Apa Saja Perbedaan Septic Tank dan Sumur Resapan? Berikut Ulasannya!

Perbedaan septic tank dan sumur resapan

Perbedaan Septic Tank dan Sumur Resapan – Pada setiap bangunan maupun hunian, selalu ada saluran airnya baik itu untuk pembuangan maupun untuk sumber air bersihnya.

Di setiap rumah maupun bangunan juga selalu ada septic tank. Selain itu, juga terkadang ada sumur resapannya juga.

Namun, apakah perbedaan antara keduanya? Kali ini akan dibahas mengenai perbedaannya seperti apa agar Anda semua tidak kebingungan. Jadi, simak terus penjelasannya sampai habis!

 

Yang Dimaksud Dengan Sumur Resapan?

Arti dari sumur resapan sendiri yaitu suatu struktur atau lubang yang ada pada tanah, dirancang sedemikian rupa untuk menyerap air hujan ke dalam tanah.

Tujuan utama dari pembangunan sumur ini yaitu untuk mengendaliak aliran air pada permukaan sehingga mengurangi resiko banjir. Secara tidak langsung berkontribusi pada perputaran siklus dan pelestarian sumber daya air.

 

Fungsi Utama Sumur Resapan

Sumur resapan ini mempunyai beberapa fungsi utama yang agar air bisa masuk ke dalam tanah. Beberapa fungsinya yaitu antara lain:

Infiltrasi Air

Air hujan atau yang ada di permukaan bisa meresap ke dalam tanah. Hal ini terjadi karena sumur resapan biasanya pada salurannya diisi dengan material seperti kerikil atau batu kali.

Proses ini bisa sedikitnya membantu menyaring air dari sumber tanah.

Artikel terkait :  Bakteri Pengurai Minyak, Adakah Dalam Septic Tank?

Mengendalikan Permukaan Air

Adanya sumur resapan ini bisa membantu mengurangi aliran air yang ada di permukaan. Sehingga bisa mengurangi genangan dan erosi pada tanah.

Pengelolaan air juga lebih efisien karena ada jalur tersendiri untuk masuk ke dalam tanah.

Mencegah Banjir

Dengan meminimalisir aliran air pada permukaan, maka membantu untuk mencegah genangan yang lama kelamaan bisa menyebabkan banjir.

Untuk daerah perkotaan yang sering mengalami genangan air, penggunaan sumur resapan bisa mengurangi genangan tersebut.

Pengembalian Air Tanah

Perannya yang penting untuk meningkatkan air tanah atau menyuplai air ke dalam aerasi tanah. Sehingga bisa mendukung pembentukan sumber air tanah yang berkelanjutan, penting untuk kehidupan tanaman serta keberlanjutan ekosistem.

Pemberdayaan Sumber Daya Alam

Dengan mengelola air hujan atau genangan pada permukaan dengan efektif, maka bisa membantu memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam khususnya air dengan baik.

Hal ini agar bisa mengurangi pemborosan dan merawat keseimbangan ekosistem tanah.

Mempertahankan Kelembaban Tanah

Dengan adanya sumur resapan juga bisa membantu untuk menjaga kelembaban pada tanah dengan memungkinkan air meresap secara bertahap dalam tanah.

Ini bermanfaat untuk tanaman dan vegetasi yang ada di sekitarnya terutama jika memasuki musim kemarau.

Perbedaan Antara Septic Tank Dan Sumur Resapan

Antara sumur resapan dan septic tank, keduanya ini merupakan komponen sistem pengelolaan yang berbeda. Baik secara fungsinya maupun sistem kerjanya juga berbeda.

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara septic tank dan sumur resapan, yaitu:

 

Apa Saja Perbedaan Septic Tank dan Sumur Resapan? Berikut Ulasannya!
Apa Saja Perbedaan Septic Tank dan Sumur Resapan? Berikut Ulasannya!

