, suhu tinggi, hujan, dan angin kencang. Atap plastik ini tidak mudah retak, mengelupas, atau terpengaruh oleh paparan sinar matahari.
  • Pemasangan Mudah : Atap plastik relatif mudah dipasang. Hal ini dikarenakan bobotnya yang ringan sehingga memudahkan pengangkutan dan pemasangan.

Keunggulan Dari Atap Asbes

Atap asbes sendiri juga memiliki sejumlah keunggulan yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum anda memilihnya sebagai atap untuk bangunan atau rumah anda. Berikut ini keunggulan dari atap asbes, yaitu :
  • Atap Asbes tahan terhadap panas : Atap asbes sendiri memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap sifat panas. Hal ini dapat dijadikan pilihan yang ideal untuk melindungi bangunan dari panas.
  • Harga terjangkau : harga atap asbes lebih rendah jika dibandingkan bahan atap lainnya. Harga yang terjangkau membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk proyek konstruksi dengan anggaran terbatas.
  • Kekuatan mekanik yang baik : Atap asbes memiliki kekuatan mekanik yang cukup baik, sehingga mampu menahan beban dan tekanan yang dihasilkan oleh faktor lingkungan seperti angin kencang atau hujan deras.
Artikel terkait :  Rekomendasi Tandon Air Stainless Steel, Untuk Segala Kebutuhan

Kelemahan Dari Atap Asbes

Selain dari keunggulan yang ditawarkan, atap abses juga memiliki kelemahan yang tidak bisa dianggap sepele. Oleh karena itu, berikut ini beberapa kelemahan dari atas asbes ini, yaitu :
  • Potensi risiko kesehatan : Kelemahan utama atap asbes adalah potensi risiko kesehatan yang terkait dengan serat asbes. Jika serat asbes terlepas dan terhirup, dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti asbestosis (penyakit paru-paru kronis) dan mesothelioma (kanker pada membran serosa).
  • Larangan penggunaan di banyak negara : Banyak negara telah melarang penggunaan asbes atau mengatur penggunaannya dengan ketat karena risiko kesehatan yang terkait. Oleh karena itu, penggunaan atap asbes mungkin terbatas di beberapa wilayah.
  • Pemasangan yang lebih sulit : Pemasangan atap asbes membutuhkan keahlian khusus dan proses yang lebih rumit dibandingkan dengan bahan atap plastik. Penggunaan alat dan perlengkapan yang tepat serta penanganan serat asbes yang aman diperlukan untuk menghindari risiko kesehatan dan kerusakan pada atap.
  • Umur pemakaian yang terbatas : Umur pemakaian atap asbes cenderung lebih pendek dibandingkan dengan beberapa bahan atap lainnya seperti atap plastik. Dalam jangka waktu yang lama, atap asbes dapat mengalami degradasi dan menjadi rapuh, sehingga memerlukan penggantian atap lebih cepat.

Atap Plastik Dengan Berbagai Keunggulan

Setelah memahami proses dan keunggulan dari masing-masing jenis atap, anda bisa memilih atap mana yang menawarkan banyak keunggulan. Anda bisa menggunakan atap plastik dari GRAND. Atap plastik GRAND ini terbuat dari bahan yang aman dan ramah lingkungan. Sehingga aman untuk anda pasang pada bangunan atau rumah anda. Harga dari atap plastik GRAND ini ekonomis, sehingga anda tidak perlu anggaran berlebih untuk memasang atap plastik GRAND ini untuk kebutuhan anda. Atap plastik GRAND ini mempunyai material yang lentur, jadi atap plastik GRAND ini mudah memasangnya. Selain itu, atap plastik GRAND juga tahan terhadap cuaca ekstrim maupun suhu tinggi.

Artikel terkait :  Ini Dia Floating Dock Terbaik Di Indonesia Nomor 1

Penutup

Atap plastik GRAND juga sudah dilapisi dengan lapisan yang dapat melindungi dari sinar Ultraviolet. Sehingga panas sinar matahari yang berbahaya tidak dapat langsung memapar bangunan atau rumah anda. Oleh karena itu, atap yang lebih baik untuk digunakan yaitu atap plastik dari GRAND ini. Gunakan atap plastik GRAND yang memiliki banyak keunggulan dan tahan lama, jadi bangunan anda dapat terlindungi dengan baik. Jadi, sekian penjelasan mengenai perbandingan antara atap plastik dan atap asbes. Atap yang tahan lama dan tahan terhadap suhu tinggi ya atap plastik GRAND. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda.