Menguras Bak Mandi, Paling Efektif Cegah DBD

Menguras Bak Mandi, Paling Efektif Cegah DBD

Menguras bak mandi menjadi salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit demam berdarah dengue. Demam berdarah dengue atau yang biasa dikenal dengan DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi perhatian serius oleh pemerintah untuk membasminya.

Tempat Bersarangnya Nyamuk Aedes Aegypti

Tempat Bersarangnya Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes Aegypti merupakan faktor penular utama virus dengue. Nyamuk ini biasa bersarang di tempat-tempat yang menyediakan air sebagai tempatnya berkembang biak.

Genangan Air

Berkembang biak di genangan air yang stagnan, seperti dalam bekas pot bunga, ember atau genangan air hujan di dalam tumpukan barang bekas.

Wadah Penampungan Air

Tempat penyimpanan air seperti drum, tong atau bak mandi yang tidak tertutup dengan rapat dapat menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk jika airnya tidak diganti secara teratur.

Saluran Air Tersumbat

Saluran air tersumbat atau tidak lancar dapat menyebabkan genangan air dan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti.

Tempat-Tempat di Dalam Rumah

Nyamuk Aedes Aegypti juga dapat bersarang di dalam rumah, terutama di dalam vas bunga dengan air, bak mandi yang jarang digunakan dan tempat-tempat di mana air dapat tergenang.

Kolam Renang yang Tidak Terawat

Kolam renang atau bak air yang tidak terawat dengan baik dapat menjadi tempat bersarang nyamuk Aedes Aegypti jika airnya tidak disirkulasi atau diolah dengan bahan kimia yang sesuai.

Artikel terkait :  Tangki Air Grand 3300 L

Tempat-Tempat Outdoor

Barang-barang yang ditempatkan diluar rumah seperti mainan anak-anak, pot bunga atau wadah lain yang dapat menampung air juga dapat menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk ini.

Menguras Bak Mandi untuk Cegah DBD

Menguras Bak Mandi untuk Cegah DBD

Menguras bak mandi secara teratur adalah salah satu langkah pencegahan yang efektif untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti, yang merupakan faktor utama penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Nyamuk ini biasa berkembang biak di genangan air yang stagnan. Oleh karena itu, dengan menguras bak mandi secara teratur Anda dapat mengurangi potensi tempat berkembang biak bagi nyamuk Aedes aegypti.

Menguras Secara Rutin

Pastikan untuk menguras bak mandi secara teratur, minimal satu minggu sekali. Hal ini akan membantu mencegah terbentuknya denangan air yang dapat digunakan oleh nyamuk untuk berkembang biak.

Membersihkan dan Menutup Bak Mandi

Selain menguras bak mandi, penting juga untuk membersihkan bak mandi secara rutin dan menutupnya dengan rapat. Sehingga, akan membantu mencegah nyamuk masuk ke dalam bak mandi dan mengurangi kemungkinan air tergenang di dalamnya.

Memperbaiki Kerusakan Bak Mandi

Periksa bak mandi secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan atau retak yang dapat menyebabkan genangan air. Jika ada kerusakan, segera perbaiki untuk mencegah penumpukan air.

Menggunakan Tambahan Pencegahan

Anda juga bisa menggunakan metode pencegahan lainnya seperti menggunakan kelambu pada tempat tidur, menyemprotkan anti nyamuk dan memakai pakaian yang melindungi dari gigitan nyamuk terutama di waktu yang rawan.

Gunakan Tandon Air untuk Cegah Genangan Air

Gunakan Tandon Air untuk Cegah Genangan Air

Selain menguras bak mandi, menggunakan tandon air juga dapat memberikan beberapa manfaat dalam pencegahan penyebaran penyakit DBD dan mengurangi risiko berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti.

  1. Tandon air yang tertutup rapat dapat memberikan tempat penyimpanan air yang aman. Dengan menggunakan tandon air, Anda dapat memastikan bahwa air yang disimpan di dalamnya tidak tergenang atau terpapar langsung dengan nyamuk Aedes aegypti.
  2. Nyamuk Aedes aegypti cenderung berkembang biak di genangan air yang stagnan. Dengan menggunakan tandon air, Anda dapat mengurangi kemungkinan terbentuknya genangan air di sekitar rumah Anda.
  3. Jika tandon air tertutup dengan rapat, hal ini dapat menjadi penghalang bagi nyamuk untuk bertelur dan berkembang biak di dalamnya. Dengan demikian, tandon air dapat membantu mengurangi populasi nyamuk Aedes aegypti.
  4. Tandon air yang baik dirawat dan dibersihkan secara teratur dapat membantu mencegah penumpukan lumpur atau endapan lainnya yang dapat menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk atau bakteri.
  5. Menggunakan tandon air juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan mencegah berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD.
Artikel terkait :  Jual Atap Plastik di Bali Merk Grand, Kuat Dan Ecofriendly

Rekomendasi Tandon Air

Rekomendasi Tandon Air

Terdapat tandon air dengan dua bahan berbeda yaitu bahan HDPE dan stainless stell 304 BA. Tandon air ini sudah bersertifikasi halal MUI dan FDA sehingga sangat cocok digunakan untuk menyimpan air bersih terutama yang akan dikonsumsi. Penggunaan tandon air secara tidak langsung telah mendukung pencegahan penyakit DBD selain menguras bak mandi.

Terdapat enam jenis tandon air dengan bahan HDPE dan dua jenis untuk bahan stainless stell 304 BA. Beberapa tandon air yang terbuat dari bahan HDPE antara lain tandon air Grand, tandon air Grand Luxe, tandon air tanam Grand, tandon air Auto Drain, tandon air Prime dan tandon air Titan.

Sementara untuk tandon air stainless stell terdapat dua bentuk yaitu vertikal dan horizontal. Setiap tandon air memiliki ukuran dengan kapasitas yang bervariasi.

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan Anda bisa langsung klik link dibawah ini.

Whatsapp

Admin Pusat: 08113518581

Admin Proyek: 082218181581

Whatsapp:

Admin 1: 081398888581

Admin 2: 081398889581

Marketplace

Shopee

Penutup

Mari dukung program pemerintah untuk mencegah dan membasmi nyamuk penyebab demam berdarah dengan cara menguras bak mandi agar tidak ada genangan air yang menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Terima kasih dan sampai jumpa dengan informasi menarik lainnya.