Rekomendasi Bahan Pembersih Kerak pada Pipa Plastik

Rekomendasi Bahan Pembersih Kerak pada Pipa Plastik – Pipa plastik banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya karena bahan plastik cenderung lebih tahan lama dan lebih praktis. Selain itu karena bobotnya yang ringan, bahannya yang lentur, serta dengan harga yang lebih murah daripada bahan lainnya, menjadikan pipa plastik menjadi banyak diminati. Namun, meskipun pipa plastik memiliki berbagai keunggulan bukan berarti pipa plastik terbebas dari kerak dan kotoran. Dalam artikel ini akan membahas mengenai rekomendasi bahan pembersih kerak pada pipa plastik yang dapat memberi kemudahan untuk membersihkan pipa plastik.

Ketika saluran pipa plastik banyak kotoran didalamnya, maka bahan cairan akan mengalami penyumbatan. Sehingga air atau bahan cairan lainnya yang seharusnya mengalir dengan baik menjadi terhambat. Tidak jarang juga, bahan cairan tertentu membawa kotoran seperti minyak, lumpur, maupun debu yang mudah mengendap sehingga cairan sulit terbawa arus. Kalau sudah terhambat, maka air atau bahan cairan tidak dapat mengalir dengan baik sehingga menimbulkan genangan yang mengganggu.

Rekomendasi Bahan Pembersih Kerak pada Pipa Plastik – Bahan Pembersih Kerak Pada Pipa Plastik

Bahan pembersih kerak pada pipa plastik ternyata sangatlah mudah untuk ditemui. Bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang dapat ditemukan pada pasar maupun di mana pun. Untuk membersihkan kerak pada pipa plastik tetap harus berhati-hati karena jika langsung terkena kulit dapat menimbulkan iritasi.

Artikel terkait :  Inilah Harga Pompa Air Sanyo 125 Watt Terbaru

Berikut ini beberapa rekomendasi bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan kerak pada pipa plastik :

1. Cuka

Cuka memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga dapat dengan mudah merontokkan segala jenis kotoran yang ada pada pipa air. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan cuka dengan air, kemudian diamkan sebentar saja. Kotoran seperti endapan minyak atau lumpur akan cepat luruh karena sifat asam dari cuka tersebut.

2. Baking Soda

Dilansir dari berita “Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi Hingga Mengkilap” pada laman LotteMart tanggal 23 Juni 2022, Baking Soda memiliki kandungan Natrium Bikarbonat yang dapat membersihkan kotoran ataupun noda yang susah dibersihkan. Baking Soda juga memiliki kandungan anti bakteri yang mampu membunuh bakteri-bakteri yang ada pada pipa plastik.

3. Citric Acid

Citric Acid dikenal sangat efektif dalam membersihkan kotoran yang membandel. Dibandingkan dengan bahan lain seperti Cuka atau Baking Soda, Citric Acid memiliki kandungan yang lebih kuat. Bahan ini juga terkenal ramah lingkungan sehingga ketika larut dalam air dan terbawa arus menuju ke perairan, tidak memberikan dampak negatif bagi lingkungan.

4. Campuran Garam dan Air Panas

Air panas dapat meluruhkan kotoran maupun endapan yang berminyak. Kandungan Garam yang bersifat abrasi dan cenderung kesat mampu merontokkan segala jenis kotoran. Bahan-bahan ini merupakan bahan yang mudah ditemui di dapur. Cara menggunakannya juga mudah yaitu hanya dengan mencampurkan air panas dan garam.

5. Asam Sulfat

Asam sulfat merupakan bahan kimia yang efektif untuk membersihkan kerak pada pipa plastik. Namun, penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat membahayakan kesehatan dan merusak pipa jika tidak dilakukan dengan benar.

6. Soda Api

Soda api dapat digunakan untuk membersihkan kerak pada pipa plastik. Penggunaan soda api harus dilakukan dengan hati-hati karena sifat dari soda api yang korosif, sehingga dapat dengan mudah merusak pipa plastik.

Artikel terkait :  Kenapa BAB Cair Seperti Air? Perlu Kenal Ciri-Cirinya!

7. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida dapat digunakan untuk membersihkan kerak pada pipa plastik. Namun, perlu diingat bahwa penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat merusak pipa jika terlalu kuat. Jika terkena kulit maka dapat menimbulkan terjadinya luka bakar. Jika menghirup zat ini terlalu banyak juga dapat menyebabkan permasalahan pernapasan yang serius.