Fungsi

Septic tank mempunyai fungsi untuk mengolah limbah dari bangunan atau hunian, memisahkan dari limbah yang padat dan cairan, menguraikan limbah sebelum diarahkan ke pembuangan yang tepat.

Sumur resapan sendiri berfungsi sebagai saluran air hujan maupun air yang menggenang di atas permukaan untuk meresap dalam tanah, sehingga membantu untuk mencegah genangan air.

Artikel terkait :  Bakteri Pengurai Septic Tank, Inilah Jenis-Jenisnya

Sistem Kerja

Untuk septic tank sendiri limbah yang berasal dari kamar mandi atau wastafel masuk ke dalam septic tank. Disana akan dipecah yang padat dan dikelola sedemikian rupa sebelum di buang ke saluran yang tepat.

Sumur resapan sendiri memungkinkan air meresap secara alami ke dalam tanah. Biasanya terdiri dari lubang atau saluran yang memudahkan air untuk mengalir kedalamnya.

Isi Dan Bahan

Pada septic tank biasanya terdiri dari berbagai teknologi untuk menguraikan limbah padat dan cair sehingga dikelola dengan sedemikian rupa untuk menjaga lingkungan.

Sedangkan pada sumur resapan terdiri dari lubang atau saluran yang punya material berpori seperti kerikil atau batu.

Perawatan

Dari segi perawatannya baik septic tank maupun sumur resapan perlu perawatan rutin agar kinerjanya bisa tetap baik. Untuk septic tank perlu pengurasan secara rutin agar bisa menampung limbah dengan optimal

Dampak Lingkungan

Pada septic tank sendiri dampak lingkungan yang ditimbulkan yaitu mengurangi bau tidak sedap dan mengurangi pencemaran akan limbah.

Sedangkan pada sumur resapan bisa mengurangi resiko banjir dan mencegah genangan air.

 

Rekomendasi Septic Tank Penampungan Limbah

Tenang saja, untuk tempat penampungan limbah sendiri terdapat rekomendasi septic tank yang bagus untuk Anda sekalian. Septic tank dengan merek Grand ini punya kekuatan yang baik terhadap pergeseran maupun pergerakan tanah dengan baik.

Menggunakan sistem penyaringan Multi Stage dan Dual Faced Bioball yang sudah punya paten sehingga kotoran dapat terpecah dan tersaring dengan baik. Mengurangi sisa endapan lumpur sehingga tidak mudah tersumbat.

Apa Saja Perbedaan Septic Tank dan Sumur Resapan? Berikut Ulasannya!
Apa Saja Perbedaan Septic Tank dan Sumur Resapan? Berikut Ulasannya!

Rekomendasi Penampungan Air Terbaik

Untuk penampungan air bersih yang bagus tapi dengan harga yang terjangkau, Anda semua bisa memakai tangki yang mereknya Titan! Terbuat dari bahan asli dan murni HDPE, sehingga dinding pada tangki ini kuat dan kokoh dalam menyimpan air bersih!

Artikel terkait :  Cara Membuat Tambak Ikan Dengan Menggunakan Dermaga Apung, Lebih Hemat

Tangki ini juga bebas dari lumut, jamur, maupun mikroorganisme. Hal ini menjadikan tangki air dengan merek Titan bisa menyimpan air bersih dengan baik tanpa khawatir terkontaminasi!

Selain itu, tangki merek Titan ini juga tahan terhadap cuaca ekstrim dan suhu tinggi!

Apa Saja Perbedaan Septic Tank dan Sumur Resapan? Berikut Ulasannya!
Apa Saja Perbedaan Septic Tank dan Sumur Resapan? Berikut Ulasannya!

Penutup

Oleh karena itu, pilih saja tangki dengan merek Titan sebagai tempat penyimpanan air bersih dan septic tank yang aman seperti yang mereknya Grand ini!

Sekarang Anda semua sudah tahu perbedaan antara septic tank dengan sumur resapan bukan? Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda semua ya! Sampai jumpa lagi!