Floating Dock Adalah: Pengertian & Manfaat Dok Apung

Floating Dock Adalah Pengertian & Manfaat Dok Apung

Floating Dock atau biasa disebut sebagai Dok Apung merupakan salah satu inovasi yang diaplikasikan pada berbagai proyek Maritim.

Fungsi utama dari Floating Dock adalah untuk menjadi tempat penambatan kapal dengan memberikan lokasi stabil di atas air.

Tidak hanya itu, masih terdapat berbagai fungsi lain yang dapat dirasakan oleh pengguna.

Lantas, apa itu floating dock dan manfaatnya? Scoll down untuk mengetahui ulasan lengkapnya!

Pengertian Floating Dock

Floating Dock

Floating Dock adalah sebuah alat yang digunakan sebagai tempat untuk memperbaiki kapal yang dirangkai berupa ponton-ponton, atau sebuah ponton yang memanjang dan bisa mengangkat seluruh bagian kapal.

Setelah kapal terangkat air, pengguna bisa memperbaiki atau merawat kapal kembali dengan leluasa. Menariknya, dok apung ini dilengkapi dengan pipa-pipa katup yang memiliki fungsi sebagai saluran penyedotan air dari luar yang dimasukkan ke dalam sel-sel ponton tersebut supaya dok apung dapat tenggelam.

Dengan begitu, kapal dapat masuk dan berfungsi sebagai saluran pembuangan air yang ada di ponton supaya isi ponton kosong dan dok akan terangkat kembali.

Fungsi Floating Dock

Floating Dock memiliki beberapa fungsi seperti berikut ini:

1. Sebagai Tempat Penambatan Kapal

Seperti yang dibahas sebelumnya fungsi utama floating dock adalah untuk menopang berat kapal agar stabil dan bisa memungkinkan proses penambatan kapal lebih mudah dilakukan tanpa hambatan.

Artikel terkait :  Hemat Mana Menggunakan Batu Bata Atau Bata Ringan?

2. Fasilitas Rekreasi

Beberapa floating dock dirancang sebagai tempat rekreasi, misalnya panggung yang terapung yang bisa digunakan untuk konser atau wilayah bersantai di atas air.

Biasanya ini diterapkan di pinggir laut yang memang dijadikan sebagai tempat liburan.

3. Akses Kepulauan

Floating dock sering digunakan sebagai penyedia akses ke pulau seberang dengan mudah. Biasanya untuk pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau dengan dermaga konvensional.

Anda dapat menggunakan dok apung sebagai jembatan untuk mengakses ke daerah tersebut. Tentunya, dengan rancangan yang kuat agar bertahan lama.

Tidak jarang, lokasi pulau terpencil tidak terlalu jauh, sehingga ombak laut tidak terlalu besar.

Keunggulan Floating Dock

Keunggulan Floating Dock

Terdapat keunggulan floating dock dibandingkan jenis dock lainnya seperti:

1. Fleksibel

Floating dock memiliki fleksibilitas tinggi terutama untuk beradaptasi dengan perubahan tinggi rendahnya air, meminimalisir kerusakan karena pasang surut atau gelombang yang tinggi.

2. Pemeliharaan Lebih Mudah

Struktur apung memudahkan proses pemeliharaan dan pembersihan dengan cepat sehingga bisa mengurangi downtime yang dibutuhkan.

3. Ramah Lingkungan

Floating Dock minim sekali mengganggu ekosistem bawah laut, sehingga dapat menjaga ekosistem laut dan menjaga keberlangsungan lingkungan maritim.

Manfaat Floating Dock (Dok Apung)

Terdapat berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan floating dock dalam proyek Anda, berikut di antaranya:

1. Fleksibilitas Penambatan Area

Floating dock lebih fleksibel ketika digunakan untuk menambatkan kapal. Karena kemampuannya untuk beradaptasi dengan gelombang air yang berubah-ubah sangat tinggi, floating dock juga dapat digunakan pada daerah dengan variasi pasang surut air yang sering berubah-ubah secara signifikan.