Apa Saja Yang Perlu Disiapkan Dalam Membersihkan Pipa Plastik?

Untuk membersihkan pipa plastik juga tidak sembarangan. Karena jika sampai terhirup di hidung atau terkena kulit, maka dapat menyebabkan gangguan pada pernafasan dan iritasi. Maka dari itu perlu peralatan yang memadai agar dapat menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan. Peralatan perlindungan yang diperlukan dalam membersihkan pipa plastik yaitu :

Masker

Masker dapat melindungi hidung dan mulut dari resiko terhirup dan tertelan zat-zat kimia berbahaya. Meskipun menggunakan bahan-bahan alami dalam membersihkan pipa plastik, namun zat-zat kimia yang terkandung dalam bahan alami bisa terserap dan masuk ke organ pernafasan secara langsung sehingga menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan. Hal ini tentunya bukan hal yang diinginkan ketika kita akan membersihkan pipa plastik.

Sarung Tangan

Sarung tangan diperlukan untuk membersihkan pipa plastik mengingat zat-zat kimia yang menyentuh kulit tangan dapat menyebabkan iritasi. Sebagai rekomendasi gunakanlah sarung tangan yang lebih panjang dan terbuat dari bahan karet Latex. Hal ini agar kulit tangan dapat terlindung dengan baik serta dapat digunakan jangka panjang. Sarung tangan dari bahan karet Latex terbukti awet karena tahan terhadap zat-zat kimia yang bersifat korosif.

Kacamata Pelindung

Penggunaan kacamata pelindung diperlukan agar ketika akan membersihkan kerak pada pipa plastik, tidak ada bahan yang terciprat ke sekitar area mata. Perlu diketahui bahwa area mata merupakan area yang sensitif jika terkena zat-zat kimia tertentu dapat menyebabkan mata kemerahan, berair, hingga kebutaan. Sebagai rekomendasi, gunakanlah kacamata yang memiliki standar dan kualitas terbaik agar dapat melindungi mata secara aman.

Artikel terkait :  Puncak Promo Tangki Terkuat di Indonesia! Big Sale 12.12!

Pemasangan Pipa Plastik Yang Tepat

Pipa plastik dapat digunakan pada segala jenis instalasi sistem perairan atau irigasi. Pipa plastik juga dapat digunakan untuk sistem pipa air, gas, dan sanitasi karena harganya yang lebih terjangkau dan mudah dalam pemasangannya. Namun, seperti halnya dengan pipa lainnya, pemasangan pipa plastik harus dilakukan dengan benar untuk memastikan sistem pipa berfungsi dengan baik dan aman.

Pemasangan pipa plastik juga tidak sembarangan karena jika terjadi kesalahan dalam pemasangan maka dapat menyebabkan kerusakan. Apalagi jika terjadi penyumbatan di beberapa pipa plastik yang terpasang, maka akan lebih sulit untuk membersihkannya kalau pemasangannya kurang tepat. Sehingga tidak jarang jika genangan terjadi akibat dari kesalahan pemasangan pipa plastik. Maka dari itu, berikut ini adalah cara yang lebih efektif agar pengaliran air dari pipa plastik menjadi lebih mudah.

Cara Lebih Efektif Agar Pengaliran Air Dari Pipa Plastik Lebih Mudah

Untuk meminimalisir penggunaan pipa plastik yaitu dengan menggunakan penampungan air. Penampungan air memiliki beragam jenis sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Tangki Air atau Tandon Air. Tangki Air dapat menampung air dari yang disalurkan oleh pipa plastik lebih banyak. Tentunya dapat menghemat penggunaan air dan tidak perlu repot untuk sering membersihkan pipa plastik. Mengingat bahwa membersihkan pipa plastik perlu zat-zat kimia tertentu dan perlindungan lebih pada anggota badan. Maka dari itu, Tangki Air GRAND menjadi salah satu pilihan bagi pengaliran pipa plastik. Tangki Air GRAND merupakan tangki yang tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Sehingga dapat dipakai dalam jangka panjang dan tidak perlu repot untuk menguras.

Sekian ulasan artikel kami mengenai rekomendasi bahan pembersih kerak pada pipa plastik. Pastikan perlindungan yang aman sebelum membersihkan kerak membandel pada pipa plastik.