Pentingnya Memakai Pelindung Pompa Air dari Hujan

Pentingnya Memakai Pelindung Pompa Air dari Hujan

Pelindung Pompa Air Dari Hujan – Pelindung pompa air dari hujan merupakan sebuah penutup penahan air yang dirancang khusus untuk melindungi pompa air dari kerusakan akibat hujan atau cuaca buruk. Pelindung ini bisa berupa atap atau struktur bangunan yang dirancang untuk menghindari paparan langsung terhadap cuaca.

Apa Itu Pompa Air?

Pompa air adalah sebuah alat yang digunakan untuk menggerakkan air dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Cara kerjanya adalah mendorong air dari sumbernya yang kemudian dipindahkan secara terus menerus. Biasanya, pompa air ini digerakkan oleh mesin, motor penggerak atau lainnya.

Terdapat berbagai macam pompa air tergantung pada fungsi dan cara kerja dalam penggunaannya.

Fungsi Pelindung Pompa Air dari Hujan

Fungsi Pelindung Pompa Air dari Hujan

Pelindung pompa air dari hujan adalah sebuah penutup penahan air yang dirancang khusus untuk melindungi pompa air dari kerusakan akibat hujan atau cuaca buruk. Pelindung pompa air dari hujan sendiri memiliki beberapa fungsi penting yang berguna untuk menjaga kinerja dan umur pemakaian pompa air.

Perlindungan Dari Kerusakan Cuaca Eksternal

Pelindung pompa air dari hujan ini dirancang khusus untuk melindungi pompa air dari cuaca eksternal seperti hujan. Paparan langsung terhadap cuaca tersebut dapat merusak komponen elektronik dan mekanis dari pompa air, mengakibatkan kerusakan serta penurunan kinerja pompa air.

Artikel terkait :  Mengenal Apa itu Traffic Cone, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Sejarahnya

Pencegahan Korosi Dan Kerusakan Akibat Air Hujan

Air hujan dapat menyebabkan korosi pada bagian logam dari pompa air. Pelindung ini dapat membantu mencegah kontak langsung antara air hujan dengan komponen logam, membantu dalam mencegah korosi dan kerusakan yang disebabkan oleh air.

Memperpanjang Umur Pemakaian Pompa Air

Dengan menggunakan pelindung pompa air dapat membantu memperpanjang umur pemakaian pompa air. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan perbaikan atau penggantian pompa yang mengalami kerusakan akibat cuaca.

Menjaga Kondisi Elektronik Dan Mekanis

Komponen elektronik dari pompa air memiliki kerentanan terhadap kerusakan karena air hujan. Pelindung ini dapat membantu melindungi bagian-bagian tersebut agar tidak terkena air hujan dan memastikan bahwa pompa air tetap berfungsi dengan baik.

Mengurangi Perawatan Dan Biaya Perbaikan

Penggunaan pelindung pada pompa air dapat mengurangi kebutuhan perawatan dan biaya perbaikan yang mungkin timbul akibat cuaca.

Jenis-Jenis Pompa Air

Jenis-Jenis Pompa Air

Dalam memilih jenis pompa air yang tepat akan sangat menentukan kualitas air yang dihasilkan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan air sehari-hari.  Perbedaan jenis mesin yang digunakan pada pompa air akan menghasilkan perbedaan kinerja pompa air.

  • Pompa Sumur Dangkal

Pompa sumur dangkal merupakan jenis pompa air yang umumnya digunakan untuk penggunaan ringan dengan daya hisap maksimal pada kedalaman 9 meter saja.

  • Semi Jet Pump

Jenis pompa semi jet pump merupakan pompa air yang digunakan untuk sumur dengan kedalaman air hingga 11 meter. Hal ini bisa dijadikan alternatif pengganti jenis pompa yang daya sedotnya kurang dari 11 meter.

