Ciri Septic Tank Penuh Apa Saja? Anda Perlu Tahu!

Ciri Septic Tank Penuh Apa Saja? Anda Perlu Tahu!

Ciri Septic Tank Penuh – Akan menjadi suatu hal yang sangat merepotkan dan membuat kesal ketika sistem pembuangan pada rumah anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Kalau begini, tentu aktivitas rutin pembuangan anda maupun anggota penghuni bisa terganggu. Tentunya tidak ingin bukan masalah seperti ini terjadi pada tempat tinggal anda?

Maka dari itu anda perlu tahu dan mengenali ciri septic tank penuh apa saja. Agar sistem pembuangan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah yang mengganggu.

Ciri Ciri Septic Tank Penuh

Banyak orang yang masih belum mengetahui ciri-ciri dari septic tank yang penuh. Padahal, jika dibiarkan maka dapat timbul berbagai permasalahan yang bisa merugikan anda. Berikut ini beberapa ciri-cirinya agar anda bisa mengantisipasi dan melakukan tindakan untuk mengatasi septic tank yang penuh yaitu:

Muncul Bau Yang Tidak Sedap Dan Menyengat

Ciri pertama jika septic tank pada tempat tinggal anda penuh yaitu muncul bau yang tidak sedap dari pipa saluran ventilasi udara. Pipa tersebut berguna sebagai ruang oksigen bagi bakteri pengurai serta sebagai jalan untuk mengeluarkan sisa pengolahan limbah. Jika sudah tercium bau maupun aroma yang tidak sedap, maka hal tersebut menjadi pertanda septic tank sudah penuh.

Saluran Air Yang Melambat

Ciri lainnya yang biasanya menjadi pertanda bahwa septic tank milik anda penuh yaitu saluran air yang melambat. Anda bisa menggunakan garam dan soda api atau menyiram dengan air yang banyak untuk mengetes air pada closet yang susah turun. Jika ternyata masih melambat maka anda bisa mengambil tindakan berupa memanggil jasa kuras septic tank.

Timbulnya Suara Deguk

Pada septic tank yang sudah kepenuhan biasanya akan mengeluarkan bunyi atau suara. Jika saluran air pada closet anda berbunyi seperti sedang meneguk air, berarti sedang ada penyumbatan didalamnya. Saluran air pada closet yang tersumbat bisa dikarenakan kapasitas septic tank yang sudah penuh. Tidak jarang menyebabkan masalah pada closet juga.

Air Yang Menyusut

Anda bisa melihat kondisi air yang ada pada mangkuk closet. Coba tes dengan menyiramnya menggunakan air dan perhatikan closet tersebut. Jika air yang ada pada closet menyusutnya lambat daripada biasanya, maka dapat dipastikan bahwa septic tank milik anda penuh. Karena jika septic tank belum penuh, ketika disiram air maka airnya dapat langsung surut dengan cepat.

 

Ciri Septic Tank Penuh Apa Saja? Anda Perlu Tahu!

Masalah Yang Terjadi Jika Septic Tank Penuh

Maka dari itu, anda perlu merawat dan memeriksa septic tank anda secara rutin dan baik, hal ini agar permasalahan-permasalahan pada septic tank yang penuh seperti berikut ini dapat anda atasi dengan baik:

Septic Tank Bisa Meledak

Ketika septic tank sudah penuh, cairan dan limbah yang seharusnya diproses dan terurai dalam septic tank bisa tertahan. Apalagi limbah pada septic tank biasanya terdiri dari zat-zat yang berbahaya. Jika tertampung terus menerus tanpa dikeluarkan, bisa banjir meluap ke tanah dan yang paling berbahaya bisa menyebabkan peledakan.

Pencemaran Lingkungan

Cairan limbah yang bocor dari septic tank penuh mengandung berbagai bakteri, virus, maupun zat-zat kimia yang bisa mencemari tanah dan air yang ada disekitarnya. Sehingga membahayakan lingkungan yang ada maupun membahayakan lingkungan yang ada di sekitar septic tank tersebut.

Biaya Perawatan Dan Penggantian

Jika septic tank sudah penuh dan dibiarkan begitu saja dan tidak dijaga dengan baik maka biaya perawatan maupun penggantian dari septic tank ini bisa melonjak. Sehingga anda harus mengeluarkan anggaran dan biaya yang tidak sedikit semisal septic tank bocor atau meledak.

Penyebaran Penyakit

Limbah yang bocor akibat dari septic tank yang penuh mengandung berbagai bakteri, virus, maupun mikroorganisme yang menyebabkan penyakit. Tentunya dapat membahayakan dan mengancam kesehatan manusia maupun hewan di sekitar lingkungan yang terpapar oleh limbah tersebut.

Pengendapan Limbah Pada Septic Tank

Jika septic tank milik anda sudah penuh dan dibiarkan maka bisa terbentuk padatan yang mengendap pada dasar septic tank. Hal ini bisa berimbas pada terganggunya proses penguraian limbah dan mengurangi kapasitas pada septic tank. Akibatnya, septic tank perlu sering untuk dikuras.

Septic Tank Instan Dengan Berbagai Keunggulan

Salah satu septic tank yang memiliki berbagai macam keunggulan untuk dipakai pada tempat tinggal maupun bangunan anda yaitu septic tank dari GRAND. Septic tank yang satu ini memiliki ketahanan yang baik terhadap pergeseran dan pergerakan yang ada pada bagian bawah tanah. Sehingga septic tank dari GRAND ini tidak mudah bocor dan tidak mudah retak.
Ciri Septic Tank Penuh Apa Saja? Anda Perlu Tahu!

Teknologi Pada Septic Tank

Pada septic tank GRAND ini tersedia berbagai ukuran dan kapasitas yang dapat anda pakai untuk tempat tinggal. Septic tank GRAND ini terdapat bola crusher dual faced bioball dan sistem penyaringan multi stage, sehingga kotoran tidak mudah menempel dan melakukan proses penyaringan secara berulang kali. Sehingga hanya menyisakan endapan lumpur yang sedikit.

Penutup

Oleh karena itu, pakai saja septic tank dari GRAND ini sebagai sistem pengolahan limbah pada tempat tinggal maupun bangunan anda. Jadi, cukup sekian dulu penjelasan artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda pembaca semuanya. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan