Inilah Penyebab Pompa Air Keluar Tersendat Sendat!

Inilah Penyebab Pompa Air Keluar Tersendat Sendat

Penyebab Pompa Air Keluar Tersendat Sendat – Air yang mengalir dengan deras merupakan dambaan bagi banyak orang. Namun, terkadang ada saja permasalahan yang menjengkelkan.

Biasanya yang sering terjadi yaitu pompa mengeluarkan air dengan tersendat-sendat. Tentunya berbagai aktivitas yang memerlukan air seperti mandi, mencuci pakaian, menyiram tanaman, jadi terhambat semua.

Agar alirannya menjadi lancar seperti semula, baiknya jika Anda semua kenali terlebih dahulu berbagai penyebab pompa air keluarnya tersendat-sendat melalui pembahasan kali ini.

Tanda-Tanda Pompa Air Tersendat Sendat

Biasanya ketika pompa sudah mulai mengeluarkan air secara tersendat-sendat, Anda bisa mulai untuk mewaspadainya. Hal ini berarti ada masalah yang terjadi pada pompa milik Anda.

Berikut ini merupakan beberapa tanda-tanda pompa air yang tersendat yaitu:

Aliran Airnya Jadi Tidak Lancar

Pompa air macet

Anda bisa mengamati gejala utamanya yaitu ketika ada perubahan aliran air dari pompa milik Anda. Air yang keluar mungkin saja tersendat dan terputus-putus padahal pompanya sedang menyala.

Ini merupakan pertanda bahwa ada masalah atau hambatan pada pompa.

Suhu Pada Pompa Yang Meninggi

Kalau pompa milik Anda terasa panas saat disentuh, maka bisa jadi ada masalah pada pompa milik Anda. Panas atau overheating bisa saja terjadi karena gesekan yang berlebihan atau adanya keausan pada beberapa bagian penting pompa Anda.

Artikel terkait :  Inilah Cara Instalasi Pipa Air Di Atas Plafon

Ada Bunyi Yang Tidak Biasanya

Kalau Anda sudah mendengar suara yang aneh seperti berdecit, geretak, maupun berdenting ketika pompa sudah mulai beroperasi, maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada pompa.

Jika ada bunyi-bunyi yang tidak biasanya maka bisa diindikasikan adanya kerusakan pada komponen tertentu pompa atau hambatan pada aliran airnya.

Tekanan Air Jadi Rendah

Kalau air yang keluar tekanannya lebih rendah dari biasanya, maka ini jadi pertanda bahwa pompa sedang mengalami masalah. Coba Anda perhatikan apakah air yang keluar tekanannya lemah atau hanya mengalir tetes demi tetes saja.

Penyebab Pompa Air Keluar Tersendat Sendat

Penyebab Pompa Air Keluar Tersendat Sendat

Nah, setelah Anda mengetahui tanda-tanda yang muncul dari pompa air milik Anda, jangan keburu panik dulu! Anda perlu mengetahui penyebab kenapa pompa mengeluarkan air dengan tersendat-sendat.

Beberapa penyebab umumnya yaitu:

Pasokan Air Yang Berkurang

Penyebab utamanya dari pompa yang airnya keluar secara tersendat yaitu dikarenakan berkurangnya pasokan air yang masuk ke pompa.

Hal ini bisa saja terjadi kalau sumber air ketersediannya sedang mengalami penurunan misalnya ketika ada perbaikan atau memasuki musim kemarau panjang.

Pipa Hisap Yang Bocor

Pipa ini menghubungkan pompa dengan sumber air. Jika pipanya mengalami bocor, dikarenakan sambungan yang tidak rapat atau ada keretakan, maka pompa tidak bisa menyedot air dengan efisien.

Inilah yang mengakibatkan aliran air yang keluar dari pompa milik Anda jadi terhambat.

Tusen Klep Rusak Atau Bocor

Alat ini merupakan komponen yang penting pada pompa air milik Anda. Fungsinya sendiri untuk mengatur aliran air yang masuk dan keluar dari pompa.

Kalau Tusen Klep ini mengalami kerusakan maka bisa mengganggu aliran air yang keluar dari pompa tersebut.

Karet Plenes Mengalami Kerusakan

Cekungan karet yang ada pada pompa air memiliki fungsi untuk menghasilkan tekanan yang diperlukan dalam sistem perpompaan. Jika mengalami keausan atau kerusakan, maka tekanan air yang dihasilkan juga berkurang.

Artikel terkait :  Bagaimana Cara Mengatasi Lumut Di Tandon Air? Berikut Penjelasannya

Akibatnya aliran air yang keluar dari pompa jadi tersendat-sendat.