  • Jet Pump

Merupakan jenis pompa air yang biasanya digunakan untuk sumur yang memiliki kedalaman hingga puluhan meter. Pompa jenis ini memiliki daya sedot yang dibantu dengan dorongan angin melalui pipa airnya.

  • Booster Pump
Artikel terkait :  Apakah Kaporit Dan Air Panas Bisa Menghilangkan Kerak Pipa Ledeng? Berikut Penjelasannya

Berbeda dengan jenis pompa yang lainnya, booster pump adalah jenis pompa air yang biasanya dipakai sebagai pendorong saja. Pompa ini biasanya digunakan untuk mendorong air ke tandon yang cukup tinggi.

  • Pompa Celup

Pompa celap adalah mesin pompa yang dipakai didalam air dan pada umumnya digunakan pada kolam ikan yang berfungsi sebagai sirkulasi air dikolam. Jenis pompa celup juga sangat beragam dengan kapasitas untuk kedalaman rata-rata maksimal 5 meter saja.

  • Pompa Satelit

Merupakan mesin pompa yang beroperasi didalam sumber air dengan menggunakan system pompa untuk mendorong air ke permukaan. Pompa air satelit ini mampu mengalirkan air hingga 130 meter tergantung motor penggeraknya.

  • Pompa Alkon

Merupakan pompa air yang menggunakan motor penggerak bensin atau diesel yang umumnya dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan dan pertanian. Mesin sedot air ini dapat menyedot air dalam jumlah dan kapasitas yang cukup besar.

Apakah Pompa Air Diperlukan Pada Tangki Air?

Apakah Pompa Air Diperlukan Pada Tangki Air

Pada umumnya, tangki air tidak selalu memerlukan pompa air tergantung pada kebutuhan dan desain system penyediaan air. Fungsi utama tangki air adalah sebagai wadah penyimpanan air yanf berfungsi untuk cadangan air ketika pasokan air utama terputus atau terganggu.

  • Tangki Air Tanpa Pompa Air

Apabila tangki air ditempatkan pada ketinggian yang cukup tinggi dari area penggunaannya, gravitasi akan memungkinkan air mengalir secara alami tanpa perlu menggunakan pompa. Namun, hal ini juga bergantung pada besarnya tekanan alami yang diciptakan oleh perbedaan ketinggian.

  • Tangki Air Dengan Pompa Air

Tangki air membutuhkan pompa air biasanya ditempatkan di lokasi yang tidak mungkin menciptakan tekanan alami yang cukup untuk mengalirkan air ke area penggunaan.

Pompa air akan membantu memindahkan air dari tangki ke area yang membutuhkan suplai air. Pompa air dapat digunakan ketika area yang memerlukan air berada pada tingkat yang sama atau lebih tinggi dari tempat tangki air ditempatkan.

Artikel terkait :  Cara Pengolahan Air Limbah Secara Alami

Tangki Air Grand

Tangki Air Merk Grand

Tangki air Grand terbuat dari bahan HDPE berkualitas tinggi dengan kapasitas 300 liter hingga 12.000 liter.

Setiap pembelian tangki air Grand akan mendapatkan bonus pelampung otomatis dan garansi 14 tahun servis serta 1 tahun ganti baru. Proses klaim garansi ini sangat mudah cepat sesuai dengan syarat dan ketentuan  yang berlaku. Bagi Anda yang ingin mempunyai tandon air anti lumut bisa menghubungi tim marketing kami di bawah ini.

Whatsapp:

Admin Pusat: 08113518581

Admin Proyek: 082218181581

Whatsapp:

Admin 1: 081398888581

Admin 2: 081398889581

Marketplace:

Shopee

Tokopedia

Order Via WA

Penutup

Memakai pelindung pompa air dari hujan sangat penting untuk melindungi pompa air dari kerusakan akibat hujan atau cuaca buruk. Anda bisa menggunakan tangki air Grand yang bisa digunakan tanpa pompa air. Baiklah, terima kasih dan sampai jumpa lagi.