Cara Menentukan Ukuran Tandon Air Untuk Hotel

Cara Menentukan Ukuran Tandon Air Untuk Hotel – Air bersih untuk kebutuhan hotel pada saat ini merupakan kebutuhan yang sangatlah penting. Jika air yang digunakan untuk hotel kotor, maka para pengunjung dapat dengan mudah memberi ulasan buruk mengenai hotel tersebut. Penggunaan tandon air untuk hotel dapat memastikan pasokan air bersih untuk hotel tersedia. Tandon air yaitu berupa tempat untuk menyimpan sumber cadangan air apabila terjadi gangguan pada pasokan air.

Oleh karena itu, supaya lebih mudah maka simak terus artikel berikut ini agar mengetahui cara menentukan ukuran tandon air untuk hotel secara tepat.

Kenapa Perlu Tandon Air?

Pada saat memasuki musim kemarau seringkali cadangan pasokan air menjadi menipis. Untuk kebutuhan hotel yang perlu kapasitas air lebih banyak daripada konsumsi pada umumnya, maka perlu tandon air untuk menampung cadangan air. Apalagi pada saat ini cuaca susah sekali untuk diprediksi. Terkadang bisa saja dalam satu tahun terjadi siklus kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan.

Tandon air menjadi solusi untuk mengatasi keadaan kekeringan disaat musim kemarau tiba. Tandon air dapat menyimpan cadangan air sesuai kebutuhan dengan sangat baik. Hotel-hotel yang berada di wilayah tertentu seringkali susah untuk mendapatkan air bersih. Memiliki tandon air juga dapat menghemat air lebih baik sehingga stok air dalam tandon dapat terjaga pemakaiannya dalam jangka panjang.

Artikel terkait :  10 Jenis Semen Yang Tahan Panas Dan Tahan Api Saat Kebakaran

Langkah-langkah Dalam Menentukan Ukuran Tandon Air Untuk Hotel

Bukanlah hal yang mudah untuk menentukan ukuran tandon air bagi kebutuhan hotel. Perlu pertimbangan banyak faktor mulai dari menentukan jumlah kamar yang tersedia, menghitung rata-rata tamu yang datang per hari, rata-rata konsumsi air setiap tamu, serta jumlah hari cadangan air sesuai untuk hotel.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk menentukan ukuran tandon air yang tepat untuk hotel.

  1. Hitung Jumlah Kamar Hotel

Langkah pertama adalah dengan menghitung terlebih dahulu jumlah kamar hotel yang tersedia. Dengan mengetahui jumlah kamar hotel, maka dapat diperkirakan jumlah tamu yang menginap setiap harinya.

  1. Hitung Rata-Rata Tamu per Hari

Langkah berikutnya yaitu menghitung rata-rata tamu yang menginap setiap hari. Caranya mudah saja, dengan menghitung jumlah total tamu yang menginap dalam sebulan dan kemudian membaginya dengan jumlah hari yang ada dalam sebulan. Dengan mengetahui rata-rata tamu dalam hotel maka dapat menentukan kebutuhan tandon air yang tepat.

  1. Hitung Rata-Rata Konsumsi Air per Tamu

Selanjutnya yaitu menghitung rata-rata konsumsi air per tamu. Rata-rata konsumsi air per tamu dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti durasi menginap, fasilitas yang tersedia di hotel, dan daerah tempat hotel berada.

Sebagai contoh, jika hotel memiliki rata-rata 100 tamu per hari dan rata-rata konsumsi air per tamu sebesar 200 liter per hari, maka total kebutuhan air hotel setiap hari akan sebesar 20.000 liter (100 tamu x 200 liter per tamu).

  1. Hitung Total Kebutuhan Air per Hari

Dengan mengetahui rata-rata tamu per hari dan rata-rata konsumsi air per tamu, dapat dihitung total kebutuhan air per hari. Ini akan memberikan estimasi kebutuhan air harian hotel.

Artikel terkait :  Tips Memilih Mesin Pompa Air dan Cara Pasangnya

Sebagai contoh, jika hotel memiliki rata-rata 100 tamu per hari dan rata-rata konsumsi air per tamu sebesar 200 liter per hari, maka total kebutuhan air hotel setiap hari akan sebesar 20.000 liter (100 tamu x 200 liter per tamu).

  1. Tentukan Jumlah Hari Cadangan Air yang Diinginkan

Langkah berikutnya adalah menentukan jumlah hari cadangan air yang diinginkan. Ini penting untuk memastikan bahwa pasokan air tersedia di hotel selama beberapa hari jika terjadi gangguan pasokan air.

Sebagai contoh, jika hotel ingin memiliki cadangan air selama 3 hari, maka total kebutuhan air untuk 3 hari adalah 60.000 liter (20.000 liter x 3 hari).

Cara Menentukan Ukuran Tandon Air Untuk Hotel – Pentingnya Memilih Tandon Air Berkualitas

Dalam memilih tandon air yang berkualitas tidak bisa sembarangan. karena banyak sekali di luaran sana tandon air yang mudah pecah dan tidak tahan suhu tinggi. Akibatnya tandon air menjadi cepat rusak dan tidak awet. Nah, kalau begini tentunya menghabiskan banyak biaya. Anggaran untuk operasional hotel yang lain harus tersita dengan anggaran untuk membeli tandon. Untuk lebih menghemat anggaran, maka penting sekali memilih tandon air yang berkualitas agar bisa dipakai jangka panjang.

Tandon air yang berkualitas haruslah yang memiliki garansi jangka panjang. Karena tandon air harus kuat pada saat cuaca ekstrem, apalagi berada di negara Indonesia yang beriklim tropis. Tidak jarang juga menemui hotel-hotel yang berada di wilayah terpencil sehingga untuk mendapatkan akses air bersih perlu ke daerah dataran tinggi atau daerah yang lebih banyak pasokan cadangan airnya. Perlu pintar-pintar memilih tandon air yang berkualitas agar cadangan air di hotel dapat tersedia terus bagi para tamu hotel.

Artikel terkait :  Hubungan Ukuran Paku Dan Kekuatan Menahan Beban, Berikut Ulasannya

Rekomendasi Tandon Air Untuk Hotel

Tandon air milik Tedmond merupakan rekomendasi yang tepat untuk hotel. Karena tandon air Tedmond tersedia berbagai macam pilihan yang sesuai dengan kebutuhan hotel, rumah, tempat umum, maupun tempat lainnya. Tandon air GRAND dari Tedmond tersedia dalam berbagai ukuran sehingga cocok untuk segala jenis hotel yang memiliki kapasitas tamu besar ataupun kecil. Tandon air GRAND Tedmond sangat mudah untuk dibersihkan, sehingga tidak perlu capek untuk menguras berkali-kali. Hal ini dapat menghemat waktu anda sehari-hari untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Jadi, tunggu apalagi. Segera dapatkan Tandon Air dari Tedmond sekarang!

Sekian ulasan mengenai Cara Menentukan Ukuran Tandon Air Untuk Hotel. Semoga dapat membantu anda dalam memilih tandon air yang tepat.