2. Kemudahan dalam Perbaikan dan Pemeliharaan

Floating dock memudahkan proses pemeliharaan dan perbaikan kapal, ini bisa mengefisiensi waktu. Kapal akan lebih mudah ditarik ke atas floating dock, yang memungkinkan akses langsung ke bagian bawah kapal yang akan dilakukan perbaikan, baik untuk pembersihan, pengecatan, atau hal lain.

Artikel terkait :  Jual Septic Tank di Klaten, Bahan Plastik Kuat dan Kokoh

3. Meminimalisir Dampak Lingkungan

Struktur floating dock lebih cenderung memiliki dampak terhadap lingkungan yang lebih rendah dibandingkan dengan dampak yang diakibatkan oleh dermaga konvensional.

Floating dock, ini memungkinkan untuk memberikan sirkulasi air dan penyerapan cahaya matahari di bawahnya yang berguna untuk menjaga ekosistem laut di sekitar area floating dock dipasang.

4. Memudahkan Akses ke Pulau atau Area Terpencil

Floating dock juga biasa digunakan untuk menyediakan akses-akses yang biasanya sulit dijangkau seperti lokasi atau pulau terpencil.

Sehingga bisa dikembangkan untuk wisata pada daerah tersebut.

5. Sebagai Tempat Fasilitas Rekreasi atau Liburan

Floating dock tidak hanya digunakan untuk menambatkan kapal, tetapi juga bisa digunakan untuk fasilitas rekreasi atau liburan. Anda dapat menggunakan Floating Dock untuk wisata bisnis rekreasi.

Area tersebut bisa dimanfaatkan untuk tempat konser, festival, pameran, pertunjukan atau berbagai jenis acara lainnya yang sering dilakukan di dekat laut.

6. Platform Penelitian Maritim

Biasana Floating Dock digunakan sebagai platform penelitian oleh peneliti untuk ilmu kelautan dan lingkungan.

Floating Dock Grand

Floating Dock GRAND hadir yang bisa digunakan sebagai pelampung dermaga pertama yang ada di Indonesia.

Keunggulan Dermaga Apung / Kubus Apung / Floating Dock GRAND:

  • Floating Dock grand diproduksi dengan teknologi modern yaitu Blow Moulding Technology sehingga hasil produksi tanpa sambungan.
  • Terdiri dari 4 lapis proteksi yang terdiri dari:
    • UV Protection Anti Korosif, dan Anti Oksidan: untuk melindungi Floating Dock HDPE dari kerusakan jangka panjang akibat cuaca ekstrem.
    • Thermal Stabilizer: Lapisan kedua lebih flexible dan kuat yang membentuk struktur dan menjaga suhu Kubus Apung HDPE.
    • Pressure Resistance: berfungsi untuk menahan tekanan dari luar agar Floating Dock HDPE tetap kuat dan keras.
    • Vacum Space: berfungsi sebagai hampa udara dan solid, agar Kubus Apung HDPE tetap kokoh
  • Anti pecah dan tahan benturan.
  • Kemampuan beradaptasi sangat tinggi terhadap gelombang air laut, sungai & danau.
  • Extra Lock: Dilengkapi fitur extra lock disetiap sudutnya. Penguncian yang sangat kuat membuat kubus tetap stabil dan tidak mudah terlepas saat terkena goncangan ombak.
  • Pemasangan lebih mudah sehingga hemat waktu.
Artikel terkait :  Rekomendasi Tandon Air 2000 Liter 2024, Kualitas Terbaik

Pembelian, konsultasi, dan pemesanan bisa menghubungi Official pada icon WhatsApp berikut:

Order Via WhatsApp

Penutup

Itulah pengertian dari apa itu Floating Dock yang memiliki manfaat beragam. Gunakan Floating Dock berkualitas tinggi dengan material yang tahan lama, seperti di Floating Dock GRAND.