Jenis – Jenis Plastik Food Grade

Plastik Food Grade – Kita semua tidak bisa terlepas dengan bahan yang satu ini. Ya, plastik selalu ada disekitar kita untuk berbagai keperluan dan kebutuhan. Untuk peralatan makan dan tempat minum, sering sekali menemui bahan-bahan ini terbuat dari plastik. Akan tetapi, tidak semua plastik cocok untuk menyimpan makanan atau minuman lho.

Pada pembahasan berikut ini kami akan menjelaskan mengenai jenis-jenis plastik food grade yang bisa anda gunakan untuk makanan atau minuman anda. Cek selengkapnya artikel berikut ini.

Plastik Food Grade

Bahan plastik grade merupakan jenis plastik yang dirancang agar dapat dipakai kontak langsung dengan makanan maupun minuman. Bahan plastik yang food grade harus memenuhi standar yang layak dan keselamatan tertentu agar dapat secara aman dipakai dalam berbagai makanan atau minuman yang disimpan.

Aman Bagi Makanan Dan Minuman

Bahan plastik food grade harus yang terbuat dari bahan yang aman, tidak berbahaya, dan tidak akan mengalami perubahan bahan kimia yang merugikan ketika bersentuhan langsung dengan makanan maupun minuman. Bahan-bahan dari plastik ini biasanya menggunakan yang sudah disetujui langsung oleh lembaga seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tahan Panas Dan Dingin

Selain itu, bahan plastik yang food grade harus yang memiliki ketahanan pada perubahan suhu tiba-tiba yang terjadi saat makanan atau minuman dituang, disimpan, maupun dikonsumsi. Hal ini dapat diartikan bahan plastik perlu yang kuat, tidak mudah meleleh, atau mengeliarkan zat yang berbahaya jika terkena suhu panas maupun dingin yang ekstrim.

Tidak Meresap Rasa

Bahan plastik yang food grade harus yang tidak meresap dari aroma maupun rasa yang ada pada makanan atau minuman yang langsung bersentuhan dengan plastik. Menjadi hal yang penting agar makanan maupun minuman yang tersimpan pada plastik tetap memiliki aroma dan rasa yang tidak berubah.

Tahan Dan Kuat

Bahan plastik untuk makanan dan minuman yang food grade harus kuat dan tahan terhadap segala benturan maupun tekanan dari luar. Agar kemasan makanan atau minuman tetap terjaga dan menghindari kerusakan yang bisa menyebabkan makanan maupun minuman terkontaminasi.

Mudah Untuk Pembersihan

Bahan plastik yang food grade haruslah mudah untuk membersihkan dan kemasannya terjaga higienitasnya. Hal ini agar dapat mencegah tumbuhnya bakteri maupun mikroorganisme yang bisa mengontaminasi makanan maupun minuman yang tersimpan.

Pengemasan Yang Aman

Seringkali bahan plastik yang food grade tersedia dalam bentuk wadah, kantong, maupun bungkus makanan. Maka dari itu bahan plastik ini haruslah yang aman jika terkena langsung berbagai jenis makanan termasuk yang memiliki tingkat keasaman tinggi dan berminyak.

Sudah Bersertifikasi

Bahan plastik food garde harus yang sudah melewati pengujian untuk mendapatkan sertifikasi dari lembaga maupun jasa yang berwenang. Hal ini agar makanan maupun minuman yang dikonsumsi tetap aman dan layak untuk masuk ke tubuh tanpa khawatir terkontaminasi.

Jenis-Jenis Plastik Food Grade

Untuk anda yang suka membeli makanan maupun minuman secara takeaway (dibawa pulang), agar makanan maupun minuman dapat terbawa dengan ringkas dan ringan, maka perlu plastik yang food grade. Berikut ini macam-macam plastik yang food grade untuk makanan atau minuman anda:

Artikel terkait :  Berapa Lama Menyalakan Pompa Air? Ini Dia Penjelasannya

Polietilena Tereftalat (PETE atau PET)

Bahan plastik ini biasanya dipakai untuk botol minuman, botol air isi ulang, wadah saus, maupun untuk kemasan makanan ringan. Bahan ini cukup tahan terhadap tekanan udara, sehingga kesegaran makanan dan minuman dapat terjaga dengan baik. Bahan ini punya sifat transparan yang baik.

Low Density Polyethylene (LDPE)

Jenis plastik yang satu ini biasanya digunakan untuk kantong plastik, pelapis makanan, serta untuk wadah makanan sekali pakai. Bahan plastik yang satu ini lentur dan tahan kelembaban yang cukup baik. Namun sayangnya, plastik jenis ini kurang tahan terhadap suhu yang tinggi.

High Density Polyethylene (HDPE)

Jenis plastik HDPE ini biasanya digunakan untuk wadah makanan, botol susu, wadah deterjen, maupun tangki air. Jenis ini sering digunakan karena ketahanannya yang sangat baik terhadap suhu tinggi, sehingga sangat cocok untuk wadah makanan. Selain itu bahan plastik ini juga tahan lama untuk jangka panjang.

Polypropylene (PP)

Anda bisa menemukan plastik jenis ini pada wadah makanan, tutup botol, maupun peralatan dapur. Jenis plastik ini memiliki ketahanan yang cukup pada suhu tinggi.

Polycarbonate (PC)

Tidak jarang anda menemukan jenis plastik yang satu ini pada botol minuman olahraga, botol air, maupun wadah makanan. Jenis plastik ini memanglah tahan benturan, akan tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak bisa terpapar panas yang berlebihan.

Polietilena Klorina (CPE)

Biasanya plastik jenis ini digunakan untuk membungkus makanan siap saji maupun makanan yang beku. Jenis plastik yang satu ini memiliki ketahanan yang cukup pada suhu rendah.

Wadah Bahan Plastik Untuk Air Bersih

Untuk menyimpan air bersih dengan kapasitas yang cukup untuk semua penghuni, maka kamu bisa pakai tangki air. Oleh karena itu, pilih tangki air dari merek GRAND yang berbahan plastik berkualitas tinggi. Tangki air yang satu ini terbuat dari bahan HDPE murni tanpa bahan campuran dan sambungan apapun.

Artikel terkait :  Harga Tandon Air Stainless Surabaya Murah dan Terpercaya

 

Bahan Plastik Tangki Air Tahan Cuaca

Bahan plastik pada tangki air GRAND ini menjadikannya memiliki ketahanan yang baik terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Tangki air yang satu ini juga lebih lentur dan lebih kuat sehingga bisa menyesuaikan tekanan udara yang ada pada tangki air. Terdapat berbagai macam ukuran dan kapasitas tangki air yang dapat anda pilih.

 

Penutup

Oleh karena itu, untuk menyimpan air bersih dengan aman dan bisa langsung dikonsumsi, gunakan saja tangki air dari GRAND ini. Sekian penjelasan mengenai jenis-jenis plastik food grade yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman anda. Terima kasih sudah menyimak hingga akhir.