Bagaimana Ciri – Ciri Septic Tank  Yang Penuh, Awas Bahaya !

Bagaimana Ciri – Ciri Septic Tank  Yang Penuh, Awas Bahaya ! – Secara umum septic tank merupakan tempat pembuangan kotoran manusia dengan tujuan untuk menjaga lingkungan. Seperti yang kita tau,  limbah yang masuk melalui kloset akan dipindahkan menuju ke dalam septic tank melalui pipa. Penggunaan setiap hari mengakibatkan jumlah limbah semakin lama akan semakin bertambah. Apalagi jika sistem pengolahan limbah di dalam septic tank tidak berjalan dengan baik, maka kapasitasnya pasti bakal cepat penuh. 

Penyebab Septic Tank Penuh

Kloset rumahmu mampet? kloset mampet adalah salah satu permasalahan umum dan sering terjadi, ada banyak faktor yang menyebabkan kloset mampet. Salah satu penyebab utama kloset mampet bisa terjadi karena septic tank yang sudah penuh. Hal ini tentunya menjadi masalah yang sangat penting untuk diatasi, karena kloset tidak akan bisa digunakan. Sedangkan kamu dan keluarga membuang kotoran setiap hari. Tapi kamu tak perlu risau dengan hal ini ya guys ! Untuk mencegah kloset mampet akibat septic tank sudah penuh, yuk pahami penyebab dan ciri-cirinya septic tank cepat penuh.

Apa sih penyebab septic tank cepat penuh ? 

Tangki septic tank tidak ramah bakteri 

Penyebab septic tank cepat penuh bisa disebabkan karena bahan kimia yang masuk kedalam septic tank. Untuk mengurai limbah manusia, septic tank membutuhkan bakteri pengurai. Ketika kamu membuang zat kimia seperti cairan pembersih kloset, deterjen ke kloset dan masuk ke dalam septic tank, hal ini akan mengganggu ekosistem bakteri pengurai yang ada didalamnya. Akibatnya Limbah septic tank akan menumpuk karena lambat terurai dan septic tank otomatis akan cepat penuh. 

Artikel terkait :  Apa Saja Fungsi Penyaring Keran Air? Boleh Dicoba Untuk Keran!

Air yang masuk ke dalam septic tank terlalu banyak 

Kamu mengira kalau limbah saja yang jadi penyebab septic tank cepat penuh ! terlalu banyak air yang masuk ke dalam septic tank juga menjadi penyebab utama septic tank cepat penuh. Mungkin kamu juga memiliki pipa ledeng yang mengalirkan air selain limbah ke septic tank, hal ini juga menjadi penyebab septic tank cepat penuh. 

Lubang ventilasi tidak terpelihara 

Keberadaan lubang ventilasi pada septic tank masih sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Fungsi lubang ventilasi pada septic tank adalah sebagai sirkulasi udara. Seperti yang kita tahu limbah manusia mengandung gas, gas yang masuk ke dalam septictank akan mengakibatkan tekanan yang sangat tinggi. Apabila septic tank tidak dilengkapi dengan lubang ventilasi besar kemungkinan di kemudian hari akan meledak karena tidak ada sirkulasi udara yang masuk. 

 

Tidak hanya itu lubang ventilasi juga memiliki fungsi sebagai masuknya bakteri pengurai masuk melalui udara yang mampu mempercepat penguraian limbah. Jika lubang ventilasi tidak terpelihara maka kemungkinan besar septic tank akan cepat penuh.

Membuang Tisu di Kloset

Penyebab septic tank mudah penuh yang selanjutnya adalah membuang sampah pada kloset. Perlu kamu ketahui bahwa tidak hanya tisu saja yang mengakibatkan kloset mampet dan septic tank cepat penuh loh ! sampah ini bisa berupa rambut, karet, plastik bekas shampo atau sabun dan pembalut. Hal ini juga dapat mengakibat limbah tidak tersiram dan masuk secara optimal kedalam septic tank karena kloset mampet. 

Kapasitas ukuran kurang tepat 

Hal yang penting untuk dilakukan sebelum membuat septic tank adalah menghitung jumlah penghuni yang ada di rumah dan jumlah penggunaan air setiap harinya. Bisa diasumsikan jika penghuni rumah lebih banyak daripada kapasitas rumah maka dapat disesuaikan untuk ukuran septic tank menyesuaikan jumlah orang yang tinggal di rumah. Tidak adanya pertimbangan ini dapat menyebabkan septic tank sering meluap karena memang kapasitas  tidak sebanding dengan jumlah pengguna.

Artikel terkait :  Ini Dia Floating Dock Terbaik Di Indonesia Nomor 1

Ciri-ciri Septic Tank yang Penuh 

Begini ciri-ciri septic tank yang sudah penuh !

Muncul bau tidak sedap 

Tanda pertama yang sangat mudah untuk mengetahui septic tank penuh adalah dari aroma tidak sedap yang muncul di lubang ventilasi. Septic tank yang baik tentunya dilengkapi dengan pipa ventilasi sebagai sirkulasi membatu untuk masuknya bakteri pengurai dalam septic tank dan membantu keluarnya gas sisa pengolahan limbah. Normalnya pipa ventilasi septic tank mengeluarkan aroma kurang sedap namun jika aroma sudah sangat menyengat maka hal ini dikarenakan septic tank mu sudah mulai penuh. 

Saluran air melambat 

Ciri-ciri yang selanjutnya adalah saluran air melambat. Ketika kita menyiram air pada kloset dan air tidak ada pergerakan turun dengan lambat hal ini bisa karena terjadi sumbatan. Gunakan cara ini untuk mengetahui apakah ada sumbatan pada saluran air kamu dapat memakai garam maupun soda api. Setelah memberikan bahan tersebut pada mangkuk kloset ternyata air toilet susah turun maka tanda septic tank penuh. 

Limbah muncul di permukaan kloset 

Jika kamu menjumpai limbah muncul di kloset dalam beberapa waktu namun belum ada yang menggunakan kloset tersebut bisa jadi ini indikasi bahwa septic tank penuh. Akibatnya limbah tidak bisa mengalir sempurna ke dalam septic tank dan akan muncul kembali kepermukaan kloset meskipun sudah disiram dengan air. 

Air yang menyusut pada mangkuk toilet 

Keberadaan air pada mangkuk kloset dapat menjadi tanda bahwa septic tank dalam keadaan normal. Untuk mengetahui septic tank mu penuh atau tidak kamu bisa menyiram kloset menggunakan air. Perhatikan pada mangkuk yang ada di bagian dalam kloset tersebut, jika terjadi perubahan air yang ada pada mangkuk kloset atau air menyusut secara perlahan, maka bisa dipastikan bahwa septic tank sudah terisi penuh oleh kotoran.

Artikel terkait :  Bakteri Pengurai Septic Tank, Inilah Jenis-Jenisnya

Rekomendasi Solusi Septic Tank Penuh

Septic tank cepat penuh bikin pusing tentunya, kamu harus menambah pengeluaran untuk membayar jasa sedot wc. Tapi tenang GRAND punya solusinya, Septic Tank Grand bisa jadi rekomendasi tempat pembuangan limbah yang dapat mencegah septic tank cepat penuh. Didesain dengan fitur canggih dengan Filtrasi  Multistage yang menghasilkan endapan lumpur yang jauh lebih sedikit. Dilengkapi dengan teknologi Faced Bioball sehingga kotoran anti nempel dan minim buntu. Semoga artikel ini dapat membantu Terimakasih.