Pelampung Tandon Air Tidak Berfungsi? Ini Dia Penyebabnya!

Pelampung Tandon Air Tidak Berfungsi? Ini Dia Penyebabnya!

Pelampung Tandon Air Tidak Berfungsi – Baik di rumah pribadi maupun pada bangunan umum seperti hotel, rumah sakit, maupun tempat perbelanjaan, pasti Anda seringkali menemukan tandon air untuk cadangan menyimpan air. 

Pada umumnya, ketika Anda memiliki tangki sudah dilengkapi dengan pelampung otomatis. Sehingga memberikan kemudahan bagi penggunanya saat pengisian air.

Namun, apa jadinya jika pelampung tandon air yang dimiliki tidak berfungsi sebagaimana mestinya? Apakah adanya pelampung ini penting? Semua akan terjawab pada ulasan kali ini.

Fungsi Pelampung Tandon Air

Mungkin banyak dari Anda sekalian yang masih belum memahami alat yang satu ini. Pelampung otomatis untuk tandon air biasanya dipakai untuk memberi kemudahan akses air

Saat ini ada banyak sekali pelampung yang dijual di pasaran. Ada berbagai fungsi yang perlu untuk Anda ketahui pada pelampung untuk tandon air ini.

Alat Pengontrol Level Air

Dengan nama lain Liquid Level Control Switch, memiliki fungsi penting yang utamanya digunakan sebagai kontrol air pada tangki milik Anda. Sehingga Anda bisa mengamati dengan mudah tingkatan air yang tersedia pada tangki milik Anda.

Tidak jarang juga pada paket pembeliannya sudah disertai dengan kabel dan beberapa perangkat lain yang bisa menunjang terpasangnya alat ini.

Sebenarnya meski saat ini mungkin banyak Anda temukan di pasaran, akan tetapi pastikan bahwa merk yang Anda gunakan terpercaya dan sesuai dengan merk tangki yang Anda pakai.

Float Switch

Alat satu ini juga bisa disebut dengan saklar pelampung. Untuk fungsinya sendiri mengontrol tingkat permukaan air yang ada pada sebuah tempat penampungan air.

Artikel terkait :  Mudah Dan Cepat, Inilah Cara Menurunkan Demam Secara Alami

Posisi tingkatan air pada tangki ini gunanya untuk memicu perubahan pada kontak saklar. Untuk posisi level dari float switch ini ada dua, yaitu yang horizontal dan yang vertikal.

Kalau dalam posisi yang horizontal, pada saat level permukaan air sedang menurun maka nanti unit pelampungnya mengikuti berubah posisi pada kontak saklar. Begitu pula ketika permukaan air sedang naik.

Sedangkan untuk posisi yang vertikal, maka pada pelampung terdapat magnet tetap yang pergerakan naik turunnya mengikuti tinggi pada permukaan air.

Float switch ini banyak dipilih dibandingkan yang model lain karena cenderung lebih kuat jika dipasang pada mesin pompa yang daya dan tekanannya besar. Disamping itu juga, jenis float switch ini cenderung lebih modern.

Unit Otomatis Pelampung Air

Kalau untuk alat ini memiliki fungsi untuk kontrol yang menghidupkan mesin pompa pada saat tangki milik Anda sedang dalam keadaan kosong. Kemudian jika tangki sudah terpenuhi oleh kapasitas air, maka secara otomatis akan mati.

Perangkat ini juga bisa berfungsi sebagai safety control yang mengatur untuk menghidupkan mesin ketika ada sumber air dan mematikan mesinnya jika sumber air sedang kosong. Hal ini agar menghindari mesin pompa dari resiko kepanasan (overheat) karena kurangnya air.

Tujuan dari penggunaan pelampung ini yaitu untuk menjaga air yang ada pada tangki tidak luber pada saat mengisi air ke tangki. Saat air pada tangki sudah mulai habis maka secara otomatis akan terisi kembali dengan adanya alat ini.

Selain itu untuk mematikan pompa pada saat airnya yang ada di penampungan telah habis serta menghidupkan lagi pompa secara otomatis apabila air pada penampungan sudah kembali penuh. Hal ini bisa menghemat pemakaian pompa yang tentunya menghemat tagihan listrik.

Artikel terkait :  Jual Septic Tank Palangkaraya, Banyak Keunggulan Dan Gratis Ongkir

Penyebab Pelampung Tandon Air Tidak Berfungsi

Pelampung Otomatis Rusak

Apakah Anda pernah mengalami pelampung untuk tandon milik Anda yang tidak berfungsi seperti biasanya? Bisa jadi ada permasalahan pada pelampung tandon milik Anda.

Jangan keburu menggantinya dengan yang baru! Karena bisa jadi setelah Anda tahu penyebabnya, alat ini bisa berfungsi seperti sedia kala.

Tidak jarang banyak orang yang menggetok-getok terlebih dahulu baru kemudian nyala dan berfungsi seperti sebelumnya. Nah, coba perhatikan lebih detail lagi pada setiap bagiannya.

Bisa jadi tidak berfungsinya itu karena pelampung tangki milik Anda tidak terisi sepenuhnya dengan air, hanya terisi sekitar seperempatnya saja.

Atau bisa jadi karena posisi pelampung yang tidak sesuai. Pastikan terlebih dahulu posisinya tidak terbalik dan sudah terpasang dengan rapat. Maka dari itu, ketika akan memasang pelampung otomatis, sebaiknya baca dan ikut buku petunjuk yang sudah diberikan oleh produsen dengan baik.

Jika dirasa ada masih ada masalah yang membuat alat ini tidak berfungsi dan menyala, sebaiknya Anda hubungi produsen tempat Anda membeli pelampung tangki air tersebut.

Untuk itu, sebaiknya Anda memilih pelampung tandon air yang bagus agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Anda bisa membeli tandon air dari Grand karena setiap pembelian akan mendapatkan pelampung secara gratis S&K berlaku.

Rekomendasi Tangki Air Gratis Pelampung

Rekomendasi Tangki Air Gratis Pelampung

Kapan lagi beli tangki air tapi bisa mendapatkan gratis pelampung otomatis? Hanya di perusahaan Tedmond Groups, kalau membeli tangki air merk Grand, maka bonusnya yaitu pelampung otomatis dengan merk Grand Luxe Switch!

Tangki air merk Grand ini tidak tidak berbau dan berlendir. Sehingga aman untuk penyimpanan air bersih milik Anda sehari-hari. Selain itu, tangki ini juga mempunyai ketahanan yang bagus terhadap berbagai cuaca ekstrim dan suhu tinggi.

Artikel terkait :  Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel yang Benar

Pelampung otomatis merk Grand Luxe Switch ini bisa otomatis mengisi air saat tangki dalam keadaan kosong dan secara otomatis juga berhenti saat tangki penuh. Selain itu, terdapat filter air yang mampu menyaring air dari berbagai kotoran!

Penutup

Maka dari itu, jangan keburu panik duluan ya! Periksa dulu berbagai komponen pada pelampung tandon air milik Anda apabila tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Segera pakai tangki air milik Grand yang sudah bonus Grand Luxe Switch ya! Demikian ulasan kali ini, terima kasih sudah menyimak sampai akhir!