Sok Drat Yang Tidak Rapat

Alat ini merupakan sambungan antara pipa hisap dan pompa air. Kalau dari sok dratnya sendiri tidak terpasang dengan rapat atau longgar, maka bisa terjadi kobocoran udara maupun air pada sambungannya. Sehingga air yang keluar jadi tidak lancar.

Seal Pompa Yang Bermasalah

Seal yang ada pada pompa berfungsi untuk mencegah kebocoran air pada bagian dalam pompa. Kalau pada seal ini sobek, aus, maupun rusak maka bisa menyebabkan alirannya terhambat.

Cara Mengatasi Pompa Air Yang Keluar Tersendat

Kalau Anda sudah mengetahui berbagai penyebabnya, maka berikut ini ada beberapa solusi jika pompa milik Anda mengeluarkan air secara tersendat-sendat.

Solusi untuk mengatasi pemasalahan pompa yang keluarnya terhambat yaitu:

  • Ketersediaan air yang berkurang: Maka Anda perlu mencari sumber lain yang punya cadangan memadai. Baiknya tambahkan juga tangki penyimpanan air agar pasokannya tetap terjaga.
  • Klep yang bocor atau rusak: Periksa terlebih dahulu kondisinya, jika memnag rusak maka ganti dengan yang lebih baru. Pastikan juga pemasangannya tepat sesuai petunjuk ya!
  • Pipa hisap yang bocor: Periksa dulu secara menyeluruh. Kalau ada yang longgar kencangkan, jika ada yang retak maka segera perbaiki. Pastikan semua pipa dalam kondisi yang baik.
  • Karet plenes yang rusak: Solusinya, Anda bisa mengganti dengan yang baru. Pastikan terpasang dengan kencang dan benar. Bersihkan dulu permukaan karet plenes sebelum dipasang.
  • Sok drat kurang rapat: Lepaskan dulu sok drat dan bersihkan dari sisa-sisa segel atau kotoran sebelum memasangnya dengan rapat. Pastikan juga terpasang dengan kuat dan kencang tapi jangan sampai berlebihan ya!
  • Seal pompa yang bermasalah: Maka periksa seal pada pompa air dan bila perlu ganti jika rusak. Pastikan juga Anda memilih seal yang model dan tipenya sesuai dengan pompa milik Anda.
Artikel terkait :  Cara Mengatasi Atap Bocor Yang Efektif

Maka dari itu, pemilik memberikan pelindung pompa air agar tidak terjadi kerusakan yang disebabkan oleh pihak eksternal.

Kalau masih ada permasalahan padahal semua komponen sudah benar, maka Anda perlu minta bantuan pada yang berpengalaman untuk memperbaiki pompa air milik Anda.

Rekomendasi Tangki Menyimpan Air Bersih Efektif

Rekomendasi Tangki Menyimpan Air Bersih Efektif

Agar cadangan air bisa tersedia setiap saat tanpa perlu kebingungan jika pompa sedang bermasalah, maka Anda bisa menggunakan tangki atau tandon untuk menyimpan air.

Tandon yang cocok untuk menyimpan air bersih dengan efektif yaitu tangki dengan merk Grand! Tangki ini anti lumut, anti virus, dan punya ketahanan yang baik terhadap berbagai cuaca ekstrim.

Air yang tersimpan pada tangki ini tetap terjaga kualitasnya tanpa khawatir tercemar berbagai zat yang berbahaya.

Untuk pemesanan tangki air grand bisa menghubungi tim marketing kami pada icon WhatsApp di bawah ini.

buy wa

Pelampung Otomatis Grand Luxe Switch

Pelampung Otomatis Grand Luxe Switch

Tidak ketinggalan juga, ada produk pelampung otomatis yang merknya Grand Luxe Switch. Tidak hanya bisa hemat air dengan baik, tapi juga hemat listrik!

Pelampung Grand Luxe Switch ini akan menutup secara otomatis ketika air sudah penuh. Jadi, Anda tidak perlu khawatir meluber! Grand Luxe Switch ini membuat aliran air jadi lebih deras.

Selain itu, pada pelampung otomatis Grand Luxe Switch ini terdapat filtrasi yang mencegah kotoran masuk ke dalam tandon. Sehingga airnya yang masuk ke dalam tandon jadi lebih bersih.

Akhir Kata

Jadi, untuk penyimpanan cadangan air bersih, solusinya dengan menggunakan tangki dengan merk Grand! Jangan lupa juga untuk menggunakan pelampung otomatis dari Grand Luxe Switch!

Demikian ulasan mengenai penyebab pompa air keluar secara tersendat-sendat. Terima kasih sudah menyimak artikel ini sampai habis, sampai jumpa lagi.